pengertian dan manfaat lelang pegadaian

Lelang pegadaian. Lelang merupakan aktivitas jual beli barang atau jasa yang ditawarkan kebanyak orang. Pada sistem lelang penawar tertinggi merupakan seseorang yang berhak mendapatkan barang atau jasa tersebut.

Lelang diatur pada Peraturan Menteri Keuangan No 27/PMK.06/2016 tentang pelaksanaan lelang.
Lelang merupakan penjualan benda yang dibuka untuk masyarakat umum, dengan penawaran harga yang dilakukan secara lisan atau tertulis, yang penawarannya semakin menurun atau semakin meningkat untuk mencapai harga tertinggi, dimana sebelumnya didahului dengan pengumuman.

Harga limit lelang merupakan harga awal yang sudah ditentukan secara terbuka dan diumumkan. Pada prosesnya lelang tidak memiliki maksimal pada penawarannya.

Pegadaian merupakan BUMN yang beroperasional dalam meminjamkan uang dengan cara menerima barang sebagai jaminan dari peminjam atau nasabah. Barang yang dijaminkan bisanya emas, elektronik, sertifikat rumah, kendaraan, dan lainnya.

Tujuan didirikanya Pegadaian ialah untuk menjangkau lapisan masyarakat dengan mudah jika ingin melakukan pinjaman.

Salah satu hal yang sering dilakukan oleh pegadaian adalah lelang Pegadaian, Kamu pasti sering mendengar tentang lelang Pegadaian, tapi belum paham tentang maksud dari kata tersebut.

Lantas apa sih maksud dari lelang Pegadaian?

pengertian dan manfaat lelang pegadaian

Pengertian Lelang Pegadaian

Lelang Pegadaian merupakan penjualan barang gadai yang dilakukan Pegadaian dengan cara melelang barang tersebut ke masyarakat luas.

Lelang Pegadaian dilakukan ketika debitur tidak sanggup melunasi pinjaman yang ia lakukan, sehingga Pegadaian memiliki hak untuk melelang barang jaminan yang sebelumnya sudah dilakukan kesepakatan.

Sistem gadai pada Pegadaian memiliki jangka waktu yang berbeda dari sistem gadai pada bank. Jika bank biasanya memiliki jangka waktu yang bertahun-tahun, maka Pegadaian akan memaksimalkan pinjaman hanya 120 hari saja atau 4 bulan.

Baca Juga Daftar Kode Swift Bank di Indonesia

Kode Swift Bank BCA
Kode Swift Bank Mandiri
Kode Swift Bank BNI
Kode Swift Bank BRI

Apabila sudah jatuh tempo, nasabah wajib menembus barang yang ia gadai atau jaminkan untuk membyar pinjaman serta bunga, atau dalam Pegadaian disebut dengan “sewa modal”.

Jika nasabah tersebut tidak sanggup menebus barang yang ia jaminkan, maka barang-barang tersebut akan dilelang oleh pihak Pegadaian. Hasil pelelangan tersebut uangnya yang digunakan untuk menutupi dana yang dipinjam nasabah tapi nasabah tidak sanggup melunasinya.

Nah, buat kamu yang ingin mengikuti lelang Pegadaian. Berikut dibawah ini adalah aturan lelang yang harus kamu ikut.

Aturan cara mengikuti lelang Pegadaian

Biasanya lelang dilakukan dua minggu sekali. Tetapi hal ini kembali kepada kebijakan kantor unit Pegadaiannya, bisa jadi setiap hari akan diadakan lelang.

Sebelum mengikuti lelang pegadaian, kamu juga perlu mengetahui syarat-syarat apa saja yang diperlukan untuk melakukan lelang tersebut. Sebab lelang pegadaian dilakukan untuk umum sehingga syaratnya tidak begitu ketat.

