Syarat Masuk Biaya Kuliah di University of Dhaka, Kuliah Termurah di Bangladesh?

Pernahkah Anda mendengar University of Dhaka. Perguruan tinggi yang satu ini berada di Bangladesh. Di mana kampus tersebut merupakan yang tertua. Jika ingin melanjutkan kuliah di sana, jangan lupa memperhitungkan soal biaya kuliah di University of Dhaka.

Sekilas Mengenai University of Dhaka

University of Dhaka atau biasa disingkat menjadi DU merupakan universitas tertua yang ada di Bangladesh. Sejak 1921, DU telah beroperasi sampai saat ini berkembang menjadi universitas ternama. Bahkan, Telah menjadi universitas terbaik dan terbesar di Bangladesh dengan jumlah mahasiswa lebih dari 37 ribu.

Bukan hanya diakui secara nasional, University of Dhaka diakui sebagai salah satu universitas terbaik Asia. Mulanya, tempat kampus berdiri saat ini merupakan lahan milik Nawab Bahadur Sir Khwaja Salimullah. Dimana ia telah berkontribusi dengan menyumbangkan 600 ha tanah untuk tujuan pendidikan.

Beberapa alumninya bahkan telah menjadi orang besar. Mulai dari terjun ke dunia politik, pelapor ekonomi, ahli bahasa, dan lainnya. Hal ini tentu hasil sumbangsing dari para pendidik yang profesional dan kompeten.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Biaya Kuliah di University of Dhaka

Menjadi kampus terbesar yang ada di Bangladesh, membuat University of Dhaka terkenal di sana. Apalagi Dhaka sendiri merupakan ibu kota Bangladesh dengan jumlah penduduk terbesar ke 5 di Asia dan ke 8 dunia. Meski begitu biaya kuliah di university of Dhaka terbilang murah.

Mengingat popularitasnya yang diakui secara internasional. Bahkan negara termasuk penyedia pendidikan termurah. Anda bisa belajar di tempat baru dengan suasana baru hanya dengan biaya 20,4 juta. Jumlah ini tentu kecil dibandingkan dengan universitas terkemuka lainnya.

Syarat masuknya juga mudah. Namun selain biaya pendidikan, Anda juga perlu mempertimbangkan biaya hidup selama kuliah di sana. Jadi, mahasiswa bisa fokus pada pendidikan sebab finansial sudah tergolong baik.

Nominal yang tersebut sebelumnya merupakan data tahun ini. Nilainya boleh jadi bertambah setiap tahun. Selain itu biaya tersebut bisa berbeda tergantung program studi yang Anda ambil.

Baca Juga Artikel Lain Tentang Program Studi dan Universitas

Daftar Jurusan Kuliah University of Cambridge
Daftar Jurusan Kuliah di Stanford University
Daftar Jurusan Kuliah di Harvard University
Daftar Jurusan Kuliah Tsinghua University
Daftar Program Studi di University of Edinburgh
Daftar Jurusan Kuliah Nanyang Technological University (NTU)

Syarat Masuk di University of Dhaka

Jika ingin menjadi salah satu mahasiswa di DU, syarat pertama yang harus dipenuhi adalah soal dokumen. Poin persyaratan ini bisa Anda minta langsung pada pihak universitas. Sebab biasanya beda negara, beda pula persiapannya. Sebagai mahasiswa internasional tentu memerlukan persyaratan tambahan untuk transit ke Bangladesh.

1. Formulir Aplikasi Online

Sebagai permulaan Anda tentu perlu mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa terlebih dahulu. Untuk melakukan pendaftaran tidak perlu datang langsung ke tempat. Sebab bisa langsung mengisi formulir secara online. Kunjungi website resmi dari universitas tersebut.

Pastikan Anda mengisi data diri dengan benar. Selain itu kemampuan berbahasa inggris yang baik juga diperlukan untuk kuliah di sana.

2. Sertifikat TOEFL

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan Toefl yang merupakan tes untuk menguji kemampuan berbahasa Inggris seseorang. TOEFL atau singkatan dari Test of English as a Foreign language biasanya diperlukan untuk keperluan dari kalangan akademisi.

Nantinya Anda harus menyimak berbagai pertanyaan baik secara tertulis maupun lisan. Score yang di dapat haruslah di atas 310. Sedangkan yang tertinggi yaitu 677 untuk versi pbt. Ujian ini hanya dilakukan oleh orang yang tinggal bukan di lingkungan berbahasa Inggris.

3. Sertifikat IELTS

Bagi kalangan akademisi mungkin sudah tidak asing lagi dengan tes IELTS. Melalui tes ini seseorang akan mengetahui berapa mahir ia dalam menggunakan bahasa Inggris. Bukan hanya soal penyebutan tapi juga kelancaran akses. Nantinya Anda akan mengikuti tes reading, listening, dan writing.

Selain itu tes speaking juga akan dilakukan pada hari itu sekaligus. Untuk tes IELTS sendiri haruslah mendapatkan skor 6.0 di setiap kategori supaya bisa dinyatakan lulus. Nantinya Anda akan mendapatkan sertifikat yang dapat digunakan untuk berbagai hal, misalnya mendaftar di University of Dhaka.

4. Paspor

Sebagai mahasiswa internasional, Anda membutuhkan paspor bukti izin masuk ke negara tersebut. Jika di tanah air seseorang bisa menggunakan KTP sebagai bukti identitas, maka paspor berfungsi secara internasional. Itilah kenapa buku tersebut harus dirahasiakan dan dilindungi.

Bagi Anda yang ingin kuliah di University of Dhaka tentu membutuhkan paspor, baik untuk tinggal maupun berkuliah di sana. Kendati demikian, paspor hanya berlaku selama 5 tahun, selebihnya Anda harus melakukan pendaftaran ulang.

5. Visa (Persetujuan Pemerintah)

Banyak yang masih bungung perbedaan antara paspor dan visa. Padahal keduanya amat tidak sama. Jika paspor merupakan dokumen dari negara asal, maka visa merupakan surat persetujuan pemerintah soal adanya kunjungan dari pelaku.

Berhubung, Bangladesh tidak termasuk dalam kategori bebas visa, Anda harus meminta surat persetujuan tersebut lebih dulu. Nantinya, dokumen tersebut akan dilampirkan saat proses pendaftaran. Sebab, seseorang tidak akan bisa masuk ke negara tujuan tanpa adanya visa, meski sudah punya paspor.

6. Bukti Pembayaran

Sama seperti instansi lainnya, University of Dhaka juga memberlakukan biaya pendaftaran untuk calon mahasiswa nasional maupun internasional. Nantinya Anda harus menyertakan bukti pembayaran untuk diproses lebih lanjut mengenai lolos atau tidaknya.

Selain itu siapkan pula pas foto sesuai dengan kriteria persyaratan yang harus dipenuhi. Untuk yang menempuh pendidikan sarjana, diperlukan dokumen bukti lulus sekolah menengah. Sedangkan program master harus lulus strata 1. Buktinya adalah sertifikat dan transkrip nilai.

Gunakan Transfez dengan Jack untuk kebutuhan bisnis Anda

ID CTA 1

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

google play store   350px appstore

Itulah informasi mengenai syarat masuk serta biaya kuliah di University of Dhaka. Siapkan dokumen serta biaya yang dibutuhkan. Bukan hanya soal akademik tapi juga biaya hidup selama di sana.