Cara Gadai Emas Bank Syariah Indonesia, Syarat dan Keuntungannya

Bagaimana cara gadai emas Bank Syariah Indonesia? Sebagai bentuk pemberian layanan terbaik bagi nasabahnya, Bank Syariah Indonesia menghadirkan berbagai macam produk layanan. Salah satunya yang terbaru adalah cara gadai emas bank Syariah Indonesia.

Sebenarnya cara untuk menggadaikan emas mempunyai banyak pilihan yang bisa digunakan oleh nasabah. Namun melalui Bank Syariah Indonesia bisa lebih mudah dengan proses yang sangat cepat.

Apa Itu Gadai Emas?

Cara Gadai Emas Bank Syariah Indonesia, Syarat dan Keuntungannya

Gadai emas merupakan salah satu produk layanan jenis pembiayaan milik Bank BSI dengan menggunakan jaminan utama berupa emas. Hal ini menjadi cara alternatif dalam mendapatkan uang tunai melalui proses yang cepat dan hanya membutuhkan syarat yang terbilang sangat ringan.

Baca Juga Artikel Tentang Bank Syariah Indonesia (BSI) Lainnya dari Transfez

Cara Cek Mutasi Rekening Bank Syariah Indonesia Lewat BSI Mobile dan ATM
Cara Aktivasi BSI Mobile Banking dan Limit Transaksi Maksimal
Call Center Bank Syariah Indonesia Via Telepon, Media Sosial dan Email
Jenis Tabungan Bank Syariah Indonesia dan Keunggulan Produknya

Tidak heran banyak masyarakat yang memilih Bank Syariah Indonesia dalam membantu mengatasi masalah keuangan mereka. Sebab layanan ini memang diperuntukkan bagi masyarakat yang butuh uang mendadak dengan adanya jangka waktu tempo pelunasan atas gadai emas.

Keunggulan Cara Gadai Emas Bank Syariah Indonesia

Kamu sebagai nasabah bisa memanfaatkan emas sebagai bentuk solusi untuk memenuhi kebutuhan dengan cara yang mudah, aman dan pastinya cepat. Namun perlu diketahui sebelumnya bahwa terdapat banyak keunggulan yang bisa dirasakan oleh nasabah dengan menggadai emas di Bank Syariah Indonesia.

Keunggulan tersebut didukung dengan banyaknya fasilitas pembiayaan sebagai berikut:

• Nilai taksirannya emas lebih tinggi daripada di tempat lain
• Biayanya sangat ringan
• Emas akan disimpan dengan aman di Bank Syariah Indonesia
• Mendapatkan layanan nyaman dari pegawai Bank Syariah Indonesia
• Tersedia perpanjangan otomatis ketika waktunya jatuh tempo.

Akad Gadai Emas Bank Syariah Indonesia

Cara gadai emas Bank Syariah Indonesia harus melalui akad terlebih dahulu. Fasilitas pembiayaan ini menggunakan akad Qardh dalam rangka Rahn.

Dalam hal ini akad Qardh merupakan akad yang digunakan untuk memberikan pinjaman dari pihak bank kepada nasabahnya dan disertai adanya penyerahan tugas supaya bank bisa menjaga dengan baik barang yang telah diserahkan. Sementara itu untuk biaya pemeliharaannya menggunakan akad Ijarah.

Syarat dan Ketentuan Pembiayaan Gadai Emas di Bank Syariah Indonesia

Sedangkan dalam pembiayaan gadai emas yang dapat dilakukan di Bank Syariah Indonesia terdapat syarat dan ketentuan yang wajib dipenuhi oleh nasabah. Berikut inilah beberapa syarat dan ketentuan yang bisa diperhatikan para nasabah sebelum menggadaikan emas di Bank Syariah Indonesia agar pengajuannya diterima:

• Menyediakan kartu identitas nasabah yang akan menggadaikan emas
• Pembiayaan yang dilakukan mulai dari Rp 500 ribu
• Jaminan gadai emas tentu dengan menggunakan emas perhiasan atau pun emas batangan
• Jangka waktu hanya 4 bulan namun bisa diperpanjang ataupun bisa dengan cara menggadai ulang setelah dilakukan proses penaksiran serta sudah lunas biaya gadai atas pengajuan sebelumnya.

