Contoh Perusahaan Leasing dan Jenis-Jenis Leasing yang Bisa Diketahui

Pernah dengar perusahaan leasing? Contoh leasing yang sekarang ini sudah banyak dan bisa menjadi pilihan dalam membeli mobil ataupun motor. Jenis dari leasing pun cukup beragam dengan ketersediaan layanan dari berbagai macam perusahaan yang ada.

Baca Juga Artikel Cara Mengelola Gaji Lainnya dari Transfez

Cara Mengelola Gaji 10 Juta untuk Mulai Menabung dan Investasi
Cara Mengelola Gaji Pendapatan 5 Juta dan Penggunaan yang Tepat
Cara Mengelola Penghasilan Gaji 3 Juta pada Kehidupan Rumah Tangga

Perusahaan leasing tersedia dengan berbagai macam penawaran kelebihan yang sangat bermanfaat bagi pihak pemohon pengajuan leasing untuk pembelian mobil ataupun motor. Namun penting bagi pihak yang mengajukan untuk memilih perusahaan leasing yang terpercaya dan terakreditasi.

Jenis Leasing

Contoh Perusahaan Leasing dan Jenis-Jenis Leasing yang Bisa Diketahui

Pada umumnya perusahaan leasing cukup banyak dengan jenis yang beragam. Berikut inilah beberapa contoh leasing yang ditawarkan oleh perusahaan bagi pemohon leasing:

1. Capital Lease

Capital lease merupakan salah satu perusahaan bidang leasing dan berasal dari lembaga keuangan. Jenis leasing ini biasanya memberikan pelayanan bagi nasabah yang membutuhkan adanya kebebasan menentukan modal atau barang.

Pihak lessor akan memberikan sejumlah dana untuk pembayaran barang yang dibutuhkan oleh supplier dan diserahkan ke pihak lesseee. Setelah itu lessor akan mendapat sebuah imbalan pembayaran menggunakan sistem cicilan untuk jangka waktu yang sudah disepakati.

2. Operating Lease

Contoh leasing yang lainnya yakni operating leasing yang mampu memberi banyak bantuan pendanaan untuk pihak peminjam. Jenis operating lease sendiri berasal dari perusahaan leasing, pihak dari lessor membeli barang kemudian disewakan pada nasabah.

Jangka waktu untuk melakukan pembayaran leasing tersebut dalam kurun waktu yang telah menjadi kesepakatan di awal. Dalam hal ini pihak nasabah bisa melakukan pembayaran rental barang dan harga serta biaya lainnya akan ditanggung lessor.

3. Sales Type Lease

Lease penjualan merupakan salah satu dari jenis apa itu leasing yang umumnya dikerjakan perusahaan bergerak di bidang industri. Lalu pihaknya akan melakukan penjualan lease barang dari hasil produk yang sudah dibuat sebelumnya.

Dalam hal ini terdapat dua jenis pendapatan yang masih diakui yakni pendapatan dari hasil jual barang. Sementara itu untuk jenis yang kedua yakni pendapatan yang asalnya dari bunga pembelanjaan dalam jangka waktu tertentu.

4. Cross Border Lease

Cross border lease merupakan contoh leasing yang berlangsung antar negara untuk melakukan pinjaman modal atau barang. Pihak lessor dan lesseee tidak di dalam satu negara yang sama, pada saat akan meminjam pendanaan pada pihak yang memiliki perusahaan lesing.

Jenis leasing yang satu ini hanya digunakan dalam mendukung kegiatan transaksi untuk barang yang memiliki jumlah nominal cukup besar. Produk tersebut di antaranya pesawat terbang Boeing ataupun Airbus.

5. Leverage Lease

Contoh leasing sebenarnya sangat banyak salah satunya leverage lease sebagai jenis leasing yang masih asing di kalangan masyarakat. Leverage lease merupakan perusahaan leasing yang mengikutsertakan pihak ketiga dalam proses pembiayaan.

Pihak lessor tidak membayar leasing yang jumlahnya 100 persen namun hanya perlu membayarkan 20 persen hingga 40 persen saja. Sehingga sisanya pembayaran nanti akan ditanggung pihak ketiga.

