Mengenal Jurusan Asuransi Syariah

Mengenyam pendidikan hingga tingkat perguruan tinggi memang sudah menjadi hal yang lumrah sekarang ini. Kamu akan dihadirkan dengan beragam pilihan seperti halnya kuliah jurusan asuransi syariah.

Jurusan ini tidak ada pada perguruan tinggi biasa sebab hanya dihadirkan untuk perguruan tinggi Islam. Sehingga kamu akan banyak mempelajari tentang pemasaran namun sesuai dengan ajaran Islam.

Apa Itu Asuransi Syariah?

Sebuah sistem dari asuransi yang melibatkan peserta agar saling menikmati resiko atas menghibahkan sebagian maupun seluruh kontribusinya dana tabarru’. Dana yang telah dihibahkan tersebut untuk mengklaim apabila dikemudian hari mengalami musibah.

Penerapan asuransi berbasis syariah ini, pihak perusahaan bertindak sebagai pemegangnya amanah untuk mengelola serta menerapkan dana atas kontribusinya milik peserta. Dalam hal ini berarti perusahaan hanya bertindak pada koridor operasional serta bukan menjadi penanggung jawabnya.

Perbedaan Asuransi Berbasis Syariah dan Konvensional

Penting saat kuliah jurusan asuransi syariah mempelajari perbedaan keberadaannya dengan asuransi konvensional. Salah satu yang nampak terlihat antara asuransi berbasis syariah dan konvensional yakni pada prinsip dasarnya.

Pada asuransi konvensional mempunyai kesepakatan kedua belak pihak dalam menyediakan jaminan atas suatu yang sudah terbukti. Akan tetapi untuk asuransi berbasis syariah tidak mengenal dana hangus seperti halnya konvensional, perbedaan lainnya yakni tidak diperbolehkan uang dalam bisnis bertentangan dengan ajaran Islam.

Tujuan Mempelajari Asuransi Berbasis Syariah dalam Kuliah

Asuransi Islami ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan serta perjuangan dari umat Islam. Hal ini berkaitan dengan pengemban misi aqidah, misi iqtishodi, misi ibadah, dan misi keumatan.

Dengan kamu mempelajari asuransi ini dalam jurusan perguruan tinggi maka akan memahami bagaimana sistem kerja asuransi berbasis syariah yang berbeda dengan konvensional. Jadi tujuan utamanya yakni bukan untuk mendapatkan laba besar seperti yang dilakukan oleh asuransi konvensional.

Hukum Asuransi Basis Syariah

Hukum asuransi berbasis syariah adalah panduan yang tidak memperbolehkan adanya tindakan praktik tidak sesuai dengan asuransi secara syariah di Indonesia. Pada penerapannya perusahaan asuransi sendiri akan berdiri dan melakukan kegiatannya sesuai dengan ajaran hukum Islam.

Hukum yang digunakan sesuai dengan syariat Islam namun sudah diisyaratkan dan disepakati juga oleh pemerintah. Meskipun begitu masih perlu pertimbangan dari berbagai macam sisi atas hukum yang dibagi dalam beberapa sumber tertentu.

Baca Juga Artikel Lain Tentang Program Studi dan Universitas

Daftar Jurusan Kuliah University of Cambridge
Daftar Jurusan Kuliah di Stanford University
Daftar Jurusan Kuliah di Harvard University
Daftar Jurusan Kuliah Tsinghua University
Daftar Program Studi di University of Edinburgh
Daftar Jurusan Kuliah University of Tokyo (UTokyo)
Daftar Jurusan Kuliah Nanyang Technological University (NTU)

Konsep Asuransi Basis Syariah

Terdapat beberapa hal yang menjadikan prinsip dari asuransi berbasis syariah. Seperti halnya tidak membantu dalam penggunaan dana Tabarru’ yang kemungkinan besar dananya itu dipinjamkan pada peserta tanpa adanya paksaan dari berbagai pihak.

Selain itu dana yang telah disetorkan tersebut akan hangus jika masa tanggungan milik peserta sudah habis dan akan segera dikembalikan. Setiap prosedur yang ada pada asuransi basis syariah dilandasi dengan adanya akad sesuai ajaran syariat Islam.

