biaya kuliah dan biaya hidup di jerman

Jerman sudah lama dikenal sebagai negara terbaik dalam hal pendidikan. Hal itu bisa terlihat dengan lulusan-lulusannya yang berpengaruh pada dunia, termasuk mantan presiden Republik Indonesia, B.J. Habibie.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Untuk Kamu yang mencari tahu biaya kuliah dan biaya hidup di Jerman, simak ulasannya di bawah ini.

Daftar Biaya Kuliah Terjangkau di Jerman

1. Berlin School of Business and Innovation

Berlin School of Business and Innovation
Berlin School of Business and Innovation

Universitas ini sering disingkat menjadi BSBI dan merupakan lembaga pendidikan tinggi swasta Jerman yang ada di kota Berlin. Lembaga ini menekankan pada peningkatan keterampilan bisnis praktis siswa dan berfokus pada industri bisnis.

Berlin School of Business and Innovation menawarkan program MBA Global, Magister Pariwisata, Perhotelan, Manajemen Acara, Pemasaran Digital, Magister Keuangan, hingga Kewirausahaan. Biaya untuk sarjana sekitar 8.500 EURO, sedangkan untuk Pasca Sarjana sekitar 11.000 EURO per tahun.

Baca Juga Artikel Luar Negeri Lainnya:

7 Universitas Favorit di Malaysia
Cara Mendapatkan Beasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Tujuan Kuliah di Luar Negeri
11 Tips Hemat Jadi Mahasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Pemburu Beasiswa

2. GISMA

GISMA Business School
GISMA Business School

GISMA adalah singkatan dari German International School of Management and Administration dan berlokasi di Berlin, Jerman. Sejak tahun 2013, universitas ini sudah dibeli oleh Global University Systems GUS Education Group.

GISMA menawarkan program Sarjana Sains dalam hal ilmu data, Kecerdasan Buatan, Bisnis Digital, hingga Manajemen Bisnis Internasional. Biaya untuk kuliah di kampus ini ada di sekitar 13.323 EURO per tahun.

3. Arden University Berlin

Arden University Berlin
Arden University Berlin

Kampus ini merupakan lembaga pendidikan swasta dan nirlaba yang berlokasi di Berlin dan sudah berdiri sejak tahun 1990. Saat ini dimiliki oleh Global University System GUS Education Group dan pada tahun 2015 sudah mendapatkan status universitas oleh Pemerintah Inggris.

Kampus ini menawarkan Program MBA Magister Administrasi Bisnis, Master of Science dalam Analisis Data, Manajemen Sistem Informasi, Analisis Data dan Pemasaran, Manajemen Teknik, Manajemen Keamanan Teknik Informatika, hingga Manajemen Proyek di tingkat Pascasarjana. Biaya kuliah untuk jenjang Sarjana adalah sekitar 8.000 EURO per tahun.

4. Technical University of Munich

Technical University of Munich
Technical University of Munich

Technical University Of Munich merupakan universitas negeri yang sudah berdiri sejak tahun 1868 dan berlokasi di Munich. Pada tahun 2017, kampus ini masuk ke peringkat 4 sebagai Universitas Paling Inovatif di Eropa.

Technical University of Munich memiliki tiga kampus, yakni kampus utama di pusat kota Munich, Garching, dan Weihenstephan serta memiliki Fakultas Arsitektur, Kedokteran, Teknik Elektro, Teknologi Informasi, Teknik Sipil, Survei, Ekonomi, hingga Olahraga. Biaya kuliah di sini ada di kisaran 12.940 EURO per tahun.

Baca Juga Artikel Lain Tentang Program Studi dan Universitas

Daftar Jurusan Kuliah University of Cambridge
Daftar Jurusan Kuliah di Stanford University
Daftar Jurusan Kuliah di Harvard University
Daftar Jurusan Kuliah Tsinghua University
Daftar Program Studi di University of Edinburgh
Daftar Jurusan Kuliah University of Tokyo (UTokyo)
Daftar Jurusan Kuliah Nanyang Technological University (NTU)

5. Jacobs University

Jacobs University
Jacobs University

Jacob University dikenal sebagai Jacobs University Bremen atau JU Brenen dan merupakan lembaga pendidikan tinggi yang berlokasi di Bremen, Jerman.

Berdiri sejak tahun 1999 yang masih bernama University Bremen dan baru pada tahun 2007 menggunakan nama Jacobs setelah Jacobs Foundation investasi di sana pada tahun 2006.

Jacob University menawarkan berbagai program Sarjana, Pascasarjana, hingga ilmu khusus pada bidang Teknik dan manajemen industri, Matematika, Ilmu Komputer, Teknik Elektro dan Komputer, Robotika dan sistem kecerdasan, hingga Ilmu Psikologi.

Untuk Biaya kuliah pun dibagi menjadi tiga, untuk pelatihan khusus biayanya sekitar 23.000 EURO, lalu untuk Sarjana dan pascasarjana sekitar 20.000 EURO per tahun.

6. University of Bonn

University of Bonn
University of Bonn

University of Bonn (Universitas Bonn) merupakan sebuah universitas riset publik yang terletak di Bonn, Jerman. Universitas ini sudah berdiri sejak abad ke-19 dengan nama Universitas Rhein sampai akhirnya menggunakan nama University of Bonn.

Kampus ini sebagian besar berpusat pada bidang studi Matematika, Fisika, Ekonomi, Ilmu Saraf, Biologi Kimia, Pertanian, Studi Asia dan Oriental, hingga Filsafat. Untuk biaya kuliah yang dibebankan sebenarnya gratis, hanya saja setiap mahasiswa wajib membayar administrasi sebesar 290 EURO per semester.

