beberapa hal penting sebelum kirim uang ke luar negeri

Mengirim uang ke luar negeri adalah proses yang memerlukan informasi mendalam sebelum dilakukan. Baik itu kirim uang ke luar negeri untuk keperluan bisnis, pendidikan, maupun bantuan kepada keluarga atau teman.

Pengiriman uang dari dan ke luar negeri saat ini tentu saja bukan hal yang baru. Terutama bagi sebagian warga di tanah air yang memiliki kepentingan tertentu, sehingga harus melakukan transaksi keuangan tersebut sewaktu-waktu.

Yang perlu dipastikan, sebelum melakukan pengiriman uang, ada beberapa hal penting yang sebaiknya diketahui dan diperhatikan agar transaksi berjalan lancar dan aman. Untuk dapat mengetahuinya, berikut adalah lima hal yang harus dipertimbangkan sebelum mengirim uang ke luar negeri.

Baca juga: Tinggalkan Cara Lama, Yuk Beralih ke Aplikasi Transfer Uang Antar Negara yang Lebih Hemat

Pilih Metode Pengiriman yang Tepat

hal penting sebelum kirim uang ke luar negeri, pilih metode

Sebagian orang yang awam tentu saja pertama kali akan menanyakan seperti apa saja metode untuk melakukan pengiriman uang ke negara yang berbeda. Apalagi saat ini ada beberapa metode yang bisa dipilih untuk kirim uang ke luar negeri, tepatnya ke negara manapun di dunia.

Secara umum memang terdapat berbagai metode untuk kirim uang ke luar negeri, seperti transfer bank, layanan pengiriman uang online, atau melalui agen pengiriman uang. Yang mana sudah tentu setiap metode tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan, termasuk biaya, kecepatan, dan kemudahan penggunaan.

Oleh sebab itu sangat penting untuk membandingkan berbagai opsi di atas dan memilih metode yang paling sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Misalnya, jika membutuhkan pengiriman yang cepat, maka dapat dikatakan bahwa layanan online mungkin lebih efisien, sementara layanan transfer bank di sisi lain bisa lebih aman untuk mengirim uang dalam jumlah yang besar.

Perhatikan Biaya dan Kurs Pertukaran

Bagi yang hendak kirim uang ke luar negeri, perlu juga untuk mengetahui bahwa setiap metode pengiriman uang biasanya dikenakan biaya yang berbeda. Selain hal tersebut, patut dipahami bahwa biaya ini dapat mempengaruhi jumlah uang yang diterima oleh penerima.

Dalam hal ini, kurs pertukaran mata uang juga berperan penting dalam menentukan berapa banyak uang yang akan diterima di negara tujuan. Karena itulah pastikan untuk menghitung total biaya dan memahami kurs yang berlaku agar tidak terkejut dengan jumlah yang diterima oleh penerima.

Kebanyakan bagi mereka yang masih awam tidak mengetahui informasi ini sehingga terkejut saat jumlah dana yang diterima tidak sesuai dengan harapan atau perkiraan di awal. Lain halnya jika sudah mendapatkan informasi lebih dulu, tentunya hal ini bisa dihitung secara cermat sehingga penerima dana menerima sejumlah uang yang telah ditentukan semula.

Baca juga: Daftar Simbol Mata Uang Dunia Lengkap

Verifikasi Identitas Penerima Saat Kirim Uang ke Luar Negeri

verifikasi identitas adalah salah satu hal penting sebelum kirim uang ke luar negeri

Sebelum mengirim uang, penting untuk memverifikasi identitas penerima. Pastikan mengirim uang kepada orang yang tepat dan bahwa informasi yang dimiliki, seperti nama, alamat, dan nomor rekening, adalah akurat.

Kesalahan dalam informasi penerima dapat menyebabkan uang hilang atau terkirim ke tempat yang salah. Sehingga pada akhirnya kekurangan informasi tersebut dapat merugikan baik pihak pengirim dana maupun pihak penerima dana.

Selain itu apabila memungkinkan, gunakan metode yang memerlukan verifikasi identitas penerima untuk mengurangi risiko penipuan. Terutama pada masa sekarang ini kejahatan cyber semakin canggih sehingga diperlukan sistem verifikasi yang lebih aman dan optimal.

Dengan melakukan verifikasi identitas sebaik mungkin, maka resiko mengalami penipuan dalam proses kirim uang ke luar negeri dapat dihindari semaksimal mungkin.

Pahami Regulasi dan Kebijakan Negara Tujuan

regulasi kirim uang ke luar negeri

Setiap negara memiliki regulasi dan kebijakan yang berbeda terkait pengiriman uang dari luar negeri. Bagi pihak pengirim dana maupun pihak penerima dana sebaiknya memahami regulasi tersebut sebelum memutuskan untuk kirim uang ke luar negeri.

Perlu diketahui bahwa beberapa negara mungkin memiliki batasan jumlah uang yang dapat diterima, atau memerlukan dokumen tertentu untuk transaksi. Karena itu sebisa mungkin mentaati aturan yang terkait dengan hal ini.

Sebelum mengirim uang, pastikan agar benar-benar memahami aturan yang berlaku di negara tujuan agar tidak mengalami masalah saat penerima mencoba mengakses dana tersebut. Dengan mengetahui serta memahami aturan sebaik mungkin, maka proses kirim uang tentunya akan berjalan lancar sesuai dengan keinginan.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Lebih dari 70+ Negara

Simpan Bukti Transaksi Saat Kirim Uang ke Luar Negeri

Bukti transaksi merupakan salah satu hal yang penting dalam proses kirim uang ke luar negeri. Maka dari itu sebaiknya setelah melakukan pengiriman uang, simpan semua bukti transaksi, termasuk nomor referensi, kwitansi, dan informasi lainnya.

Bukti ini penting jika terjadi masalah, seperti keterlambatan pengiriman atau jika penerima tidak menerima uang. Dengan memiliki bukti transaksi, maka nantinya para pihak yang terkait dapat menghubungi penyedia layanan untuk menyelesaikan masalah yang mungkin timbul dalam proses kirim uang ke luar negeri tersebut.

Kebanyakan orang sering menyepelekan hal tersebut sehingga pada akhirnya tidak memiliki bukti transaksi secara lengkap. Padahal hal ini sangat membantu apabila terjadi hal-hal yang di luar keinginan atau di luar rencana.

Apabila menghindari untuk menyimpan bukti transaksi secara fisik, maka opsi untuk menyimpan bukti transaksi secara elektronik juga dapat dilakukan. Sehingga dengan demikian maka setiap transaksi dapat disimpan rapi dan digunakan apabila nanti diperlukan.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Dari penjelasan yang diberikan di atas, terlihat bahwa kirim uang ke luar negeri memerlukan perhatian dan persiapan yang matang. Dengan mempertimbangkan lima hal penting di atas, tentunya kalian semua dapat memastikan bahwa proses pengiriman uang berjalan dengan lancar dan aman.

Ingatlah untuk selalu melakukan riset sebelum kirim uang ke luar negeri, dan pilihlah opsi yang paling sesuai dengan kebutuhan kalian untuk menghindari masalah di kemudian hari. Dengan demikian nantinya proses kirim uang berjalan dengan baik dan memberikan banyak manfaat bagi kedua belah pihak yang terlibat, pengirim maupun penerima dana.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara