pinjaman modal usaha

Tidak sedikit orang yang memutuskan untuk membangun usaha dengan rintisannya sendiri, akan tetapi juga banyak di antara mereka yang kesulitan mewujudkan dalam merintis usaha karena kekurangan biaya. Salah satu alternatif yang dapat digunakan yakni pinjaman modal usaha dari berbagai macam sumber.

Sekarang ini untuk meminjam modal usaha bukan perkara yang sulit dilakukan oleh pelaku usaha. Pinjaman bisa dari berbagai sumber yang mampu menunjang kegiatan usaha kamu bisa berjalan dengan lancar.

Pengertian Pinjaman Modal Usaha

Pinjaman merupakan salah satu bentuk dari hutang yang disediakan oleh pihak perorangan ataupun lembaga keuangan. Dalam hal ini akan disediakan sejumlah uang agar dapat dipinjamkan pada pihak debitur namun dengan tawaran bunga.

Sesuai dengan adanya kesepakatan pinjaman, pihaknya debitur akan diberikan kewajibanmembayar lunas hutang pinjaman serta bunga yang sudah ditentukan secara bertahap. Bentuk pinjaman ini bisa berbagai macam jenis, ada yang menggunakan angunan dan ada yang tidak menggunakannya, jika memilih menggunakan angunan maka butuh jaminan.

Jenis jenis Pinjaman

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwasannya pinjaman terdapat 2 jenis yakni dengan angunan dan tanpa angunan. Berikut inilah uraian dari masing-masing jenis pinjaman:

Pinjaman dengan angunan

Jika kamu cenderung memilih pinjaman modal usaha dengan angunan maka harus mempunyai jaminan. Terdapat beberapa produk yang harus kamu ketahui sebelum memutuskan untuk meminjam.

Kredit Multiguna

Salah satu produk kredit perbankan yang memberi fasilitas pinjaman dalam bentuk uang tunai pada debitur dengan memberikan sejumlah pinjaman. Biasanya besaran dari pinjaman tersebut disesuaikan pada harga barang ataupun properti yang telah dijaminkan.

Pegadaian

Pegadaian mampu memberi sejumlah pembiayaan ataupun pinjaman pada masyarakat. Pegadaian sendiri merupakan milik dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara atau BUMN yang telah resmi ada izin OJK serta menyediakan 3 jenis pinjaman yakni Kredit Gadai Sistem Angsuran atau Krasida, Kredit Cepat Aman atau KCA dan juga Kreasi.

Pinjaman tanpa angunan

Produk pada pinjaman tanpa angunan tentunya berbeda dengan angunan. Berikut inilah beberapa pinjaman tanpa angunan yang dapat kamu ketahui:

Kredit tanpa angunan

Pinjaman modal usaha yang tidak membutuhkan jaminan atas aset sebagai angunan. Produk ini biasanya ditujukan untuk biaya pendidikan ataupun biaya darurat lainnya.

Pinjaman online

Salah satu jenis dari pinjaman yang mempunyai fasilitas pinjaman dari lembaga keuangan dan basisnya online. Cara melakukannya cukup dengan melakukan pengajuan pinjaman melalui website ataupun aplikasi dan prosesnya tanpa harus mengantri ke kantor lembaga keuangan.

Cash Advanced Kartu Kredit

Dengan menggunakan jenis pinjaman tanpa angunan maka dari pihak nasabah bisa menarik uang yang berasal dari rekening kartu kreditnya. Dana dapat ditarik dengan menggunakan mesin ATM dan produk dari pinjaman ini biasanya disediakan oleh pihak bank baik itu BUMN ataupun swasta.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke United Kingdom
Cara Kirim Uang ke Rusia
Cara Kirim Uang ke Jerman
Cara Kirim Uang ke Belanda
Cara Kirim Uang ke Prancis
Cara Kirim Uang ke Spanyol
Cara Kirim Uang ke Amerika Serikat
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina

Sumber Pinjaman Modal Usaha

Dalam mendapatkan pinjaman yang dapat digunakan sebagai modal usaha bukan perkara sulit untuk dilakukan. Akan tetapi penting bagi kamu memilih sumber yang tepat dalam mendapatkan pinjaman.

Inilah beberapa sumber yang bisa kamu andalkan untuk mendapatkan modal usaha:

Sumber dari keluarga ataupun teman

Pinjaman modal untuk menjalankan usaha bisa berasal dari keluarga ataupun teman dekat. Sumber pinjaman ini memang terlihat sangat mudah untuk didapatkannya, akan tetapi perlu bagi kamu untuk memperhatikan beberapa hal saat meminjam.

Salah satunya membuat perjanjian dalam bentuk tertulis dari kedua belah pihak dan dapat menjalin hubungan baik selama proses pelunasan hutang tersebut. Maka dari itu dapat membuatkan skema pinjaman yang profesional mencakup informasi dari dana, batas waktu, keuntungan hingga pengembaliannya.

Sumber dengan menggadaikan barang

Sumber dari pinjaman untuk modal usaha bisa melalui cara dengan menggadaikan barang ataupun aset yang dimiliki. Maka dari itu pihak dari pegadaian akan memberikan nilai atas barang yang layak digadaikan guna melakukan pinjaman sebagai modal usaha.

Penting juga bagi kamu memilih perusahaan yang telah legal dan terdaftar dalam OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Jangka waktu peminjaman akan ditentukan oleh pihak perusahaan tidak sepanjang tenor yang akan diberikan oleh lembaga keuangan lain.

Sumber pinjaman modal usaha dari basis online

Di era digital sekarang ini semua hal dapat dilakukan dengan mudah menggunakan teknologi. Hal itu terlihat dengan tersedianya banyak pilihan pinjaman modal yang dapat dimanfaatkan oleh para pengguna karena persyaratannya sangat mudah dan praktis.

Akan tetapi kamu harus tetap berhati-hati karena banyak sekali lembaga dari pinjaman online yang ilegal dan merugikan konsumennya. Pastikan kamu memilih lembaga keuangan yang kredibel dan legal dengan adanya izin dari OJK.

Sumber dari koperasi

Dalam mendapatkan pinjaman modal untuk menjalankan usaha bisa dari koperasi simpan pinjam. Akan tetapi sebagian dari koperasi biasanya hanya menyediakan layanan secara khusus bagi anggotanya.

Layanan pinjaman tidak dapat diberikan pada pihak lain yang bukan masuk dalam anggota. Jika kamu berniat untuk meminjam modal maka harus bergabung terlebih dahulu agar bisa mendapatkan pinjaman dana tunai yang diinginkan.

Keuntungan Pinjaman Modal

Menggunakan layanan pinjaman modal usaha memang menguntungkan. Inilah beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan saat berhasil mendapatkan pinjaman modal.

Mendapatkan dana lebih cepat

Pinjaman untuk modal usaha biasanya akan diberikan kemudahan agar bisa mendapatkan dana dalam waktu lebih cepat. Sistem ini akan menjadi keuntungan bagi para peminjam karena tidak semua orang mempunyai dana tunai yang banyak untuk menjalankan bisnisnya.

Mempercepat perkembangan dari usaha

Modal menjadi salah satu peran yang sangat penting dalam menjalankan usaha terlebih jika rintisan dari nol. Sehingga pinjaman modal menjadi cara yang tepat untuk membantu mempercepat pengembangan usaha sampai jangka panjang

Demikianlah beberapa uraian mengenai pinjaman modal usaha yang menguntungkan. Dengan memilih pinjaman yang tepat dapat mengembangkan usaha untuk jangka panjang.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

play store small
app store small

Instagram