Tips Traveling ke China

Negara tirai bambu yang tersohor ini, memiliki keindahan alam tempat-tempat bersejarah hingga aneka hiburan dan tempat wisata belanja yang dapat memikat hati para wisatawan. Meskipun negara ini tidak sepopuler Jepang dan Korea, namun negara China terus berbenah hingga memiliki pesona yang khas dengan keunikan kultur budaya yang mampu memancing rasa penasaran.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Ternyata saat ini, masih banyak orang yang ragu untuk berpergian ke China, dibalik keindahan dan pesonanya tersebut. Kebanyakan wisatawan memilih untuk mempercayakan perjalanan kepada pemandu wisata, dan untuk kamu yang ingin melakukan solo traveling dapat mengikuti beberapa tips ini saat berkunjung ke China.

1. Bahasa

Tips traveling ke China yang pertama, bahasa mungkin akan menjadi kendala bagi para wisatawan, karena warga lokal banyak yang tidak dapat berbahasa inggris sama sekali. Saat berkunjung ke China, sebaiknya kamu mempelajari beberapa kosakata yang dapat membantu kamu saat berlibur ke sana.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke Cina
Cara Kirim Uang ke Hongkong
Cara Kirim Uang ke Filipina
Cara Kirim Uang ke Australia
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Malaysia
Cara Kirim Uang ke Jepang

Selain itu, sebaiknya kamu juga memastikan memilih penginapan dengan staff hotel yang mampu memahami bahasa inggris. Karena beberapa penginapan murah yang berada di China hanya menerima tamu lokal, sebab staff tidak ada yang mampu berkomunikasi dalam bahasa inggris.

Baca Juga Tips Traveling dari Transfez Lainnya

Tips Traveling Ke Jerman
Tips Traveling Ke Australia
Tips Traveling Ke Belanda
Tips Traveling Ke Prancis
Tips Traveling Ke Spanyol
Tips Traveling Ke Turki
Tips Traveling Ke Inggris/UK

2. Makanan

Tips Traveling ke China
Pixabay/leacky_321

Tips traveling ke China yang kedua, bagi wisatawan muslim, mungkin untuk mencari makanan yang halal di China merupakan bukanlah perkara yang mudah. Mungkin kamu dapat mencari restoran muslim yang ditandai dengan bangunan hampir seluruh bercat hijau putih dengan tulisan halal dan gambar masjid yang terpanjang jelas di papan nama.

Selain itu, ditandai dengan para karyawan yang terlihat mengenakan peci dan semacam penutup kepala bagi wanita. Sebaiknya, sebelum membeli makanan di China terlebih dahulu tanyakan pada penjualnya dan bila perlu menunjukkan gambar hewan babi atau sapi saat terjadi hambatan berkomunikasi.

3. Waktu yang Tepat ke China

Tips Traveling ke China
Unsplash/Waldemar Brandt

Tips traveling ke China yang ketiga, China memilik 4 musim yang mengharuskan kamu melakukan riset saat datang ke Beijing sedang berlangsung musim apa. Agar kamu tidak salah kostum, maka berikut musim di China terjadi:

1. Spring/Musim semi (April – May)
2. Summer/Musim Panas (Jun – Ogos)
3. Autumn/Musim gugur (September – Oktober)
4. Winter/Musim dingin (November – March)
5. Untuk melihat forcast prakiraan cuaca saya menggunakan app Accu weather di Android.

4. Membeli barang

Tips Traveling ke China
Pixabay/Free-Photos

Tips traveling ke China yang ke-4, saat hendak membeli barang dan kamu lalai memeriksa kembali kondisinya, hal tersebut dapat menjadi kasus penipuan. Jika masih berada dalam kemasan, sebaiknya kamu lakukan pemeriksaan kembali sebelum membayar, karena mungkin penjual menukar isinya dengan barang yang rusak.

5. Iklim

Tips Traveling ke China
Pixabay/nextvoyage

Tips traveling ke China yang ke-5, saat berkunjung ke China, sebaiknya kamu menentukan musim yang tepat saat berkunjung, karena China memiliki empat musim. Saat terbaik untuk mengunjungi China adalah musim semi dan musim gugur.

Terdapat festival tahunan saat musim semi, yaitu festival musim semi. Namun, sebaiknya kamu juga dianjurkan untuk berpergian di waktu tersebut, karena akan kesulitan dalam mendapatkan sarana transportasi.

