artikel tentang devaluasi dari transfez

Devaluasi memiliki pengertian yang dilihat dari Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah sebuah penurunan nilai uang yang dilakukan secara sengaja terhadap mata uang luar negeri atau emas demi kepentingan memperbaiki perekonomian negara.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Pengertian Devaluasi

Pengertian Devaluasi adalah sebuah tindakan yang dilakukan oleh pemerintah untuk menurunkan nilai mata uang dalam negeri, tindakan tersebut merupakan kebijakan moneter.

Nilai uang yang diturunkan dalam negeri tersebut khususnya kepada nilai mata uang asing yang berpengaruh dalam transaksi jual beli internasional.

Tujuan dari diberlakukan devaluasi adalah agar nilai uang stabil, serta nilai devisa negara dan nilai ekpor impor terus terjaga.

Alasan lain mengapa sebuah negara melakukan devaluasi mata uangnya adalah sebgai bentuk memerangi ketika terjadi ketikdakseimbangan pada perdangangan internaisonal.

Baca Juga Daftar Kode Swift Bank di Indonesia

Kode Swift Bank BCA
Kode Swift Bank Mandiri
Kode Swift Bank BNI
Kode Swift Bank BRI
Kode Swift Bank Danamon
Kode Swift DBS Bank
Kode Swift Hana Bank

Devaluasi memiliki kekuatan untuk mengurangi biaya ekspor sebuah negara, sehingga negara tersebut menjadi lebih kompetitif pada pasar global yang akhirnya dapat meningkatkan biaya impoirnya. Hal ini nantinya akan berdampak konsumen dalam negeri memiliki membeli produk domestic, dibandingkan produk ekspor, sehingga produk domestik jauh lebih kuat dari sebelumnya.

Hasil Devaluasi nantinya akan mempengaruhi kebijakan moneter dalam pemerintah periode berikutnya. Devaluasi selalu berkaitan dengan kebijakan pemerintah, dan selalu berkaitan dengan menurunnya nilai mata uang sebuah negara dengan nilai mata uang asing.

Pemerintah atau bank sentral pada sebuah negara akan menetapkan kurs mata uang secara resi dalam sistem kurs tetap. Akan dilakukan intervensi secara aktif oleh pemerintah atau bank sentral dalam penetapan sistem kurs tetap ini.

Menjaga nilai kurs yang sudah ditetapkan agar berada pada kondisi yang selalu stabil merupakan tujuan dari intervensi pada sistem kurs tetap ini. ketika kurs resmi berpotensi membahayakan sistem dari sebuah perekonomian negara maka bank sentral atau pemerintah akan melakukan devaluasi atau revaluasi.

Devaluasi yang dilakukan adalah dengan cara melakukan pinjaman asing, pengetatan keuangan, pembatasan aliran modal keluar, dan mengendalikan upah dan harga pasar.

artikel tentang devaluasi dari transfez

Faktor yang Menyebabkan Devaluasi Terjadi

Devaluasi terjadi karena beberapa factor yang mengakibatkan ketidak seimabngan nerasa pembayaran sebuah negara. Hal ini terjadi ketika pembayaran jumlahnya lebih besar dibandingkan jumlah penerimaan.

Faktor-faktor tersebut adalah:
1. Kegiatan impor yang semakin tinggi pada suatu negara, tapi tidak dibarengi dengan kegiatan ekspor yang semakin tinggi juga untuk menyeimbangakan,
2. Tingginya kegiatan impor menyebabkan semakin meningkat permintaan mengkonversi nilai mata uang.
3. Nilai mata uang suatu negara semakin menurun
4. Pusat dari kegiatan ekspor hanya makanan dan biota laut
5. Pengangguran jumlahnya semakin banyak.

Tujuan Diberlakukan Devaluasi

Devaluasi memiliki tujuan salah satunya yang palin utama adalah untuk memperbaiki neraca pembayaran pada sebuah negara. Devaluasi juga bertujuan agar mata uang asing kursnya menjadi lebih stabil.

