Tips Traveling ke Filipina

Artikel ini membahas tentang tips traveling ke Filipina, salah satu negara di Asia Tenggara yang juga merupakan negara kepulauan dengan keindahan alam yang kurang lebih sama seperti yang dimiliki Indonesia.

Negara yang berada di bagian Timur Benua Asia ini memiliki sekitar 7 ribu pulau. Filipina memiliki banyak destinasi yang mempesona dan menarik perhatian para wisatawan untuk mengunjunginya.

Tips Traveling ke Filipina
Pixabay/my000693

Saat ingin berkunjung ke Filipina, sebaiknya kamu memperhatikan beberapa hal dan tips berikut ini.

1. Bahasa

Tips Traveling ke Filipina
Unsplash/Priscilla Du Preez

Tips traveling ke Filipina yang pertama, jika kamu berencana ingin traveling ke Filipina, jangan khawatir karena terkendala bahasa. Karena hampir 90% orang Filipina bisa berbahasa Inggris dan cukup fasih. Hal ini menjadi salah satu kelebihan negara Filipina, sehingga ramah oleh para pelancong dari berbagai negara.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Maka, kamu tidak perlu takut akan kesulit untuk berkomunikasi selama di sana, baik untuk menanyakan arah atau sekedar berbincang saja.

2. Hindari kedatangan saat musim hujan

Tips Traveling ke Filipina
Pixabay/JillWellington

Tips traveling ke Filipina yang kedua, negara lumbung padi ini, merupakan negara yang rawan akan badai taifun. Hujan lebat yang dapat membanjiri jalan utama bisa terjadi dalam kurun waktu 1 jam saja.

Belum lagi apabila hujan disertai angin kencang yang bersifat destruktif. Sehingga, sebaiknya traveler menjadwalkan liburan ke Filipina saat musim panas yaitu sekitar bulan Maret hingga Juni.

3. Di beberapa lokasi akses internet kurang maksimal

Tips Traveling ke Filipina
Pixabay/sasint

Tips traveling ke Filipina yang ketiga, akses internet di Filipina masih belum memuaskan, seperti di beberapa negara Asia Tenggara lainnya. Sehingga, kamu terpaksa bersabar untuk mengakses internet yang memadai di beberapa lokasi.

Mungkin kamu dapat menggunakan penyedia layanan lokal data terbesar di Filipina, yaitu Smart dan Globe. Namun, koneksi internetnya juga masih kurang maksimal karena di beberapa tempat cuma mendapatkan sinyal 2G.

4. Terdapat biaya masuk untuk mengakses beberapa pantai

Tips Traveling ke Filipina
Pixabay/dylanagonzales2011

Tips traveling ke Filipina yang ke-4, pengelola wisata setempat akan memungut biaya retribusi untuk pemeliharaan baterai. Lokasi untuk masuk ke beberapa pantai di Filipina sangat besar.

Pemandu wisata dapat memberikan alternatif beberapa pantai dengan biaya murah sekitar 25 Peso dibandingkan tempat masuk berbiaya besar sekitar 250 Peso.

5. Mengutamakan untuk berkunjung ke destinasi yang aman

Tips Traveling ke Filipina
Pixabay/RichardMc

Tips traveling ke Filipina yang ke-5, keamanan merupakan hal yang paling penting saat melakukan traveling ke negara cara lain. Wisatawan wajib menjaga dirinya sendiri untuk mencegah dari tindak kejahatan yang tidak diinginkan.

Beberapa wilayah yang ada di Filipina hingga kini masih diperkirakan kurang aman untuk turis mancanegara. Sebagai traveler, sebaiknya kamu mempersiapkan segala sesuatu dengan baik dari perencanaan hingga tujuan destinasi.

6. Comfort room merupakan sebutan untuk toilet

Tips Traveling ke Filipina
Unsplash/Tim Mossholder

Tips traveling ke Filipina yang ke-6, istilah comfort room digunakan sebagai sebutan toilet dan kamar mandi yang menjadi keunikan di Filipina. Saat kamu berjalan-jalan dan kebelet, kamu mungkin akan jarang menemukan tulisan toilet di beberapa tempat.

Karena biasanya kamar mandi atau toilet yang ada di Filipina menggunakan kalima comfort room yang disingkat menjadi CR. Maka, sebaiknya kamu mengingat hal tersebut saat sedang traveling ke Filipina.

7. Selalu menggunakan tas anti air

Tips traveling ke Filipina yang ke-7, Filipina berdekatan dengan Samudra Pasifik dan beriklim tropis. Curah hujan yang tinggi bisa saja terjadi sewaktu-waktu meskipun saat kemarau.

Baca Juga Tips Traveling dari Transfez Lainnya

Tips Traveling Ke Jerman
Tips Traveling Ke Australia
Tips Traveling Ke Belanda
Tips Traveling Ke Prancis
Tips Traveling Ke Spanyol
Tips Traveling Ke Turki
Tips Traveling Ke Inggris/UK

Mungkin kamu berencana untuk mengunjungi pantai El Nido, Coron atau Panglao,maka sebaiknya menggunakan tas anti air agar perjalanan kamu menjadi lebih menyenangkan. Alangkah lebih baik apabila kamu juga mempersiapkan jas hujan sederhana untuk berjaga-jaga saat hujan turun.