Manfaat Leasing

Leasing memberikan banyak manfaat pada banyak orang dengan ketersediaan pembiayaan saat dibutuhkan. Berikut inilah beberapa manfaat dari leasing yang dapat dirasakan bagi pihak pengaju modal ataupun barang:

1. Sifatnya Fleksibel

Leasing menggunakan kerangka struktur untuk leasing sesuai dengan kebutuhan lesseee. Sementara dalam memilih jangka waktu leasing dan nominal jumlah yang harus dibayarkan dapat disesuaikan dengan kondisi finansial dari pihak yang mengajukan.

2. Tidak Menggunakan Jaminan

Leasing memiliki manfaat salah satunya yang berhubungan dengan hak kepemilikan secara sah dari aktiva pada leasing. Menariknya dalam sistem pembayaran lease yang sesuai dengan aktiva bisa dijadikan sebagai jaminan untuk leasing yang digunakan, sehingga lebih memudahkan pihak yang meminjam dana.

3. Capital Saving

Pihak lembaga leasing akan memberi anggaran dengan penawaran modal 100 persen untuk nasabah yang membutuhkan. Dengan demikian lease ini bisa digunakan dapat dimanfaatkan dalam memenuhi kebutuhan agar meningkatkan produktivitas perusahaan yang mengajukan leasing.

Baca Juga Artikel Tentang Investasi Lainnya dari Transfez

Cara Investasi Saham Luar Negeri
Cara Memulai Investasi Properti Rumah Kontrakan
Cara Memulai Investasi untuk Pengantin Baru
Cara Memulai Investasi dari Nol
Investasi untuk Kaum Muda dalam Mempersiapkan Masa Depan
Tips Memilih Manajer Investasi
Investasi Saham Aktif dan Pasif

4. Terhindar dari Inflasi

Pilihan kegiatan leasing ini memberikan kemudahan bagi nasabah karena bisa terhindar dari terjadinya inflasi. Sebab dalam sistem pembayarannya bisa menyesuaikan satuan keuangan yang sudah menjadi kesepatakan di awal antara kedua belah pihak yang bersangkutan.

5. Pelayanan Cepat

Pelayanan yang diberikan oleh perusahaan lesing sangat cepat dan pastinya mudah dari tahap pengajuan sampai pada tahap realisasi leasing. Penawaran yang diberikan oleh leasing ini bisa meningkatkan efisiensi waktu pada perusahaan menjadi lebih produktif.

6. Dilindungi Secara Hukum

Leasing memiliki manfaat yang bisa dirasakan perusahaan yakni mendapatkan perlindungan hukum baik itu pihak lessor atau lesseee akan memperoleh kepastian di mata hukum secara adil. Adanya hukum membuat kedua belah pihak ini harus mematuhi peraturan yang sudah menjadi kesepakatan, selain itu peraturan tidak bisa batal meski dalam situasi keuangan yang cukup sulit pada pihak yang mengajukan leasing.

Cara Mendapatkan Aktiva

Pihak leasing menjadi incaran utama bagi sebagian besar perusahaan. Terlebih pada sebuah perusahaan yang memiliki tujuan untuk merubah perusahaan modernisasi dalam meningkatkan produktivitas namun ternyata dana yang dibutuhkan tidak mencukupi, dengan demikian leasing merupakan pilihan tepat untuk mendukung perusahaan tersebut.

Lihat Juga Video Cara Mudah Melakukan Pengiriman Uang Ke Luar Negeri

Contoh Leasing Perusahaan

Terdapat banyak sekali contoh perusahaan leasing yang ada di Indonesia dengan berbagai macam penawaran layanan dan sudah sangat populer. Inilah beberapa daftar dari perusahaan yang bergerak pada bidang leasing:

• PT Adira Dinamila Multi Finance Tbk
• PT BCA Finance
• PT Federal International Finance atau FIF
• PT Astra Credit Companies atau ACC
• PT Oto Multi Astra
• PT Summit Oto Finance
• PT Wahana Ottomitra Multiartha atau WOM
• PT Bussan Auto Finance dan BAF

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

play store small
app store small

Demikianlah beberapa penjabaran mengenai contoh leasing yang telah dijalankan di Indonesia dengan jenis leasing yang dapat menjadi pilihan. Terdapat sejumlah perusahaan yang menawarkan leasing dengan keunggulannya masing-masing dan cukup populer di kalangan masyarakat.

Instagram