6. Mengatur itinerary

Tips Traveling ke China
Pixabay/StockSnap

Tips traveling ke China yang ke-6, tempat wisata yang ada di China rata-rata sangat luas, sehingga dapat memakan waktu seharian apabila menyusuri satu tempat saja dengan berjalan kaki dan akan membuat kaki menjadi pegal. Sebaiknya, kamu hanya berfokus pada maksimal 3 destinasi wisata saja per hari agar tidak kelelahan.

7. Tiket kereta api antar kota

Tips Traveling ke China
Pixabay/PublicDomainPictures

Tips traveling ke China yang ke-7, sebaiknya kamu memesan tiket kereta api melalui kantor perwakilan travel yang ada di penginapan. Kamu bisa meminta bantuan staff di hotel untuk membelikannya, karena kamu akan mengalami kesulitan saat langsung membeli tiket di stasiun yang nyaris tidak ada petugas loket yang dapat berbahasa inggris.

Mungkin kamu hanya akan melihat sedikit petugas yang dapat melayani calon penumpang dengan bahasa inggris dan antriannya sudah pasti akan panjang karena para wisatawan.

8. Akses internet

Tips Traveling ke China
Unsplash/Franck

Tips traveling ke China yang ke-8, saat kamu ingin memperoleh akses internet, terdapat dua pilihan yaitu membeli SIM Card lokal seperti China Unicom dengan menggunakan aplikasi VPN untuk dapat mengakses situs yang diblokir. Karena China memblokir 2000 situs yang dapat menyulitkan kamu saat mengakses google dan beberapa sosial media.

Cara kedua kamu dapat tetap menggunakan SIM Card dari Indonesia dengan mengaktifkan paket data roaming sebelum berangkat ke bandara. Tarif yang dikenakan sesuai dengan ketentuan dari masing-masing provider di Indonesia yang dapat membuat kamu terbebas dari pemblokiran tadi.

9. Toilet umum

Tips Traveling ke China
Unsplash/Sung Jin Cho

Tips traveling ke China yang ke-9, karena kondisi toilet umum di China biasanya sangat parah, dengan aroma pesing yang dapat membuat hidung harus menahan nafas. Sehingga, saat mengunjungi China sebaiknya kamu selalu menyediakan tisu kecil di dalam tas dan membawa handsainitaizer.

Selain itu, kamu juga jangan lupa untuk membawa botol plastik yang dapat disimpan dalam tas bila kamu isi air untuk berjaga-jaga.

10. Kartu kredit

Tips Traveling ke China
Unsplash/Avery Evans

Tips traveling ke China yang ke-10, hampir seluruh negara yang ada pusat perbelanjaan di China, hanya menerima pembayaran menggunakan kartu kredit yang diterbitkan oleh negara China. Hanya beberapa tempat saja yang dapat menerima pembayaran menggunakan kartu kredit yang diterbitkan oleh bank asing.

Kamu juga harus pastikan terlebih dahulu sebelum berbelanja apakah tersebut menerima pembayaran menggunakan kartu kredit yang akan kamu gunakan. Dan kamu juga harus senantiasa membawa uang tunai yang cukup,saat berada di China untuk menghindari kesulitan saat melakukan pembayaran.

11. Tidak Perlu Membawa Converter

Tips Traveling ke China
Unsplash/Markus Winkler

Tips traveling ke China yang ke-11, untuk kamu traveling ke China, tidak ada masalah pada colokan listrik karena China memakain colokan listrik universal. Sehingga, kamu tidak perlu menggunakan converter atau membawa converter.

Hal yang Perlu Diketahui

Selain tips traveling ke China di atas, ada beberapa hal di China yang kamu harus tau dan pasti akan kamu temui hal-hal seperti ini:

• Jangan heran dan kaget bila menemukan meludah sembarangan di jalan atau anak-anak membuang kotoran sembarangan.
• Jangan kaget bila kamu tiba-tiba nyaris diserempet sepeda atau sekuter listrik saat kamu sudah berjalan di tempat yang benar.
• Jangan kaget saat di metro berdesak-desakan ketika keluar. Maka cari posisi stabil dan amankan barang bawaan.
• Jangan kaget bila terdorong turis lokal China yang berbicarakeras karena mengejar tour leader.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Penutup

Sebelum melakukan perjalanan menuju China, sebaiknya kamu benar-benar memperhatikan tips diatas agar dapat menghindari beberapa hal yang tidak diinginkan. Karena mungkin saja hal tersebut dapat merusak suasana dan mood saat sedang traveling menyusuri negara China.

Instagram