Jenis-Jenis Inflasi yang Sering Terjadi di Suatu Negara

Jenis-jenis inflasi cukup banyak dan bisa terjadi jika di negara mana saja. Biasanya penyebab dari terjadinya inflasi yaitu kenaikan permintaan setiap produksi yang cenderung lebih tinggi dan kondisi seperti ini terjadi secara terus-menerus.

Baca Juga: Cara Mudah Bertransaksi Bisnis Menggunakan Aplikasi Transfez Bisnis

Kondisi perekonomian yang mengalami inflasi cenderung mengalami perhatian masyarakat bahkan hingga tingkat dunia. Pengaruh terjadinya inflasi ini terbilang sangat besar untuk kondisi ekonomi masyarakat dan tetap ada cara untuk mengatasinya meskipun memang tidak bisa dihilangkan secara sempurna.

Jenis-Jenis Inflasi yang Sering Terjadi di Suatu Negara

 

Jenis-Jenis Inflasi Berdasarkan Tingkat Keparahan

Apabila dilihat dari tingkat keparahannya, terjadinya inflasi ini telah terbagi menjadi 4 jenis yang berbeda mulai dari tingkatan yang lebih ringan hingga paling berat. Berikut ini adalah uraian terkait jenis dari inovasi berdasarkan tingkat keparahan yang biasanya berlangsung pada beberapa negara:

1. Inflasi Ringan

Inflasi ringan merupakan salah satu jenis inflasi yang sangat mudah untuk ditangani dan sistem pengendaliannya cenderung lebih cepat.mengingat inflasi ini cenderung masih ringan tentunya tidak memberikan efek ataupun pengaruh yang cukup besar dan mengganggu pada perekonomian negara hingga masyarakat.

Kondisi yang termasuk ke dalam jenis inflasi ringan yaitu pada saat terjadi kenaikan harga secara umum yang berada di bawah angka 10% setiap bulannya. Dengan demikian pemerintah bisa mengeluarkan kebijakan untuk mengembalikan kestabilan perekonomian masyarakat.

2. Inflasi Sedang

Jenis-jenis inflasi lainnya yaitu inflasi sedang dengan artian bahwasanya sudah terdapat pihak yang merasakan gangguan seperti halnya para karyawan atau pegawai yang mendapatkan gaji tetap setiap bulannya. Hal ini dikarenakan para pegawai ataupun karyawan bisa mendapatkan gaji tetap namun tidak mampu mengimplementasikan gaji yang didapatkan karena harga perekonomian sudah mulai naik.

Pada umumnya untuk tingkat inflasi sedang ini bisa mencapai angka 10% hingga 30% per tahun. Apabila sebuah negara sudah mengalami tingkat inflasi sedang dan tidak dilakukan penanganan maka bisa menimbulkan inflasi yang lebih buruk lagi pada perekonomian masyarakat.

3. Inflasi Berat

Salah satu jenis inovasi berat ini menjadi kondisi yang bisa menyebabkan perekonomian negara menjadi kacau balau. Masyarakat yang biasanya melakukan penyimpanan barang dan tidak lagi mau menabung dalam bentuk uang.

Hal ini dikarenakan bunga yang ditawarkan oleh pihak bank cenderung lebih rendah dibandingkan dengan kondisi sebelum inflasi. Dengan demikian dapat dikatakan bahwasanya inovasi berat ini memiliki kisaran angka mulai dari 30% sampai 100% per tahun.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 50 Negara

Lihat Juga Video Mudahnya Menggunakan Aplikasi Transfez Singapura

4. Hyperinflation

Jenis-jenis inflasi yang biasanya akan muncul karena adanya permintaan barang ataupun jasa yang cenderung cukup tinggi. Meskipun dari permintaan barang ataupun jasa tersebut terbilang sangat tinggi namun produsen harus mampu memenuhi semua permintaan dari konsumen tersebut.

Hal inilah yang dikenal dengan sebutan demand pull inflation. Apabila ternyata produsen tidak mampu memenuhi permintaan tentunya akan berdampak fatal dan mengakibatkan terjadinya inflasi yang berpengaruh pada perekonomian nasional.

