Biaya Kuliah di Tsinghua University

Berencana melanjutkan pendidikan ke Tsinghua University di China? Informasi yang harus Anda ketahui adalah soal biaya kuliah di Tsinghua University yang pastinya sangat berbeda dengan Indonesia. Universitas yang satu ini bahkan sudah sudah diakui kualitasnya secara internasional.

Tsinghua University

Pernahkah Anda mendengar pepatah, kejarlah ilmu sampai ke negeri China. Agaknya pepatah tersebut memang benar adanya. Pasalnya di China adalah universitas ternama yang menyediakan berbagai program studi yaitu Tsinghua University.

Selain itu universitas ini masuk dalam jajaran Liga 9 universitas. Yaitu sebuah aliansi yang diprakarsai oleh pemerintah Tiongkok itu sendiri. Perguruan tinggi ini sudah beroperasi sejak tahun 1911 lalu semakin berkembang sampai sekarang.

Bukan rahasia lagi kalau Tsinghua University merupakan tempat belajar banyak pemimpin ternama. Terutama di bidang politik, sains, akademisi sampai bisnis. Jika melihat data di tahun 2018, Universitas Tsinghua meraih peringkat pertama universitas terbaik di Tiongkok.

Pada tahun 2019, tercatat ada lebih dari 50 ribu mahasiswa yang belajar di sini. Dj mana semua itu merupakan gabungan dari mahasiswa program sarjana, magister hingga doctor. Mulanya Tsinghua University merupakan sekolah bagi mahasiswa yang akan dikirim ke Amerika Serikat. Namun kini telah menjadi perguruan tinggi modern dan maju.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Fakultas dan Jurusan di Tsinghua University

Daftar Jurusan di Tsinghua University.bagi Anda yang ingin berkuliah di Tsinghua University, bisa memilih salah satu dari barisan berikut. Tentunya sesuaikan dengan bakat dan minat Anda agar proses perkuliahan dapat berjalan dengan baik. Sebab suatu hal yang terpaksa, tidak akan berhasil.

1. School of Architecture

Di posisi pertama ada Fakultas School of Architecture yang bisa Anda ambil jika memiliki ketertarikan lebih di bidang pembangunan. Selain itu di jurusan ini mahasiswa akan belajar banyak mengenai seni juga teknik untuk mewujudkannya.

Mahasiswa bisa memilih fokus studi di bawah naungan fakultas ini. Mulai dari Urban Planning Architecture, Architectural and Civil Engineering, dan landscape Architecture. Bila ingin bekerja sebagai konsultan pembangunan bisa mengambil salah satu program di atas.

2. School of Civil Engineering

Fakultas teknik menjadi salah satu yang digemari para calon mahasiswa belakangan ini. Jika sebelumnya Anda akan belajar mengenai seni. Maka di fakultas ini lebih kepada rancangan, perencanaan, membangun merenovasi sebuah bangunan. Selain itu juga bukan soal gedung saja. Teknik sipil mencakup keadaan lingkungan demi kemaslahatan.

Dengan masuk ke fakultas teknik sipil, prospek kedepannya jadi lebih jelas. Sebab para pekerja seperti ahli infrastruktur bandara, manajer konstruksi, analis kontrol kualitas dan ahli konstruksi berasal dari lulusan Civil Engineering.

3. School of Environment

Sebagai seorang mahasiswa yang memilih masuk ke School of Environment. Anda akan belajar mengenai lingkungan dan makhluk hidup yang tinggal di dalamnya. Di mana kedudukan manusia dan apa yang harus dilakukan agar kehidupan berjalan selaras.

Bukan hanya soal pengetahuan mengenai lingkungan. Mahasiswa juga bisa belajar fokus soal ekonomi, sosial, serta kesehatan. Beberapa jurusan yang masuk dalam fakultas ini adalah Wastewater engineering, Environmental Engineering Water Supply.

4. School of Information Science and Technology

Sains informatika dan teknologi merupakan fakultas terbesar yang ada di Tsinghua University. Bukan hanya itu mereka juga memiliki berbagai fasilitas terbaik untuk menunjang belajar mahasiswa di bidang ini. Tentunya ini menjadi keuntungan tersendiri.

Sebab Anda bisa belajar dengan lebih matang mengenai information science and Technology. Jurusan yang masuk ke fakultas ini adalah Integrated Cirkuit dan Computer Technology.

5. Institute for Interdisciplinary Information Science

Untuk fakultas yang satu memang hanya memiliki satu jurusan. Kendati demikian, Tsinghua University menyediakan tiga jenjang pendidikan mulai dari sarjana, magister, hingga doctor. Itulah kenapa, kampus ini begitu populer.

Mahasiswa bisa langsung masuk ke jurusan Computer Science & Technology. Selain masuk di jurusan tersebut mahasiswa juga dapat mengikuti program profesi sampai ke jenjang lebih tinggi.

6. Department Of Chemical Engineering

Fakultas yang satu ini memiliki program penelitian di tiga bulan masa pembelajaran. Tentunya ini menjadi kesempatan bagus bagi mahasiswa yang ingin mendapatkan pengalaman langsung alih-alih teori saja. Anda bisa memilih salah satu dari tiga jurusan.

Yaitu Pharmaceutical Engineering, jurusan ini hanya tersedia untuk pendidikan strata 1. Sedangkan untuk pelatihan profesi ada dua jurusan yakni Chemical Engineering dan Biotechnology Engineering.

7. School of Science

Anda lulusan IPA di sekolah menengah, bisa langsung melanjutkan ke Tsinghua University dengan pendidikan lebih terfokus. Terdapat tujuh jurusan yang bisa dipilih untuk menjadi fokus studi.

Mulai dari Chemical Biology, Chemistry, Physics, Applied Physics, Information and Computing Science. Namun jika ingin mengikuti program profesi, Anda bisa memilih jurusan Applied Statistics.

Baca Juga Artikel Lain Tentang Program Studi dan Universitas

Daftar Jurusan Kuliah University of Cambridge
Daftar Jurusan Kuliah di Stanford University
Daftar Jurusan Kuliah di Harvard University
Daftar Jurusan Kuliah Tsinghua University
Daftar Program Studi di University of Edinburgh
Daftar Jurusan Kuliah Nanyang Technological University (NTU)

Biaya Kuliah di Tsinghua University

Selain menentukan bidang studi yang akan menjadi fokus pendidikan. Hal tak kalah penting untuk diperhitungkan adalah biaya kuliah di Tsinghua University. Menjadi salah satu kampus ternama dan diakui secara internasional, tentunya memiliki standar tinggi.

Apalagi mereka yang berniat menjadi sarjana di mana memerlukan 4 tahun lamanya. Pada tahun 2023 Anda membutuhkan biaya sekitar CNY 519.000. jumlah ini tentu bisa jadi bertambah setiap tahunnya. Selain itu nominal tersebut merupakan biaya awal daftar sampai kelulusan.

Apabila menggunakan kurs mata uang 1 RMB = Rp 2.332. Maka biaya kuliah di Tsinghua University 4 tahun pendidikan sarjana sejumlah Rp 1.210.308.000

Gunakan Transfez dengan Jack untuk kebutuhan bisnis Anda

ID CTA 1

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

google play store   350px appstore

Itulah informasi mengenai biaya kuliah di Tsinghua University. Beberapa fakultas dan jurusan di atas belum semuanya. Anda bisa langsung mencari informasi lebih detail di website resmi Tsinghua University.