biaya hidup dan kuliah di cina

Banyak sekali pelajar dari berbagai belahan dunia yang ingin meneruskan pendidikan di negeri Cina. Sudah bukan rahasia lagi bahwa dalam beberapa tahun terkahir, Cina semakin aktif berinvestasi dan mengembangkan kerjasama dengan berbagai universitas terkemuka di Amerika maupun Eropa.

Fakta menunjukkan bahwa Cina menjadi salah satu tujuan destinasi belajar pilihan pelajar internasional. Pada tahun 2018, tercatat ada 492.185 mahasiswa internasional dari 196 negara yang memilih Cina sebagai tempat untuk menempuh pendidikan tingkat perguruan tinggi.

Buat yang ingin sekolah di Cina, sebenarnya seberapa mahalkah biaya untuk tinggal dan belajar di China? Di bawah ini kami menyajikan informasi umum mengenai jumlah budget yang kamu perlukan untuk menetap di Cina demi kepentingan pendidikan.

Biaya Kuliah di Cina

Biaya kuliah rata-rata di universitas negeri di Cinta berkisar dari USD 2.500 – 10.000 (IDR 36 – 142 juta) per tahunnya. Biaya SPP kampus negeri tidak sama dengan swasta.

Berikut adalah beberapa rincian biaya kuliah di beberapa universitas yang ada di Cina:

  1. Ningbo University: USD 2.600 – 4.700 (IDR 37 – 67 juta) per tahun
  2. Northwestern Polytechnical University: USD 2.900 – 4.350 (IDR 42 – 62 juta) per tahun
  3. Liaoning University of Technology: USD 2.200 – 3.760 (IDR 32 juta – 54 juta) per tahun
  4. Beijing normal University: USD 3.470 – 4.670 (IDR 50 – 67 juta) per tahun

Baca Juga Artikel Lain Tentang Program Studi dan Universitas

Daftar Jurusan Kuliah University of Cambridge
Daftar Jurusan Kuliah di Stanford University
Daftar Jurusan Kuliah di Harvard University
Daftar Jurusan Kuliah Tsinghua University
Daftar Program Studi di University of Edinburgh
Daftar Jurusan Kuliah University of Tokyo (UTokyo)
Daftar Jurusan Kuliah Nanyang Technological University (NTU)

Biaya Hidup di Cina untuk Pelajar Internasional

Selain biaya SPP, biaya hidup dan kebutuhan untuk tinggal di Cina juga ditentukan di kota mana yang kamu tinggal. Setiap kota di Cina menetapkan harga kebutuhan hidup yang berbeda. Tinggal di ibukota dan di desa tentunya menghabiskan pengeluaran yang berbeda jauh di mana biaya hidup di kota besar cenderung lebih besar. Hal yang sebenarnya juga berlaku di Indonesia.

biaya kuliah dan hidup di cina
Photo by Liam Li on Unsplash

Biaya Hidup di Kota

  • Beijing adalah ibukota negara Cina yang termasuk dalam jajaran kota termahal. Untuk tinggal disini, kamu memerlukan budget sekitar USD 1.000 – 2.000 (IDR 15 – 29 juta) per bulan.
  • Shanghai atau Shenzhen adalah kota termahal kedua setelah Beijing. Kamu membutuhkan budget kisaran USD 850 – 1.200 (IDR 13 – 18 juta) untuk tinggal disini.

Selain 2 kota mahal diatas, di kota lain memerlukan setidaknya USD 600 – 1.000 (IDR 9 – 15 juta) per bulan untuk biaya hidup. Biaya ini sudah termasuk biaya akomodasi jika kamu tinggal di residen. Biaya hidup di Cina sangat beragam. Faktor-faktor penyebabnya adalah karena biaya pendidikan, jenis dan reputasi universitas, besar kota yang ditinggali, serta kebiasaan hidup dapat mempengaruhi pengeluaran.

