Strategi Pemasaran Sepatu dengan Membuat Content Marketing

Bagaimana strategi pemasaran sepatu yang tepat? Memasarkan produk sepatu bisa melalui content marketing yang menjadi strategi pemasaran dengan melibatkan konten dari produksi hingga pendistribusian. Pembuatan konten akan memberikan audiens terkesan dan adanya dorongan untuk memutuskan membeli produk.

Dalam menyampaikan materi pada konten usahakan relevan, penting dan mempunyai nilai konsisten sehingga tidak berubah untuk waktu lama. Tujuan pembuatan konten yakni guna menarik perhatian dari para audiens.

Aspek Penting dalam Melakukan Strategi Pemasaran Sepatu

Strategi Pemasaran Sepatu dengan Membuat Content Marketing

Sebelum kamu membuat konten untuk pemasaran pada sepatu maka penting sekali mengetahui beberapa aspek, di antaranya:

1. Sasaran target audiens

Menentukan target audiens adalah suatu hal yang sangat penting untuk kamu lakukan dalam strategi memasarkan produk sepatu. Hal ini agar konten kamu dapat tersampaikan secara lebih fokus dan sasaran target tidak membingungkan.

Maka dari itu penggunaan berbagai macam media bisa menjadi alat untuk mendistribusikan beragam konten. Sehingga mampu menjangkau audiens lebih banyak lagi dan lebih luas asalkan pembuatan kontennya revelan sesuai dengan produk sepatu kamu.

2. Masalah target audiens

Mengetahui masalah di pasaran memang memberikan banyak peluang bagi kamu menjalankan bisnis sepatu. Dari masalah yang ada ketersediaan produk bisa menjadi salah satu solusi tepat bagi masyarakat.

Jadi pastikan kamu menawarkan produk yang bisa memberikan solusi tepat bagi masyarakat atas masalahnya. Dengan begitu besar kemungkinan produk kamu akan terjual lebih banyak dan laris di pasaran.

Baca Juga Artikel Strategi Pemasaran Lainnya dari Transfez

Strategi Pemasaran Digital Lebih Menguntungkan dan Hemat Biaya
Strategi Pemasaran Farmasi dan Persaingan dengan Kompetitor
Strategi Pemasaran Furniture yang Tepat Dijamin Terjual Banyak
Strategi Pemasaran Tempat Hiburan dengan Mengoptimalkan Website
Strategi Pemasaran Skincare dan Kosmetik dengan Video Tutorial
Strategi Pemasaran Handpone untuk Membuat Konsumen Jadi Pelanggan
Strategi Pemasaran UMKM Agar Mampu Bersaing dengan Kompetitor
Strategi Pemasaran Perusahaan Jasa agar Dikenal Oleh Publik
Strategi Pemasaran Perusahaan Manufaktur untuk Sukses ke Depannya
Strategi Pemasaran Ritel Bagi Pemula yang Baru Terjun di Dunia Bisnis

3. Membentuk konten

Strategi pemasaran dengan membuat konten sudah sangat bervariatif mulai dari bentuk foto, video, aplikasi, audio ataupun podcast, artikel dan lainnya. Pastikan kamu bisa membuat ide kreatif dan inovatif dalam membuat konten agar audiens terkesan.

Tentukan terlebih dahulu bentuk ataupun jenis konten yang nantinya akan kamu sajikan kepada para audiens. Hal ini bertujuan guna menyampaikan sesuai tipe dari sasaran target audiens kamu serta tipe bisnis yang sedang dijalankan.

4. Mendistribusikan konten

Terdapat beberapa cara untuk kamu agar bisa mendistribusikan sesuai dengan sasarannya. Cara yang dapat kamu gunakan dalam mendistribusikan yakni dengan platform Youtube, media sosial dengan bentuk feeds ataupun menggunakan email marketing.

Lihat Juga Video Cara Mudah Transfer Uang Ke Luar Negeri

Seperti halnya konten pada produk sepatu ini sangat berpotensi laris jika ditawarkan pada media sosial sebagai media untuk mendistribusikan produk. Kamu bisa membuat konten dalam bentuk feeds gambar, video singkat ataupun infografik.

