Investasi Syariah Terbaik dan Jenis-Jenis Investasi yang Bisa Dipilih

Jika ingin terjun langsung di dunia investasi syariah terbaik maka penting sekali mengetahui apa saja jenis investasi yang mendukung. Sebab investasi secara syariah mengusung nilai dan prinsip sesuai dengan ajaran agama Islam.

Baca Juga Artikel Cara Mengelola Gaji Lainnya dari Transfez

Cara Mengelola Gaji 10 Juta untuk Mulai Menabung dan Investasi
Cara Mengelola Gaji Pendapatan 5 Juta dan Penggunaan yang Tepat
Cara Mengelola Penghasilan Gaji 3 Juta pada Kehidupan Rumah Tangga
Cara Mengatur Gaji 2 Juta Agar Cukup untuk Kebutuhan Satu Bulan
Cara Mengatur Gaji Harian untuk Memenuhi Kebutuhan Sehari-hari

Pada investasi secara syariah yang banyak dipilih ini tidak mempunyai unsur praktik riba, minim dengan risiko ataupun bermanfaat bagi nasabah yang turut serta. Dalam hal ini terdapat beberapa jenis investasi secara syariah yang dapat dipilih oleh investor dengan kegiatan halal.

Jenis Investasi Syariah Terbaik

Investasi Syariah Terbaik dan Jenis-Jenis Investasi yang Bisa Dipilih

Bagi Anda yang tidak ingin terjun di dunia investasi konvensional maka bisa memilih investasi secara syariah. Pada jenis investasi yang satu ini tidak ada unsur riba dan lurus sesuai ajaran agama Islam.

Jenis dari investasi yang dilakukan tanpa riba ini memiliki berbagai macam jenis dan bisa Anda pilih sesuai dengan kemampuan atau kebutuhan. Inilah daftar investasi untuk mendapatkan keuntungan tanpa melakukan riba:

1. Saham Syariah

Pada dasarnya saham merupakan surat berharga sebagai bukti atas kepemilikan modal dari pemegang saham pada sebuah perusahaan yang diikuti. Dari pemegang saham inilah mempunyai hal guna mendapat imbal hasil dari perusahaan yang ditanamkan modal atau dilakukan pembelian saham perusahaan.

Saham tersebut memiliki dua jenis yakni saham konvensional dengan keleluasaan dari pihak investor dalam melakukan pembelian saham perusahaan sesuai keinginan baik itu memang halal ataupun non halal. Sementara untuk saham syariah ini dari investor hanya bisa melakukan pembelian saham perusahaan dengan menjual produk halal ataupun tidak bertentangan pada ajaran agama.

2. Sukuk atau Obligasi Syariah

Dalam artian secara harfiahnya, sukuk ini sebenarnya berasal dari bahasa Arab artinya instrumen legal. Sukuk ini sebuah investasi syariah terbaik yang digunakan sebagai deskripsi surat berharga untuk jangka panjang dan menggunakan prinsip syariah.

Sukuk tidak mengenal adanya isilah kupon bunga seperti yang dilakukan pada obligasi dan investasi halal ini menganggap bahwa riba merupakan transaksi piutang. Dengan demikian obligasi syariah atau yang dikenal dengan sukuk menyebut bunga tersebut dengan bagi hasil.

3. Reksadana Syariah

Cara kerja untuk investasi reksadana syariah dan konvensional pada dasarnya adalah sama yakni dari manajer investaso akan melakukan pengelolaan pada dana milik investor. Akan tetapi, terdapat perbedaan antara keduanya, untuk reksadana syariah hanya bermain pada sebuah perusahaan dengan mengusung label halal.

Reksadana syariah juga sudah resmi diawasi oleh OJK serta DPS atau Dewan Pengawas Syariah. Mereka terjun langsung di lapangan investasi untuk memberikan bantuan pada manajer investasi guna mengembangkan produk investasi secara syariah tersebut.