Cara-cara mengikuti lelang Pegadaian

– Datangi loket bagian lelang, dan cari informasi tentang barang apa saja yang akan dilelang pada sesi lelang berikutnya.
– Datang dan ikuti lelang pada lokasi yang sudah ditentukan
– Petugas lelang akan memberikan catatan serta harga pembukuan untuk mengumumkan barang yang akan dilelang
– Saat hitungan ketiga setelah penawaran nilai tertinggi, dan tidak ada yang memberikan penawaran lagi, barang akan diserahkan para penawar tertinggi tersebut.
– Transaksi penandatangan dokumen bukti transaksi untuk mendapatkan barang yang dilelang
Waktu lelang Pegadaian

Kamu yang penasaran dan tertarik mengikuti lelang Pegadaian. Bisa mencari informasinya secara langsung di kantor Pegadaian terdekat.

Umumnya lelang Pegadaian akan dilakukan selama 2 kali dalam sebulan. Tapi, barang-barang pada lelang Pegadaian tidak bisa ditentukan, misalnya kendaraan, emas, sampai elektronik.

Pada proses pelelangan pihak Pegadaian akan melakukan konfirmasi kepada nasabah untuk melelang barang. Nasabah akan diinformasikan tentang batasan waktu untuk pelunasan yang sudah memasuki jatuh tempo.

15 hingga 30 hari masa kerja merupakan jatuh tempo yang biasanya diberikan oleh pihak Pegadaian. Jika melebihi jatuh tempo barang akan dilelang yang sebelumnya pihak Pegadaian sudah menginformasikan terlebih dahulu.

Manfaat Lelang Pegadaian

Lelang Pegadaian memberikan banyak manfaat untuk masyarakat luas. Salah satunya adalah mendapatkan mobil murah di lelang Pegadaian.

Mobil merupakan salah satu barang yang dijaminkan para nasabah untuk mendapatkan pinjaman di Pegadaian. Cara mendapatkan mobil murah di Pegadaian sama seperti mendapatkan barang lelang lainnya, yaitu mobil akan diberikan kepada penawar yang memberikan harga paling tertinggi.

Lihat Juga Video Cara Mudah Transfer Uang Ke Luar Negeri

Tips Ikut Lelang Pegadaian

Walaupun harga barang yang dibandrol pada pegadaian dan Pegadaian syariah sangat murah dan membuat kamu menjadi tergiur. Tetapi dalam melakukan lelang Pegadaian diperlukan juga kehati-hatian.

Berikut dibawah ini adalah beberapa tips yang dilakukan untuk melakukan lelang Pegadaian.

1. Siapkan Anggaran

Sebelum melakukan lelang Pegadaian kamu harus menentukan anggaran. Karena ketika barang yang dilelang melambung tinggi karena sengitnya penawaran, kamu harus berhenti dan berpikir. Anggaran ini berfungsi sebagai tolak ukur uang yang harus kamu keluarkan untuk mendapatkan barang tersebut agar tidak terlalu kebablasan

2. Cari Barang yang Ingin Dilelang

Selanjutnya kamu harus meyakinkan dulu, barang mana yang ingin kamu beli di lelang Pegadaian. Sehingga ketika sampai di lelang Pegadaian kamu tidak asal ikut lelang.

3. Cari Info Harga Pasaran

Tips berikutnya adalah mencari tahu harga pasaran dari barang yang ingin kamu beli. Jangan sampai kamu mendapatkan barang yang justru lebih mahal dari harga pasarannya.

4. Pastikan Legalitas

Selanjutnya, agar mendapatkan manfaat yang maksimal dari lelang Pegadaian kamu harus memastikan legalitas dari barang yang akan kamu tawar di lelang pegadaian.

Misalnya emas harus memiliki sertifikat, motor harus lengkap dengan surat-surat dan lainnya. Dan setelah melakukan transaksi pembayaran barang lelang jangan lupa minta bukti kwitansi pembayaran.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Demikianlah informasi terkait lelang pegadaian yang dapat kamu simak dari pengertian serta manfaatnya. Jika ada hal yang belum jelas terkait pembahasan dalam topik ini, silahkan tulis pertanyaan atau pendapat kamu di kolom komentar yang ada di bawah artikel ini ya!

Instagram