7. University of Hamburg

University of Hamburg
University of Hamburg

University of Hamburg ini berdiri sejak tahun 1919 di Hamburg, Jerman dan merupakan lembaga penelitian dan pendidikan paling signifikan di Jerman Utara dan salah satu universitas terbesar di sana. Kampus ini bahkan sudah menghasilkan sarjana yang berhasil menyabet Hadiah Nobel sebanyak enam orang.

Kampus ini menawarkan 149 jurusan yang berbeda dan berada di enam fakultas yang di antaranya adalah Bahasa dan Budaya Afrika, Linguistik Umum, Bahasa Inggris dan Amerika, Fisika , Fisiologi, dan masih banyak lagi. Sama dengan poin sebelumnya, mahasiswa hanya dibebankan biaya semester sebesar 333 EURO.

8. University of Freiburg

University of Freiburg
University of Freiburg

Universitas ini berada di Breisgau, Jerman dan berdiri sejak tahun 1457 dan bisa dikatakan ini adalah universitas tertua ke-5 di sekitar wilayah Austria-Habsburg setelah Universitas Wina. Secara umum, kampus ini sudah lama menawarkan program studi tentang Humaniora, Ilmu Sosial dan Ilmu Alam.

University of Freiburg memiliki total 11 fakultas dan ada mahasiswa yang berasal dari 120 negara lebih di dunia dan 16% merupakan mahasiswa internasional. Untuk biaya kuliah di sini antara lain 3.000 EURO untuk program Sarjana dan 1.300 EURO pertahun untuk program Magister.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke Jerman
Cara Kirim Uang ke Belanda
Cara Kirim Uang ke Prancis
Cara Kirim Uang ke Spanyol
Cara Kirim Uang ke Amerika Serikat
Cara Kirim Uang ke United Kingdom
Cara Kirim Uang ke Singapura

Biaya Hidup Di Jerman

Jika Kamu akan belajar di Jerman dan harus tinggal di sana, maka harus persiapkan anggarannya karena secara harga lebih tinggi dibandingkan Indonesia. Untuk mengetahui apa saja rincian biaya hidup di Jerman, simak ulasannya di bawah ini.

1. Tempat Tinggal

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah tempat tinggal dengan cara menyewa apartemen. Untuk sewa apartemen bisa dibagi berdasarkan wilayah dan tempat tidurnya yang bisa Kamu lihat di bawah ini.

• Apartemen 1 kamar tidur di pusat kota = 500 EURO – 1.300 EURO perbulan
• Apartemen 3 kamar tidur di pusat kota = 900 EURO – 2.200 EURO perbulan
• Apartemen 1 kamar tidur di luar pusat kota = 350 EURO – 1.000 EURO perbulan
• Apartemen 3 kamar tidur di luar pusat kota = 700 EURO – 1.700 EURO perbulan

2. Biaya Utilitas

Bagian selanjutnya yang harus diperhatikan adalah biaya utilitas yang meliputi biaya listrik, air, sampah, dan lain-lain. Harganya bisa Kamu lihat di bawah ini.

• Biaya listrik, penghangat ruangan, air, sampah = 142 EURO- 350 EURO perbulan
• Pulsa prabayar tarif lokal untuk satu ponsel = 0,09 EURO – 0,11 EURO
• Internet 60 Mbps atau lebih, Unlimited Data = 25 EURO – 49 EURO perbulan.

3. Biaya Makanan dan Minuman di Jerman

Biaya makanan dan minuman merupakan elemen penting dalam hidup dan Kamu harus memperhatikan poin satu ini. Untuk harganya bisa Kamu lihat di bawah ini.

• Makan di restoran murah = 6,90 EURO – 18 EURO per porsi
• Makan di restoran menengah = 35 EURO – 80 EURO per porsi
• Makan di McDonald dan sejenisnya = 7 EURO – 9 EURO per porsi
• Air mineral (0,33 liter per botol) = 1,50 EURO – 3,00 EURO per porsi

Dari harga tersebut akan lebih baik kalau Kamu memasak sendiri untuk menghemat pengeluaran dari sisi biaya makanan.

4. Transportasi

Tidak jauh berbeda dengan harga makanan sebelumnya, harga tiket transportasi di Jerman juga termasuk tinggi dan rinciannya bisa Kamu lihat di bawah ini.

• Tiket sekali perjalanan dengan transportasi umum = 2,30 EURO – 3,30 EURO
• Tarif taksi normal = 3,00 EURO – 5,00 EURO (tarif per 1 km = 1,70 EURO – 2,50 EURO)
• Sewa mobil seharian = 20.000 EURO – 26.000 EURO

5. Biaya Hiburan

Untuk Kamu yang ingin hiburan juga harus perhatikan biaya hiburan yang bisa jadi berbeda-beda setiap orang. Rincian harganya adalah sebagai berikut.

• Sewa klub kebugaran perbulan untuk 1 orang dewasa : 20 EURO – 58 EURO
• Lapangan tenis per jam = 12 EURO – 25 EURO
• Tiket Bioskop untuk satu kursi = 8,50 EURO – 15 EURO

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Dari ulasan di atas, kita bisa melihat bahwa biaya kuliah dan biaya hidup di Jerman terbilang cukup mahal sehingga Kamu harus persiapkan anggarannya dari sekarang.

Instagram