Tips Kuliah Ilmu Ekonomi

Perkembangan sekarang ini membuat banyak peningkatan bagi jurusan ekonomi di kuliah. Ekonomi mempunyai prospek kerja yang cukup bagus dan menjanjikan.

Mengharapkan masa depan yang cerah dengan mendapatkan pekerjaan sesuai minat memang sangat diidamkan. Namun banyak juga di antara calon mahasiswa yang malas ketemu angka pada jurusan ekonomi, makanya kamu sangat butuh tips kuliah ilmu ekonomi untuk meningkatkan motivasi.

Apa itu Kuliah Ilmu Ekonomi?

Salah satu jurusan yang ada pada Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Pada jurusan ini banyak mempelajari tentang ekonomi secara keseluruhannya dari level yang tingkat consumer behavior hingga ke level negara.

Jurusan ilmu ekonomi juga menyediakan pilihan peminatan yang bisa menyesuaikan kemampuan para mahasiswanya agar lebih fokus pada satu titik. Selain itu ekonomi juga mendukung penggunaan aplikasi seperti halnya SPSS, Eviews dan STATA.

Hal yang Dirasakan dalam Kuliah Ilmu Ekonomi

Mengambil jurusan ekonomi artinya kamu akan dekat dengan penggunaan data dan dituntut kritis dalam permasalahan ekonomi baik lokal maupun nasional. Tanpa kamu mempunyai argumen yang valid untuk menyampaikan data, maka argumen kamu akan dinyatakan tidak valid.

Dalam jurusan ini kamu diharuskan untuk bisa bersikap imbang dalam menghadapi sebuah kejadian isu yang sedang berkembang. Selain itu ekonomi juga lekat kaitannya dengan penggunaan matematika, statistika hingga bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar.

Baca Juga Artikel Lain Tentang Program Studi dan Universitas

Daftar Jurusan Kuliah University of Cambridge
Daftar Jurusan Kuliah di Stanford University
Daftar Jurusan Kuliah di Harvard University
Daftar Jurusan Kuliah Tsinghua University
Daftar Program Studi di University of Edinburgh
Daftar Jurusan Kuliah University of Tokyo (UTokyo)
Daftar Jurusan Kuliah Nanyang Technological University (NTU)

Apa yang Dipelajari Dalam Jurusan Ilmu Ekonomi

Untuk kamu yang mengambil jurusan ekonomi penting sekali mengetahui informasi ini. Terdapat 2 jenis macam mata kuliah dalam jurusan ilmu ekonomi yakni wajib dan pilihan.

Pada jenis wajib maka kamu harus mengambilnya tanpa terkecuali atau bahkan jika tidak diambil maka kamu tidak lulus. Berbeda dengan pilihan ini biasanya tersedia beberapa yang bisa kamu pilih sesuai dengan minat.

Alasan Memilih Jurusan Ekonomi dalam Perguruan Tinggi

Ilmu ekonomi merupakan jurusan yang sangat tepat untuk kamu yang cukup kritis dengan kondisi perekonomian Indonesia saat ini mulai dari kemiskinan, pengangguran, korupsi dan masih banyak lagi. Tujuannya untuk mempelajari ilmu ekonomi yakni bisa menemukan bagaimana kondisi masyarakat di negara Indonesia agar dapat terpenuhi kebutuhan dasarnya.

Jurusan ilmu ekonomi juga menjadi salah satu bentuk alternatif untuk kamu yang tidak menyukai trigonometri. Sebab matematika di dalam jurusan ilmu ekonomi tidak membahas trigonometri dan hanya pada pembahasan integral serta matriks, namun kamu juga akan mempelajari teori akuntansi dan akuntansi dasar.

Tips Kuliah Ilmu Ekonomi

Sebelum kamu memilih untuk jurusan ilmu ekonomi sebaiknya mengetahui sistem perencanaan mata kuliahnya terlebih dahulu. Terdapat beberapa kampus yang menetapkan sistem paket serta penetapan dengan sistem mandiri ketika mengambil rencana studi.

Selain itu kamu juga bisa melakukan tips dengan dekat kakak tingkat agar bisa mengetahui review dosen yang murah untuk memberikan nilai dan cara mengajarnya mudah dipahami untuk sistem mandiri. Berbeda halnya dengan sistem paket yang mana kita sebagai mahasiswa tidak bisa memilih dosen sesuka hati dan siap jika mendapatkan dosen killer.