Jenis Inflasi Berdasarkan Penyebabnya

Jenis-jenis inflasi tidak hanya dari tingkat keparahan namun juga telah dibedakan dari penyebab yang menjadi faktor pemicunya. Berikut inilah tiga jenis inflasi yang bisa diketahui dari sebab yang memicu timbulnya inflasi di negara:

1. Demand Pull Inflation

Salah satu jenis inovasi ini akan muncul dikarenakan terdapat permintaan barang ataupun jasa yang cenderung lebih tinggi. Akan tetapi dalam hal ini ternyata produsen tidak bisa memenuhi permintaan atas barang ataupun jasa karena di luar batas kemampuannya.

Sedangkan untuk stok barang yang ada di gudang relatif tetap dan tidak mengalami peningkatan sedikitpun. Sehingga besar kemungkinan menjadikan pasar perekonomian masyarakat mengalami kekacauan dan terjadi inflasi begitu saja.

2. Cost Push Inflation

Jenis inflasi yang dilihat dari penyebabnya dan biasanya inflasi ini akan muncul ataupun timbul karena terdapat kenaikan pada biaya produksi. Biaya produksi yang dibutuhkan dan cenderung meningkat akan menyebabkan harga penawaran atas barang ataupun jasa juga mengalami kenaikan pula.

Pada kondisi inilah akan terjadi cost push inflation karena tidak ada keseimbangan antara permintaan dan penawaran. Terlebih ketika harga penawaran cenderung lebih mahal tentunya masyarakat juga akan berpikir ulang untuk membelinya.

Baca Juga Artikel Tentang Bisnis Lainnya dari Transfez

Bisnis Jasa Desain Grafis
Bisnis Jasa Gestun
Bisnis Jasa Hukum
Bisnis Jasa Hiburan
Bisnis Jasa Kebersihan

3. Bottle Neck Inflation

Kondisi yang ditimbulkan karena terdapat faktor penawaran dan permintaan di pasar. Jenis inflasi yang satu ini menjadi salah satu inovasi bentuk campuran dari demand pull inflation dan cost push inflation yang menjadikan inflasi ini bisa ada.

Jenis-Jenis Inflasi Dilihat Dari Sumber

Jenis inflasi juga bisa dilihat dari sumbernya yang mana terbagi menjadi dua jenis. Pada jenis inflasi yang dilihat dari sumbernya terdapat domestic inflation dan imported inflation.

Berikut inilah beberapa uraian terkait jenis inflasi yang dilihat dari sumbernya yaitu domestic inflation dan imported inflation:

1. Domestic Inflation

Pada jenis inflasi yang satu ini merupakan salah satu kondisi ataupun situasi yang bersumber dari dalam negeri itu sendiri. Terjadinya sebuah inflasi biasanya disebabkan oleh adanya jumlah uang yang ada di masyarakat cenderung lebih besar atau lebih banyak dibandingkan dengan kebutuhan masyarakat dalam menggunakan uang.

Peredaran jumlah uang yang terlalu banyak di masyarakat dan tidak seimbang dengan kebutuhan masyarakat tentunya memberikan efek yang sangat buruk dan menimbulkan inflasi berkepanjangan. Apabila dalam hal ini pemerintah tidak mampu mengeluarkan kebijakan tentunya akan membuat gejolak yang cukup besar dan menyebabkan perekonomian nasional menjadi tidak stabil dan bahkan memburuk seiring berjalannya waktu.

2. Imported Inflation

Pada jenis inflasi yang dilihat dari sumbernya salah satunya yaitu importir inflation dengan bersumber dari luar negeri. Inflasi yang terjadi pada sebuah negara ini dapat terjadi dan disebabkan oleh adanya negara yang telah melakukan jual beli secara bebas kemudian terdapat kenaikan harga di luar negeri.

Dengan demikian harga jual tentunya juga akan melambung tinggi dan membuat masyarakat tidak mampu mencapai harga tersebut karena terbilang lebih mahal. Kenaikan harga jual memberikan pengaruh yang sangat buruk terhadap perekonomian masyarakat, terlebih bagi masyarakat yang bekerja sebagai karyawan atau pegawai dengan pendapatan tetap tentunya akan bergejolak karena tidak mampu memenuhi kebutuhan pokok setiap hari.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store
350px appstore

Demikianlah beberapa pembahasan terkait jenis-jenis inflasi yang dapat kamu ketahui berdasarkan tingkat keparahan, dari segi penyebabnya serta dari sumber yang menyertainya. Inflasi bisa terjadi pada negara maju ataupun berkembang dan tidak memandang sistem perekonomian pada setiap negara itu sendiri.

Instagram