Berikut adalah tujuan dari devaluasi:
1. Ekspor agar semakin besar
2. Impor agar semakin kecil
3. Devisa negara menambah
4. Beban utang negara berkurang

Contoh Devaluasi

Contoh Devaluasi Di Eropa

Ketidakstabilan pada pasar valuta asing di Negara-negara Eropa pernah terjadi yang diakibatkan devaluasi dan revaluasi. Nilai kurs antara yen, mark, dan dolar mengalami fluktuasi, yang terus stabil hingga sistem Bretton woods berlaku.

Pada tahun 1961 revaluasi terhadap kurs mark terjadi, lalu pada tahun selanjutnya banyak mata uang negara eropa melemah karena nilai mata uang dolar mengalami kenaikan. Akibatnya nilai marx terhadap dolar mencapai setengah dari nilai awal mark.

Pada tahun 1985 revaluasi dolar kembali terjadi yang kenaikannya sampai 100%. Pemotongan setengah nilai eksternal dolar kepada mark merupakan cara yang dilakukan untuk revaluasi ini.

Keputihan pada abad ke 20 awal sampai abad ke 21 M ini juga berlaku untuk mata uang euro, pound sterling, lira, frans terhadap kondisi devaluasi.

Baca Juga Cara Transfer Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Transfer Uang ke Hongkong
Cara Transfer Uang ke Filipina
Cara Transfer Uang ke Australia
Cara Transfer Uang ke Singapura
Cara Transfer Uang ke Cina
Cara Transfer Uang ke Malaysia
Cara Transfer Uang ke Jepang

Contoh Devaluasi Di Indonesia

Di Indonesia pernah terjadi 4 kali devaluasi pada masa pemerintahan Soeharto. Berikut dibawah ini adalah rinciannya:

– 21 Agustus 1971

Menteri Keuangan Ali Wardhana pada pemerintahan orde baru atau presiden Soeharto pada 15 agustus 1971 AS menghentikan pertukaran emas dan dolar. Hal ini diakibatkan kecemasan dari Presiden Richard Nixon yang takut dolar akan terkuras cadangnya jika terus dibolehkan dolar ditukar dengan emas.

Pada tahun tersebut nilai tukarnya adalah 34 dollar AS sama dengan 1 ons emas. Akhirnya yang berimbas devaluasi nilai rupiah pada tanggal 21 Agustus 1971 yang tadinya bernominal 378 rupiah menjadi 415 rupiah per 1 dollar AS.

– 15 November 1978

Pada tahun 1973 Indonesia mengalami kenaikan harga minyak yang diakibatkan karena perang arab Israel. Namun hal tersebut justru membuat Pertamina hampir mendekati bangkrut dan memiliki hutang hingga 10 milyar dollar US, pada saru itu IBnu Sutowo selaku direktur utama pertamina mengundurkan diri.

Akibatnya terjadi devaluasi kedua pada tanggal 15 November 1978 yaitu dari nilai rupiah 415 rupiah menjadi 625 rupiah per 1 dolar AS.

– 30 Maret 1983

Pada tahun 1983 pemerintah melakukan kebijakan moneter dengan menteri keuangan Radius Prawiro yang mendevaluasi nilai rupiah kepada kurs AS sekitar 48%. Nilai rupiah dari 702 menjadi 970 kepada dollar AS.

– 12 September 1986

Masih menteri keuangan Radius Prawiro pada tanggal 12 September 1986 terjadi devaluasi keempat yaitu sekitar 47% dari nilai rupiah. Sehingga nilai rupiah menjadi Rp. 1.134 menjadi Rp. 1.644. 1 dolar AS.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Nah, itu tadi informasi mengenai Devaluasi. Semoga dengan artikel ini kamu semakin paham dengan maksud dari Devaluasi itu sendiri. Jika ada hal yang belum jelas terkait pembahasan dalam topik ini, silahkan tulis pertanyaan atau pendapat kamu di kolom komentar yang ada di bawah artikel ini ya!

Instagram