bisnis telur ayam

Bisnis telur ayam sebagai salah satu bisnis yang memiliki banyak keuntungan sangat besar dan bisa dijalankan secara konstan karena setiap harinya kalangan masyarakat pasti membutuhkan telur. Kebutuhan akan telur terus mengalami peningkatan di kalangan masyarakat sehingga dengan melihat dari kebutuhan itulah kamu bisa menangkap peluang besar untuk meraup banyaknya keuntungan ketika menjalankan bisnis ini.

Baca Juga: Cara Mudah Bertransaksi Bisnis Menggunakan Aplikasi Transfez Bisnis

Akan tetapi untuk memulainya maka kamu harus bisa melakukan pengelolaan secara maksimal sehingga berpotensi untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal pula. Ketika kamu berminat untuk menjalankan bisnis telur ini maka bisa memulainya dengan cara menternakkan ayam petelur sehingga telurnya bisa dijual kembali.

bisnis telur ayam
mjnews.com

Tips untuk Memulai Bisnis Telur Ayam

Ketika kamu memiliki minat untuk menjalankan sebuah usaha telur ayam tentunya hal utama yang harus kamu lakukan yaitu beternak ayam petelur. Saat ini peluang bisnis telur memiliki potensi yang sangat besar untuk laku di pasaran karena banyaknya permintaan pasar yang cukup melejit.

Berikut ini beberapa uraian terkait tips mudah untuk menjalankan sebuah bisnis telur yang bisa meraup keuntungan besar:

1. Memperbanyak Informasi Terkait Bisnis Telur

Bisnis untuk ternak ayam petelur bisa dikatakan susah dan mudah karena jenis bisnis yang satu ini pada kenyataannya memiliki keuntungan yang besar namun juga mengemban tingkat risiko yang sama besarnya. Akan tetapi untuk membangun sebuah bisnis telur yang satu ini akan membutuhkan pengetahuan yang cukup sehingga tidak menimbulkan kesalahan ketika dalam melakukan pengelolaannya.

Maka dari itu kamu harus banyak mengumpulkan informasi mengenai tata cara yang perlu dilakukan dalam beternak ayam petelur dan semua aspek yang berhubungan dengan pengelolaannya. Apabila kamu belum memiliki pengetahuan yang cukup tentunya akan berdampak fatal dan bahkan bisa berhenti ketika tidak cukup ilmu untuk menjalankan bisnis telur.

2. Membuat Rancangan Strategi Bisnis

Apabila kamu sudah mengumpulkan informasi terkait cara untuk menjalankan bisnis telur ayam maka langkah selanjutnya yaitu bisa memulai perancangan strategi bisnis yang matang. Dalam hal ini kamu bisa menantang semuanya dengan cara membuat anggaran modal, pembuatan konsep modal untuk kandang ayam petelur serta menyiapkan semua perencanaan hal tersebut dengan matang sehingga bisnis kamu dapat berjalan dengan jelas.

Lihat Juga Video Mudahnya Menggunakan Aplikasi Transfez Singapura

Ketika memulai sebuah bisnis yang sudah terancam tentunya akan mampu meminimalisir tingkat risiko kerugian yang kemungkinan besar akan dialami. Pasalnya tingkat risiko kerugian untuk menjalankan bisnis ayam petelur terbilang sangat besar sehingga diperlukan adanya perencanaan yang benar-benar matang dan kamu bisa siap untuk menghadapi resiko tersebut.

3. Memulai Bisnis Telur Ayam Dengan Jumlah yang Kecil

Dalam memulai sebuah bisnis tentunya hal yang perlu disediakan salah satunya adalah modal dan ketika modal yang kamu miliki tidak terlalu banyak maka kamu bisa memulainya dengan skala kecil. Lakukan bisnis ini sebagai jalan kamu untuk belajar terlebih dahulu dan mendalami bisnis ayam petelur.