8. Mencicipi makanan jalanan di Filipina

Tips Traveling ke Filipina
Pixabay/jonathanvalencia5

Tips traveling ke Filipina yang ke-8, street food di Filipina terutama di Manila cukup enak dan murah, serta menyediakan banyak makanan lokal seperti, pisang, kentang atau bubur dari nasi. Makanan jalanan yang ada di Filipina banyak bertebaran di berbagai titik di tepi jalan.

Meskipun demikian, sebaiknya kamu juga selalu cermat dalam memilih apa yang menarik perhatian kamu untuk memakannya. Kamu harus memastikan bahan utama dan kehalalan karena kamu juga tidak mengetahui apakah lapak pedagang tersebut menyajikan makanan yang higienis.

9. Menghindari pasar atau pusat perbelanjaan

Tips traveling ke Filipina yang ke-9, saat berkunjung Filipina, sebaiknya kamu menghindari pasar atau pusat perbelanjaan. Ini karena terdapat beberapa wilayah yang sangat tidak direkomendasikan untuk dikunjungi oleh para wisatawan.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke Filipina
Cara Kirim Uang ke Australia
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina
Cara Kirim Uang ke Malaysia
Cara Kirim Uang ke Jepang

Bahkan warga lokal Filipina juga menyadari hal tersebut, karena tingkat keamanan yang rendah. Seperti Divisoria yang merupakan tempat belanja dengan harga murah yang rawan akan pencopet dan pencuri.

10. Mencari tempat penginapan melalui Airbnb

Tips Traveling ke Filipina
Unsplash/Alexander Kaunas

Tips traveling ke Filipina yang ke-10, untuk mencari penginapan di Filipina, memang tidak sulit dan tidak ada aturan yang melarang Airbnb. Berbeda dengan negara Asia seperti Jepang atau Singapura.

Saat berkunjung ke Filipina, sebaiknya kamu mencari tempat penginapan melalui Airbnb karena memiliki harga yang terjangkau dibandingkan dengan negara Asia lainnya. MelaluiAirbnb kamu dapat memilih dan membandingkan harga yang sesuai dengan budget yang kamu miliki.

11. Waspada terhadap money changer

Cara Menerima Uang dari Luar Negeri Melalui Bank BCA
Pexels/ Karolina Grabowska

Tips traveling ke Filipina terakhir, saat menukar uang sebaiknya kamu berhati-hati, karena pendapat money changer yang dilaporkan menipu wisatawan serta melakukan scamming. Saat belibur ke Filipina, kamu mungkin membutuhkan uang tunai dengan nominal penukaran kecil.

Ini karena mayoritas kendaraan dan transportasi di Filipina tidak menerima untuk pembayaran kartu kredit, sehingga travel harus selalu menyiapkan uang tunai untuk di bawah.

Udara yang sangat cocok untuk liburan

Tips Traveling ke Filipina
Unsplash/Vlad Kutepov

Selain tips traveling ke Filipina di atas, ada hal lain yang juga kamu harus ketahui. Filipina juga sama dengan Indonesia yaitu negara tropis. Pastinya negara tropis sangat cocok untuk liburan dan berjemur.

Jangan heran jika kamu melihat banyak sekali turis asing yang berkunjung ke Filipina. Yang harus kamu pastikan adalah mereka turis atau bukan, karena Filipina dan negara di Asia lainnya punya kemiripan bentuk wajah dan kulit loh.

Mobil Jeepneys yang berwarna-warni

Jeepney by Wikipedia
Photo by Wikipedia

Mobil jeepneys ini adalah salah satu tranportasi yang unik dan wajib hukumnya untuk berfoto dan mengendarai mobil ini jikalau kamu mengunjungi Filipina. Rata-rata 1 mobil jeepney ini bisa membawa 16-20 orang ; 2 didepan dan 18 di belakang.

arga nya juga relatif cukup murah dan kamu bisa merasakan angin sejuk menghepas muka mu, jadi tidak butuh AC deh!

Harga alkohol yang murah

Bagi yang bisa meminum alkohol, harga alkohol di Filipina tidak jauh berbeda dengan Indonesia bahkan katanya bisa jauh lebih murah. Tapi kalian harus berhati-hati juga ya, jangan karena harganya yang murah malah jadi terlalu banyak minum sehingga lepas kendali. Selain itu, bisa membahayakan dirimu sendiri, bisa membahayan orang lain juga.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Penutup

Traveling ke Filipina kamu dapat mengunjungi beberapa destinasi menarik seperti Manila perbukitan coklat, taman nasional, sungai bawah tanah puerto princesa dan lokasi scuba dan laguna di palawan. Sebelum kamu melakukan perjalanan ke Filipina, sebaiknya memperhatikan beberapa tips diatas agar liburan menjadi sangat menyenangkan.

Instagram