5. Partisipasi pada konten

Aspek strategi pemasaran yang dapat kamu ketahui lainnya yakni partisipasi terhadap konten. Setelah kamu melakukan unggah konten, maka perlu sekali adanya partisipasi atau keaktifan dari para audiens untuk meramaikan konten yang sudah dibuat.

Bentuk partisipasi ini diharapkan bisa memberikan komentar pada konten, menyebarkan konten, memberikan rating, memberikan review ataupun partisipasi yang lainnya. Untuk mengundang partisipasi atas konten maka perlunya bagi kamu menanggapi pembaca atau komentar yang sudah diberikan.

6. Menunjukkan keunggulan produk

Setiap usaha pasti mempunyai keunggulannya masing-masing seperti hanya produk sepatu yang kamu jual. Selain itu dalam menjalankan usaha tidak akan lepas dengan yang namanya keberadaan kompetitor atau pesaing di pasaran dengan produk sejenis.

Maka dari itu kamu harus membuat strategi pemasaran yang berbeda dengan kompetitor dengan menunjukkan keunggulan yang tidak dimiliki oleh pihak pesaing. Keunikan inilah yang nantinya bisa menarik minat masyarakat untuk membeli produk sepatu kamu.

Langkah Strategi Pembuatan Konten Pemasaran Bisnis Sepatu

Strategi dalam memasarkan konten memang bisa membantu kamu sebagai pemilik usaha untuk mendapatkan traffic yang banyak hingga leads. Agar tujuan kamu dalam pembuatan konten ini bisa tercapai maka perlu langkah yang tepat untuk memulainya.

Berikut di bawah ini terdapat beberapa langkah dalam merencanakan strategi, antara lain:

1. Menetapkan tujuan pemasaran

Dalam membuat konten pemasaran pada produk bisnis sepatu kamu maka penting untuk menetapkan tujuan terlebih dahulu. Tujuan setiap bisnis antara satu orang dan lainnya tentu berbeda, maka dari itu jangan menggunakan sistem ikut-ikutan.

Sesuaikan tujuan dengan diri kamu sendiri dalam menjalankan bisnis produk sepatu dengan mengenali pelanggan terlebih dahulu. Sehingga akan tergali dan menemukan apa tujuan yang sebenarnya kamu cari saat membuat konten pemasaran.

2. Mengidentifikasi target pasar

Melakukan identifikasi target pasar menjadi salah satu strategi pemasaran untuk mengenali audiens. Hal ini akan berguna untuk keberlangsungan bisnis sepatu yang kamu jalankan dalam melakukan eksekusi strategi konten pemasaran.

Informasi berharga dari audiens ini perlu adanya pembaruan secara berkala, mengingat sepatu adalah produk yang terus berkembang dengan model dan kualitas berbeda. Sehingga konten yang kamu berikan bisa relevan mengena pada audiens dan pada akhirnya akan terdorong untuk membeli produk sepatu kamu.

3. Menetapkan medium distribusi konten

Dalam pembuatan konten untuk pemasaran maka penting bagi kamu menentukan platform yang tepat. Sehingga sajian konten pemasaran sesuai dengan target sasaran yang sudah ditentukan dari awal atas sajian produk bisnis kamu.

Konten pemasaran bisa disajikan pada platform media sosial, video marketing, blog atau website, email marketing ataupun platform yang lainnya. Menentukan platform harus kamu sesuaikan dengan target audience agar tepat sasaran.

4. Produksi serta penerbitan konten untuk strategi pemasaran

Jika semua ide konten sudah tertuangkan maka eksekusi dengan membuat konten yang sudah kamu tetapkan. Setelah melalui tahapan pembuatan maka selanjutnya dengan penerbitan dan diunggah pada platform yang sudah ditentukan sebelumnya.

Dalam mengunggah konten, siapkan juga kalender konten agar memudahkan kamu membuat jadwal penerbitan untuk ke depannya. Kalender konten ini dapat digunakan sebagai acuan agar bisa mendistribusikan konten secara rutin dan konsisten.

5. Evaluasi konten

Setelah konten terbit maka penting bagi kamu melakukan audit. Hal ini akan dijadikan sebagai bahan evaluasi apa yang kurang dan harus dilakukan perbaikan untuk konten berikutnya.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Itulah tadi beberapa pembahasan mengenai strategi pemasaran dengan membuat konten produk sepatu. Perhatian setiap aspeknya agar konten bisa menarik perhatian audiens.

Instagram