pengertian kwitansi

Dalam melakukan kegiatan ekonomi tidak akan lepas dengan kehadiran dari kwitansi. Pengertian dalam transaksi yakni sebagai bukti pembayaran yang sah.

Saat melakukan transaksi produk ataupun jasa bukti ini menjadi sangat penting apalagi jika nilainya terbilang cukup besar. Selain itu juga mempunyai kekuatan hukum jika diberikan materai.

Pengertian Kwitansi

Suatu dokumen yang dijadikan sebagai alat bukti telah terjadi pembayaran ataupun penerimaan sejumlah uang. Surat ini dikeluarkan dan ditanda tangani oleh pihak penerima uang, lalu diserahkan pada pihak pemberi uang atau yang membayarkan.

Surat ini juga bisa diteken dengan kedua belah pihak guna memperkuat sisi legalitasnya. Surat ini fungsinya untuk memudahkan pencatatan pada arus kas yang masuk maupun keluar di dalam catatan pembukuan.

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membuat Surat Bukti

Jika ingin membuat atau menggunakan surat bukti pembayaran guna melengkapi kebutuhan akan transaksi maka perlu sekali untuk kamu memperhatikan beberapa hal berikut ini:

Menghindari teken kosong

Dalam membuat surat bukti transaksi pastikan tidak memberikan surat dengan teken kosong agar bukti dari tanda tangan kamu tidak disalahgunakan oleh mereka yang tidak bertanggungjawab. Dengan adanya bubuhan tanda tangan maka akan terlihat nama dari surat bukti asli atau dipalsukan guna tindak kejahatan.

Menulisnya secara lengkap

Dalam penulisan bukti transaksi penting bagi kamu menuliskan secara detail dan lengkap. Seperti halnya memperhatikan penulisan nama lengkap dari pihak penerima uang ataupun pemberi uang.

Menambahkan pengertian tanda di akhir tulisan

Dalam pembuatan atau penulisan kwitansi jangan lupa untuk menambahkan tanda pada bagian akhir tulisan. Seperti halnya “untuk pembayaran” yang mempunyai tujuan agar tidak dapat ditambahkan lagi dengan penjelasan ataupun kalimat lain di luar dari kegiatan transaksi tersebut.

Mencantumkan nama tempat dan tanggal

Menguatkan bukti transaksi juga bisa dengan mencantumkan kelengkapan nama tempat dan tanggal dari kegiatan transaksi tersebut. Biasanya nama tempat dan tanggal ini berada di dekat tanda tangan pihak penerima uang.

Surat bukti bermaterai tanda tangan harus mengenainya

Jika uang yang digunakan untuk transaksi tersebut mempunyai nilai cukup besar maka harus menggunakan materai. Dengan begitu pembuatan tanda tangan dari pihak penerima uang haruslah mengenai materai tersebut.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke United Kingdom
Cara Kirim Uang ke Rusia
Cara Kirim Uang ke Jerman
Cara Kirim Uang ke Belanda
Cara Kirim Uang ke Prancis
Cara Kirim Uang ke Spanyol
Cara Kirim Uang ke Amerika Serikat
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina

Mengenali Ciri-Ciri Penggunaan Kwitansi

Surat bukti transaksi yang sah untuk digunakan ini mempunyai beberapa ciri-ciri. Inilah ciri-ciri yang harus kamu pahami sehingga nantinya tidak bingung ketika harus menggunakannya:

Surat bukti transaksi memiliki 2 sisi

Pada umumnya sebagai surat bukti transaksi ini hadir dengan adanya dua sisi yaitu sisi bagian luar dan sisi atas bawah. Pada bagian sisi luar yang ada di sebelah kiri namanya sub kwitansi.

Sub ini mempunyai kegunaan untuk tanda bukti si pihak penerima uang. Sementara itu untuk bagian kanan akan diberikan pada pemberi uang sebagai tanda bukti terjadinya transaksi dan bukti pembayaran dana atau pembayaran telah dilakukan.

Surat rangkap atas bawah

Dalam hal ini surat bukti transaksi bisa merangkap atas dan bawah dan biasanya untuk bagian atas bisa diberikan pada pihak yang membayarkan sejumlah uang. Sedangkan untuk bagian bawah akan digunakan oleh pihak yang menerima uang sebagai arsip keuangannya.

Isi surat bukti mencantumkan sejumlah uang

Penulisan pada surat bukti melakukan transaksi ini harus mencantumkan jumlahnya uang yang telah dibayar atau diserahkan. Penulisannya dalam bentuk angka ataupun terbilang dengan huruf, tanggal melakukan transaksi, tempat transaksi hingga kolom untuk membubuhkan tanda tangan penerima uang.

Jenis Kwitansi Berdasarkan Penggunaannya

Dengan kamu sudah mengetahui dan memahami pengertian dari surat bukti transaksi ini. Maka juga perlu bagi kamu mengenal jenis-jenis yang dimilikinya.

Berikut ini jenis-jenis surat bukti transaksi berdasarkan penggunaannya:

Transfer uang

Jenis dari surat bukti transaksi yang biasanya digunakan pada dunia perbankan dan di dalamnya ini terdapat penulisan nomor rekening penerima dengan jelas.

Transaksi produk

Salah satu jenis dari surat bukti melakukan transaksi menjelaskan barang apa yang sudah dibeli oleh konsumen secara detail dengan kelengkapan nomor seri produk, alamat konsumen, tipe barang yang dibeli hingga harganya barang tersebut.

Serah terima uang

Jenis yang sangat sering digunakan untuk kegiatan dalam hal transaksi. Surat bukti pembayaran ini menerangkan jumlah uang yang telah diserahkan atau dibayarkan pada seseorang/lembaga/perusahaan.

Hal ini penggunaannya akan dianggap menjadi bukti pembayaran yang sah. Sebab telah disetujui oleh kedua belah pihak.

Bukti pembayaran

Surat bukti transaksi secara umum yang digunakan untuk melakukan transaksi jual beli. Dalam bukti bukti pembayaran ini bisa berupa cicilan atau angsuran ataupun bukti lunas.

Surat bukti pembayaran pada umumnya menerangkan sejumlah uang guna melakukan pembayaran. Selain itu juga dilengkapi dengan informasi dari pihak pemberi dana dan penerima dana.

Cash receipt

Bukti transaksi yang ada di dalam lingkungan kerja. Surat ini digunakan untuk menerangkan dan masuk dan keluar yang mana tembusannya akan diarsipkan sebagai bukti keuangan ketika akan dilakukan audit nantinya.

Kasus Kwitansi Kosong

Dalam dunia transaksi pembayaran pasti ada saja tindak kejahatan seperti halnya pembuatan bukti pembayaran yang kosong. Pengertian dari bukti pembayaran kosong dibuat untuk mendapatkan uang dan menggunakannya agar diisi dengan jumlah nilai sesuai dari kehendaknya oknum atau pihak yang tidak bertanggung jawab ini.

Contohnya ketika Andi melakukan pembelian laptop untuk perusahaan sebanyak 10 unit, 1 unit laptop harganya 10 juta dan melakukan mark up atau korupsi. Caranya dengan membuat kwitansi kosong dan mengubah harganya laptop 1 unit menjadi 15 juta sehingga bisa mendapatkan keuntungan hingga 50 juta.

Demikianlah beberapa hal penjabaran mengenai pengertian kwitansi sebagai bukti untuk melakukan transaksi jual beli ataupun pembayaran yang lain. Surat bukti ini mempunyai beberapa jenis yang dapat kamu pahami kegunaannya.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Instagram