Cara Gadai Emas Bank Syariah Indonesia

Dengan kamu mengetahui beberapa pengertian, keunggulan, akad gadai hingga syarat dan ketentuan maka langkah berikutnya ketahui bagaimana cara melakukan gadai emas. Cara melakukan pengajuan pada fasilitas pembiayaan gadai emas bisa dilakukan dengan mengikuti beberapa tahapan, simak uraiannya di bawah ini:

• Langkah pertama yang harus dilakukan adalah datang ke kantor cabang BSI terdekat di kota kamu
• Saat berada di kantor BSI silahkan langsung datang menemui petugas dan menyampaikan bahwasannya kamu ingin gadai emas perhiasan ataupun batangan yang dimiliki
• Dengan begitu petugas akan membantu setiap proses sampai selesai. Langkah berikutnya, petugas akan meminta kamu mengisikan formulir gadai barang yang telah disediakan oleh bank BSI
• Isilah formulir tersebut dengan benar dan lengkap, jika ada yang kurang dipahami bisa langsung menanyakan kepada petugas yang sedang menangani bagian gadai emas
• Apabila formulir sudah terisi semua silahkan serahkan pada petugas bersamaan dengan emas yang telah kamu bawa dari rumah
• Setelah itu pihak petugas akan melakukan penghitungan atas emas salah satunya pada estimasi harga emas tersebut
• Apabila sudah maka petugas akan menginformasikan terkait estimasi dari harga emas milikmu
• Jika sudah ada kesepakatan harga maka langkah berikutnya kamu akan dimintai untuk menandatangani kontrak gadai emas sebagai cara gadai emas Bank Syariah Indonesia yang sah
• Prosesnya selesai dan bawalah pulang uang tunai yang bisa didapatkan dari gadai emas di Bank Syariah Indonesia.

Pertimbangan Ketika Menggadai Emas

Sebelum melakukan cara gadai emas Bank Syariah Indonesia sebaiknya pertimbangkan akan beberapa hal yang memiliki plus dan minus dan sebagai media perencanaan keuangan lebih baik tidak menggadai emas untuk kegiatan investasi.

Jika memang dalam kondisi mendesak kamu bisa memanfaatkan gadai emas ini sebagai tambahan dana darurat. Gadai merupakan hutang atau pembiayaan untuk jangka pendek maka harus dimanfaatkan dengan bijak dan untuk kebutuhan yang memang penting.

Berikut inilah beberapa pertimbangan yang perlu dipikirkan oleh nasabah sebelum menggadaikan emas:

• Terdapat beda atau selisih harga ketika membeli dan harga saat akan dijual, terlebih dalam hal ini menggunakan acuan harga dari emas antam. Artinya, nasabah bisa menjual emasnya ini dengan harga yang sama seperti harga emas antam atau bahkan lebih kecil, sebab jarang sekali ada toko perhiasan atau emas batangan yang membelinya di atas harga antam pada umumnya.

• Terdapat biaya tambahan berupa margin, administrasi, dan ongkos kirim ketika melakukan pembelian emas.

Lihat Juga Video Cara Mudah Melakukan Pengiriman Uang Ke Luar Negeri

Bank Penyedia Layanan Jasa Gadai Emas untuk BSI

Cara gadai emas di Bank Syariah Indonesia yang sangat mudah menjadi salah satu hal yang dipertimbangkan oleh nasabah. Untuk memilih bank syariah cukup banyak namun dari beberapa pengalaman yang sudah menggadai emas terdapat 3 Bank Syariah Indonesia yang memberikan keuntungan bagi nasabahnya.

Ketiga Bank Syariah Indonesia penyedia layanan gadai emas di antaranya:

• Bank Syariah Mandiri
• BNI Syariah
• BJB Syariah

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

play store small
app store small

Demikianlah penjelasan mengenai cara gadai emas Bank Syariah Indonesia yang sangat mudah. Namun perhatikan setiap syarat dan ketentuan pengajuan agar bisa diterima oleh Bank Syariah Indonesia.

Instagram