Biaya Akomodasi Selama Tinggal di Cina

Meskipun Shanghai dan Beijing dikenal sebagai kota paling mahal yang berada di Cina, kamu masih bisa menemukan beberapa pilihan tempat tinggal yang terjangkau di 2 kota metropolitan ini. Biaya akomodasi yang lebih murah dapat dijumpai di daerah Tianjin, Jiangsu, atau Sichuan.

Akomodasi umum yang sering dipilih oleh pelajar internasional di Cina adalah.

  • Tempat tinggal di sekitar kampus berkisar antara USD 150 – 400 (IDR 3 – 6 juta) per bulan.
  • Menyewa flat atau kos berkisar antara USD 300 – 1.000 (IDR 5 – 15 juta) per bulan untuk 1 kamar dilengkapi dengan 1 tempat tidur (biaya dapat berbeda tergantung lokasi flat dan fasilitas kamar).
  • Tinggal dengan keluarga Cina hanya mengeluarkan sekitar USD 350 – 550 (IDR 5 – 8 juta) per bulan.

Tinggal bersama room-mate (teman sekamar) adalah pilihan yang paling umum yang juga bisa dipilih oleh pelajar internasional. Hal ini dikarenakan pembayaran akomodasi dapat dibagi 2 sehingga bisa menghemat pengeluaran. Kebanyakan akomodasi di Cina mewajibakan deposito keamanan sekitar USD 300 – 460 (IDR 5 – 7 juta).

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke United Kingdom
Cara Kirim Uang ke Rusia
Cara Kirim Uang ke Jerman
Cara Kirim Uang ke Belanda
Cara Kirim Uang ke Prancis
Cara Kirim Uang ke Spanyol
Cara Kirim Uang ke Amerika Serikat
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina

Biaya Makan di Cina

Selain menjadi negara yang memiliki pendidikan kualitas tinggi, Cina juga terkenal akan keanekaragaman kuliner yang menarik dan amat menggoda untuk dicicipi.

Makanan di kantin kampus, restoran lokal, atau restoran cepat saji dibanderol kira-kira seharga USD 1 – 4 (IDR 15 – 57 ribu). Sedangkan untuk restoran menengah ke atas dan sajian tradisional dikenakan biaya antara USD 4 – 7 (IDR 57 – 100 ribu).

Jika kamu berbelanja bahan makanan di supermarket lokal, budget yang kamu butuhkan adalah sekitar USD 170 – 200 (IDR 2.5 – 3 juta) per bulan. Untuk menghemat pengeluaran, memasak di rumah adalah kunci utama.  Ada juga supermarket global seperti Walmart, Carrefour, Auchan, dan Metro. Lebih hemat lagi jika membeli buah dan sayur di pasar yang hanya menghabiskan sekitar USD 2 – 3 (IDR 29 – 43 ribu).

Transportasi di Cina

Teknologi dan transportasi di Cina terkenal sangat maju dan bertarif murah. Bahkan harga Taxi disini pun sangat rendah. Berikut adalah daftar harga secara umum dari transportasi publik yang ada di CIna.

  • Metro ride: USD 0.5 (IDR 8 ribu)
  • Taxi: USD 0.33 per km (IDR 5 ribu)
  • Taxi keliling kota: USD 4 (IDR 57 ribu) per 20 menit
  • Bus kota: USD 0.3 (IDR 4 ribu)

Asyiknya, untuk siswa yang menaiki transportasi publik hanya perlu menghabiskan sekitara USD 15 – 20 (IDR 213 – 284 ribu) per bulan.

Biaya tambahan

Selain biaya SPP, biaya akomodasi, dan biaya transportasi, sebagai pelajar internasional, ada lagi biaya ektra yang juga perlu dipertimbangkan.

  1. Buku dan bahan pelajaran sekitar USD 30 – 50 (IDR 426 – 710 ribu). Harga buku kuliah ini bervariasi tergantung dengan jenis buku yang dibutuhkan.
  2. Insuransi kesehatan sekitar USD 60 (IDR 852 ribu) yang harus diperbarui setiap 6 bulan sekali.

Itulah beberapa ulasan lengkap mengenai biaya SPP dan biaya hidup di Cina. Perincian harga diatas bisa saja berubah seiring bergantinya tahun.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Instagram