Cek Rekening Penipu - Cara Cek Rekening Penipu Online

Artikel ini membahas tentang cara cek rekening penipu online dengan mudah, baik itu untuk rekening bank, ataupun dompet digital yang memanfaatkan teknologi.

Aksi kejahatan yang berupa penipuan telah marak terjadi dimana-mana, tak terkecuali juga penipuan di dunia internet yang biasa disebut penipuan online. Pelaku penipuan online biasanya menggunakan cara modus meminta kepada korban untuk melakukan transfer sejumlah uang ke rekening penipu.

Setelah korban telah selesai mentransfer sejumlah uang ke rekening penipu, kemudian si penipu pun langsung menghilang tanpa kabar dan tidak mengirimkan barang sesuai lalu memblokir kontak si korban.

Jika hal tersebut terjadi kepada kamu, tak perlu terlalu panic karena ada cara untuk mengecek rekening si penipu dengan cara online seperti berikut ini.

Cek Rekening Penipu - Cara Cek Rekening Penipu Online

1. Cek Di Lapor.Go.id

Cara cek rekening penipu yang pertama. Website yang satu ini merupakan singkatan dari “Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat”. Website ini disediakan oleh Kepolisian Republik Indonesia yang berguna untuk membantu melacak rekening dari penipu.

Situs ini tak hanya untuk melaporkan dan mengecek kasus penipuan, namun juga bisa melaporkan berbagai kasus kriminal lainnya. Cara untuk melakukan pengecekan dalam situs ini sebagai berikut:

● Masuk situ lapor.go.id
● Ada 3 pilihan akan muncul
● Untuk melakukan pengecekan nomor rekening penipu, pilih opsi permintaan informasi cek rekening penipu
● Isi data sesuai dengan petunjuk yang tersedia

2. Cek Di Kredibel.Co.id

Cara cek rekening penipu yang kedua. Pada situs website ini dapat menampilkan rekam jejak nomor rekening hingga nama pemilik rekening. Jika ada nomor rekening yang pernah dilaporkan sebagai seseorang yang menjadi tersangka penipu, maka nomor rekening tersebut akan memunculkan keterangan bahwasanya nomor rekening itu adalah rekening penipu.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Maka dengan hal ini akan lebih mudah lagi untuk memberikan bukti-bukti untuk melaporkan ke kantor polisi. Prosedur untuk menggunakannya bisa dengan cara berikut:

● Masuk ke situs kredibel.co.id
● Masukkan nomor rekening yang akan dilaporkan
● Data nomor yang telah diinput akan segera dilacak
● Situs kredibel kemudian memberikan informasi tentang nomor tersebut

3. Cek Di Cekrekening.id

Cara cek rekening penipu yang ke-3. Pengecekan terhadap rekening penipu dapat dilakukan pada situs ini. Website cekrekening.id ini adalah sebuah situs internet yang dibuat oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika yang selalu diperbaharui.

Layanan dari cekrekening.id ini termasuk baru bagi pemerintah karena belum ada laporan penipuan dibawah naungan Pemerintah Indonesia.

Cekrekening.id juga memberikan fasilitas untuk para terduga yang merasa dirugikan atau difitnah untuk dapat menyanggah laporan tersebut. Cekrekening.id mempunyai kewenangan untuk dapat menindak akun yang telah terbukti bersalah.

Baca Juga Daftar Kode Swift Bank di Indonesia

Kode Swift Bank BCA
Kode Swift Bank Mandiri
Kode Swift Bank BNI
Kode Swift Bank BRI
Kode Swift Bank Danamon
Kode Swift DBS Bank
Kode Swift Hana Bank

Cekrekening.id dapat memblokir rekening bank, virtual account dan e-wallet yang memang telah terbukti melakukan tindak pidana. Dengan memblokir rekening yang diindikasi tindak pidana bertujuan untuk menghambat, mencegah dan mempersulit arah gerak pelaku penipuan yang telah menyalahgunakan rekening bank.