Akad dalam Asuransi Basis Syariah

Semua perusahaan asuransi basis syariah yang ada di Indonesia melakukan prosedur dengan menggunakan landasan akad sesuai ketentuan syariat Islam. Sebagai mahasiswa kuliah sangat penting kamu kamu mengetahui beberapa akad yang seringkali digunakan pada asuransi berbasis syariah secara nyatanya di perusahaan:

Akad Tabarru’

Salah satu akad yang ada pada asuransi berbasis syariah yang mana setiap peserta akan memberikan hibahnya dalam bentuk premi. Caranya melalui dana tabarru’ yang nantinya digunakan dalam membantu orang lain saat terkena musibah.

Dalam hal ini maka perusahaan asuransi basis syariah bekerja untuk mengelola dana hibah dengan baik. Setiap yang dilakukan harus sesuai ajaran dan ketentuan syariat Islam.

Akad Tijarah

Akad tijarah dari asuransi berbasis syariah yakni antara peserta dan perusahaan dengan tujuan komersialnya.

Akad Wakalah bil Ujrah

Akad dalam asuransi berbasis syariah yang mana para pesertanya akan memberikan pengelolaan pada perusahaan asuransi. Hal ini guna mengelola dana dari investasi yang mana perusahaan akan mendapatkan ketidakseimbangan berupa upah.

Akad Mudharabah

Akad dalam perusahaan asuransi sesuai dengan syariat Islam yakni memberikan kuasa pada peusahaan sebagai mudharib. Kuasa tersebut untuk mengelola dana investasi dengan adanya ketidakseimbangan dari hasil atau nisab sesuai kesepakatan yang sudah ada sebelumnya.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke United Kingdom
Cara Kirim Uang ke Rusia
Cara Kirim Uang ke Jerman
Cara Kirim Uang ke Belanda
Cara Kirim Uang ke Prancis
Cara Kirim Uang ke Spanyol
Cara Kirim Uang ke Amerika Serikat
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina

Mengenal Jenis-Jenis Asuransi Basis Syariah Dalam Kuliah

Setiap perusahaan asuransi basis syariah memberikan pilihan mengenai produk asuransinya. Berikut ini beberapa jenis dari asuransi berbasis syariah yang bisa kamu ketahui:

Takaful individu

Jenis produk yang memberikan perlindungan serta pembuatan perencanaan dan sifatnya cukup pribadi. Jenis ini juga dibagi dalam beberapa pilihan seperti takaful dana investasi basis syariah, takaful dana haji, takaful dana siswa dan takaful dana jabatan.

Kelompok takaful

Produk yang dihadirkan oleh perusahaan asuransi berbasis syariah dengan memberikan perlindungan serta perencanaan bersifat kelompok di dalam perusahaan. Jenis kelompok tafakul terdapat pilihan seperti halnya tafakul al-khaiat atau tabungan haji, tafakul kecelakaan siswa, tafakul wisata dan perjalanan, tafakul kecelakaan group dan tafakul pembiayaan.

Tafakul umum

Jenis dari produk asuransi oleh perusahaan syariah yang mana memberikan perlindungan serta perencanaan bersifat umum. Sama seperti jenis yang lain dan kali ini juga mempunyai pilihan seperti tafakul kebakaran,tafakul kendaraan bermotor, tafakul rekayasa, tafakul pengangkutan dan tafakul rangka kapal.

Manfaat Mempelajari Asuransi Basis Syariah di Kuliah

Mengenal prinsip tolong menolong

Dalam asuransi kali ini kamu akan memahami pengamalan dari hukum syar’i yakni risk sharing. Resiko yang peserta telah bayarkan uang untuk kontribusi atas dana akan dikelola oleh pihak perusahaan.

Kemudian dana disalurkan kembali pada peserta yang mengalami musibah atau benar-benar membutuhkan dana. Sehingga asuransi sifatnya sebagai penolong untuk mereka yang membutuhkan duluan.

Memahami esensi kuliah pembahasan bebas riba

Pada asuransi berbasis syariah, akad yang dilakukan mengubah premi dnegan uang yang diklaim. Namun bergotong royong juga untuk sesama peserta.

Jika yang satu terkena musibah maka iuran akan diberikan untuk peserta lain. Sehingga tidak ada uang milik sendiri dan sistem bunga.

Demikianlah beberapa hal pembahasan mengenai kuliah asuransi berbasis syariah yang dapat kamu ketahui. Salah satu jurusan yang memberikan pelajaran sesuai dengan aturan syariat Islam.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Instagram