Untuk jumlah kecil ini maka kamu bisa memulainya dengan jumlah ratusan terlebih dahulu sehingga tidak akan memberatkan kamu untuk di tahapan awal karena berhubungan dengan modal yang harus disediakan. Apabila bisnis yang kamu jalankan ini sudah mengalami pengembangan yang cukup pesat maka silahkan kamu meningkatkannya dengan jumlah yang lebih besar dibandingkan dengan sebelumnya.

4. Menyediakan Modal yang Cukup

Memulai sebuah bisnis telur tentunya akan membutuhkan modal yang besar dan ini menjadi salah satu alasan kamu bisa memulainya dengan jumlah yang kecil terlebih dahulu. Mengingat modal yang dibutuhkan terlalu besar tentunya kamu akan malas untuk memulainya karena menganggap bahwa modal yang dimiliki tidak cukup untuk memulai sebuah bisnis ayam petelur.

Sehingga usahakanlah modal yang kamu butuhkan telah mencukupi dengan modal yang telah direncanakan sebelumnya. Dengan demikian kebutuhan sudah terinci dan kamu tidak bisa melewati batas ketentuan perincian yang telah dibuat supaya tidak melebihi batas modal yang dimiliki.

5. Menentukan Lokasi Kandang Harus Jauh dari Pemukiman Warga

Cara yang tepat untuk memulai bisnis telur ayam tidak hanya membuat perencanaan yang matang terkait modal dan konsep dari bisnis itu sendiri. Selain itu kamu juga harus menentukan konsep serta penentuan lokasi kandang yang nantinya akan dijadikan sebagai tempat untuk ayam-ayam petelur.

Dalam memilih lokasi yang akan dijadikan sebagai kandang sebaiknya kamu memilih tempat yang lokasinya jauh dari pemukiman warga akan tetapi mudah untuk dijangkau. Hal ini dikarenakan kandang ayam mempunyai aroma yang tidak sedap sehingga akan mengganggu pemukiman warga dan pastinya warga juga akan keberatan adanya keberadaan kandang yang berdekatan dengan pemukiman.

Baca Juga Artikel Tentang Bisnis Lainnya dari Transfez

Bisnis Jasa Setrika
Bisnis Jasa Digital Marketing
Bisnis Jasa Gestun
Bisnis Jasa Hukum
Bisnis Jasa Hiburan

6. Pemilihan Bibit Ayam Petelur yang Berkualitas Baik

Pembuatan perencanaan serta persiapan bisa dilanjutkan untuk memilih jenis bibit ayam petelur. Saat saat kamu memilih jenis untuk bibit ayam petelur maka sebaiknya memilih jenis yang memiliki kualitas baik sehingga bisa menghasilkan telur yang berkualitas juga.

Apabila kamu memilih bibit ayam petelur juga harus memperhatikan bahwa bibit tersebut sehat dalam artian untuk pertumbuhannya tidak terhambat. Selain itu kamu juga dapat memilih ayam petelur sehat dengan cara mengenali ciri-cirinya seperti nafsu makannya normal, mempunyai bulu yang halus dan tersebar secara merata, berat badan ideal dan bersih serta tidak adanya bekas luka pada bagian tubuh ayam.

7. Menentukan Pakan Berkualitas

Cara yang tepat untuk memulai bisnis telur ayam ya itu harus menentukan pakan berkualitas sehingga menghasilkan telur berkualitas juga. Jenis pakan ayam berkualitas tentunya mempunyai kandungan gizi yang dibutuhkan oleh ayam itu sendiri.

Selain itu pakan yang dipilih juga harus memiliki kandungan protein, karbohidrat, vitamin, kalsium dan mineral. Terpenuhinya kebutuhan nutrisi pada makanan maka bisa membuat ayam menghasilkan telur yang berkualitas dan sehat

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store
350px appstore

Demikianlah beberapa pembahasan terkait cara untuk memulai bisnis telur ayam dengan beternak ayam petelur terlebih dahulu. Ketika kamu sudah memahami cara yang tepat untuk memulai bisnis telur maka akan lebih mudah untuk meraup keuntungannya.

Instagram