Kelebihan Memilih Kuliah Jurusan Ilmu Ekonomi

Sebagai mahasiswa yang memilih jurusan ilmu ekonomi tidak perlu khawatir dan takut ketemu angka dan penghitungan statistik. Sebab jurusan ini mempunyai banyak kelebihan yang bisa kamu rasakan setelah memasukinya.

Inilah beberapa kelebihan yang ada pada jurusan ilmu ekonomi di perguruan tinggi:

Jurusan dengan ilmu imbang

Tidak akan menyesal untuk kamu masuk di jurusan ilmu ekonomi ini di perguruan tinggi sebagai jalan masa depan. Sebab ilmu yang kamu dapatkan tidak hanya seputar satu jenis saja, karena di dalam perguruan tinggi jurusan ilmu ekonomi sudah memadukan dari unsur eksakta serta humaniora.

Kuliah jurusan ekonomi melatih mahasiswa berpikir kritis

Dalam jurusan ilmu ekonomi ini dapat melatih kamu untuk bisa berpikir secara kritis. Sehingga membahas masalah ekonomi bisa menjadi lebih seimbang tidak hitam dan putih dalam mengambil sudut pandangnya.

Mampu menemukan solusi dari data

Pada jurusan ini kamu tidak dituntut untuk untuk mencari dan menemukan masalah. Jurusan ilmu ekonomi justru bisa mengajarkan kamu untuk mencari solusi atas fakta dan data yang ada di lapangan.

Jurusan melatih integritas

Pada jurusan kali ini banyak membawa manfaat untuk kamu terjun di lapangan. Ilmu ekonomi juga mempunyai kelebihan menjadi jurusan yang sangat tepat dalam melatih integritas diri kamu.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke United Kingdom
Cara Kirim Uang ke Rusia
Cara Kirim Uang ke Jerman
Cara Kirim Uang ke Belanda
Cara Kirim Uang ke Prancis
Cara Kirim Uang ke Spanyol
Cara Kirim Uang ke Amerika Serikat
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina

Bagaimana Prospek Kerja Lulusan Ilmu Ekonomi?

Banyak yang membandingkan jurusan ilmu ekonomi mempunyai peluang kerja cukup sempit dengan jurusan lain. Padahal jurusan ini justru memiliki peluang yang cukup besar di dunia kerja.

Inilah beberapa prospek kerja dalam jurusan ilmu ekonomi yang bisa kamu pilih:

Instansi pemerintah dan lembaga negara

Banyak sekali instansi pemerintah yang membutuhkan tenaga kerja lulusan Ilmu Ekonomi. Seperti halnya Kementerian Luar Negeri, Kementerian Keuangan, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Badan Pusat Statistik dan Badan Perencanaan Daerah.

Bahkan kamu juga bisa bekerja menjadi diplomat ataupun atase perekonomian dan perdagangan luar negeri. Peluang kerja ini sangat banyak untuk kamu jika sungguh-sungguh menemukan informasi secara akurat.

Perbankan

Banyak di antara para lulusan jurusan ilmu ekonomi yang mengutarakan bahwa prospek peluang kerjanya pada dunia perbankan. Tidak salah memang, namun jurusan ini tidak hanya mempunyai peluang pada perbankan saja tapi juga bisa bekerja di Bank Indonesia ataupun Otoritas Jasa Keuangan.

Perusahaan Swasta

Jurusan Ilmu Ekonomi sekarang ini banyak diminati dan dibutuhkan oleh beberapa perusahaan. Seperti halnya pada bidang Research and Development (R&D) sebab jurusannya sangat kental dengan adanya penggunaan data serta analisis.

Selain itu juga jurusan Ilmu Ekonomi bisa berpeluang masuk perusahaan yang bergerak pada bidang investasi dan konsultasi. Seperti halnya McKinsey, Boston Consulting Group dan masih banyak lagi.

Demikianlah beberapa uraian tentang tips kuliah pada jurusan Ilmu Ekonomi. Banyak sekali kelebihan yang bisa kamu dengan prospek kerja cukup luas.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Instagram