Dalam situs cekrekening.id ini terdapat informasi-informasi dari nama pemilik rekening hingga nama bank bahkan transaksinya juga ada. Yang kemudian dengan informasi-informasi ini dapat kamu gunakan sebagai barang bukti untuk dilanjutkan membuat laporan kasus penipuan di kantor kepolisian setempat.

Berikut langkah-langkah cara mengecek rekening yang terindikasi penipuan :
● Kunjungi situs https://cekrekening.id/
● Isi form nama bank dan nomor rekening yang akan dilaporkan
● Verifikasi oleh tim cekrekening.id
● Muncul hasil verifikasi apakah rekening tersebut terindikasi melakukan penipuan dan riwayat pelaporan

4. Cek Di @Indonesiablacklist

Cara cek rekening penipu lainnya adalah lewat akun di instagram yang bernama @indonesiablacklist. Akun instagram ini sudah menyusun dan mengumpulkan kasus-kasus penipuan dari banyak laporan.

Dan juga akun @indonesiablacklist ini melayani mediasi secara gratis apabila mengalami penipuan online. Kamu bisa langsung mengirimkan direct message untuk meminta bantuan atas kasus penipuan yang kamu alami.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke Hongkong
Cara Kirim Uang ke Filipina
Cara Kirim Uang ke Amerika Serikat
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina
Cara Kirim Uang ke Malaysia
Cara Kirim Uang ke Jepang

5. Cek Di OJK

Cara cek rekening penipu yang ke-5. OJK adalah Otoritas Jasa Keuangan yang melayani pengaduan untuk masyarakat yang mengalami modus penipuan melalui rekening perbankan.

OJK juga menerima laporan pengaduan lewat surat elektronik atau email ke konsumen@ojk.go.id.
Kamu juga bisa melaporkan melalui layanan telepon dengan nomor 1-500-655. Nomor rekening yang dilaporkan ke OJK akan menjadi barang bukti untuk bisa kemudian membekukan rekening si penipu.

6. Blokir Rekening Bank

Cara cek rekening penipu yang ke-6. Salah satu cara lapor penipuan transfer bank yang dapat dilakukan adalah dengan memblokir rekening bank si penipu. Kamu bisa langsung mendatangi cabang bank yang digunakan si pelaku penipuan atau bisa hubungi customer service dari bank tersebut via telepon.

Sertakan bukti-bukti kuat dari penipuan tersebut, jika bukti tersebut kuat dan jika jumlah laporan yang diberikan pada rekening tersebut cukup banyak, maka pihak bank tersebut akan memblokir nomor rekening tersebut dan bahkan akan memprosesnya ke pihak yang berwajib.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke Hongkong
Cara Kirim Uang ke Filipina
Cara Kirim Uang ke Amerika Serikat
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina
Cara Kirim Uang ke Malaysia
Cara Kirim Uang ke Jepang

7. Laporkan Nomor Whatsapp Si Penipu

Cara cek rekening penipu yang ke-7. Kamu dapat melaporkan nomor WhatsApp dari si penipu dengan cara mengadukannya ke Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI).

Selain ke BRTI untuk melaporkan, kamu juga bisa melapor ke Badan Reserse Kriminal Kepolisian Republik Indonesia. Supaya laporan semakin kuat dan dapat diproses lebih cepat, jangan lupa memberikan Screenshot atau tangkapan layar dari isi pesan yang kamu lakukan dengan si penipu.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Penutup

Itulah beberapa Cara cek rekening penipu dan melaporkan rekening dari si penipu jika kamu mengalami kejadian penipuan yang membuat kamu bingung hingga stress.

Supaya tidak ada lagi kejadian penipuan-penipuan lainnya, diharapkan kepada siapapun untuk tetap waspada.

Jangan takut untuk melaporkan tindak kejahatan penipuan yang marak terjadi, agar pelaku segera ditangkap dan tak ada lagi korban-korban yang menjadi mangsa bagi para penipu. Semoga cara cek rekening penipu di atas dapat membantu kamu ya!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Instagram