Baca Juga Artikel Tentang Investasi Lainnya dari Transfez

Cara Investasi Saham Luar Negeri
Cara Memulai Investasi Properti Rumah Kontrakan
Cara Memulai Investasi untuk Pengantin Baru
Cara Memulai Investasi dari Nol

4. Deposito Syariah

Bagi Anda yang ingin menjalankan investasi syariah terbaik sekarang ini sangat mudah terlebih bagi pemula, konsep invetasinya seperti dengan menabung yakni menyimpan uang di bank. Perbedaan antara deposito syariah ini harus menggunakan akad mudharabah yang nantinya memberi bagi hasil dibandingkan dengan bunga.

Saat nantinya Anda membuka rekening deposito syariah maka akan membuka bentuk kesepakatan bersama pihak bank mengenai nisbah yang nantinya diberikan pada akhir periode masa deposito. Dengan kesepatan di awal akan membuat Anda dan pihak bank tidak saling berebut mengenai jumlah hasil yang nantinya didapatkan.

5. Emas

Investasi syariah terbaik yang sangat aman dan jauh dari kata riba salah satunya adalah memilih investasi emas sebagai penanaman modal tidak kasat mata namun tetap bisa dikelola sendiri dengan baik. Akan tetapi di sejumlah negara, emas merupakan nilai tukar yang menjadikannya tidak sesuai dengan syariat agama Islam dan di Indonesia menanbung emas merupakan mubah atau dianjurkan.

Jenis investasi yang satu ini sudah sangat populer sejak dulu mengingat pergerakan pada harga emas cenderung lebih stabil. Kemudahan menabung emas yang aman pun bisa denga mudah dirasakan hanya melalui online sehingga tidak perlu menyimpannya di dalam brankas.

6. Properti Syariah

Investasi dalam menggunakan sistem syariah salah satunya pada bidang property, invetasi tanah ataupun bangunan termasuk halal dalam ajaran agama Islam sehingga bentuknya tidak hanya uang. Hal ini dikarenakan tidak hanya mampu memberi uang demi mendapatkan keuntungan dalam jumlah banyak namun bisa dengan menyewakan ataupun menjual di kemudian hari.

Akan tetapi dalam investasi ini membutuhkan perhitungan, nilai jual tanah ataupun bangunan makin mengalami kenaikan pada setiap tahunnya. Dengan demikian tidak ada hasil riba dan tidak menyalahi aturan agama, bahkan investasi properti syariah mampu mendatangkan penghasilan secara tetap jika bangunan dijadikan sebagai kost ataupun rumah sewa.

7. P2P Lending

Salah satu perusahaan fintech yang terjun dalam peminjaman modal dan kegiatan investasi menguntungkan ini ternyata juga menyediakan investasi secara syariah. Peer to Peer Lending merupakan konsep pendanaan yang bsia mempertemukan antara kedua belak pihak baik itu pemberi pinjaman ataupun pencari pinjaman.

Lihat Juga Video Cara Mudah Melakukan Pengiriman Uang Ke Luar Negeri

Dari jumlah P2P Lending yang ada di Indonesia sekarang ini banyak tersedia produk syariah dengan ketersediaan dana yang tidak berhubungan dengan kegiatan non halal. P2P Lending syariah bisa menjadi salah satu pilihan jika ingin mendapatkan keuntungan melalui cara yang benar tanpa riba.

Keuntungan Mimilih Investasi Syariah Terbaik

Sistem bank syariah lebih menguntungkan dibandingkan bank yang pada bidang konvensional. Terlebih sekarang ini kesadaran masyarakat terkait kegiatan investasi sudah semakin tinggi guna mempersiapkan masa depan.

Dengan demikian investasi secara syariah pun juga dilirik oleh kalangan muslim karena memperhatikan unsur halal di dalamnya. Keuntungan yang dapat dirasakan dengan memilih investasi secara syariah pada dasarnya sangat banyak, di antaranya:

• Bebas dari unsur riba
• Minim tingkat risikonya
• Terdapat manajeman secara Islami
• Investasi halal
• Mengedepankan kegiatan sosial bukan hanya mencari keuntungan semata.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

play store small
app store small

Demikianlah beberapa penjabaran terkait jenis investasi syariah terbaik yang dapat dipilih oleh kalangan masyarakat. Investasi jenis ini memiliki banyak keuntungan bagi Anda yang tidak menyukai kegiatan mengandung riba atau ada unsur non halal.