Ciri-Ciri Leasing Motor, Syarat Pengajuan dan Proses Pengajuan

Leasing motor merupakan salah satu kegiatan untuk menyediakan motor dengan mengusung model sewa dalam jangka waktu tertentu. Tentu leasing berbeda dengan kredit motor yang lebih mengacu pada pembelian kendaraan di dealer.

Baca Juga Artikel Cara Mengelola Gaji Lainnya dari Transfez

Cara Mengelola Gaji 10 Juta untuk Mulai Menabung dan Investasi
Cara Mengelola Gaji Pendapatan 5 Juta dan Penggunaan yang Tepat

Dalam menjalankan leasing ini maka ada beberapa istilah pihak yang berperan seperti halnya lessor, lesse dan juga supplier. Pemahaman secara umumnya, leasing merupakan perusahaan yang memberi pelayanan dalam pembiayaan.

Ciri-ciri Leasing Motor

Ciri-Ciri Leasing Motor, Syarat Pengajuan dan Proses Pengajuan

Sebuah perusahaan yang bergerak sebagai penyedia barang ataupun modal guna melakukan pembelian motor di lessor dengan pihak yang mengajukan dari perseorangan ataupun badan usaha. Perusahaan leasing pada umumnya memiliki karakteristik dalam menjalankan bisnisnya, berikut inilah ciri-ciri yang bisa diketahui:

• Barang atau motor yang disewakan pada nasabah ini merupakan benda yang digunakan sebagai operasional ataupun kegiatan dari lessee
• Memiliki jangka waktu tertentu
• Kepemilikan atas barang yang disewakan ada pada lessor.

Syarat Leasing untuk Motor

Dalam melakukan leasing ini terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh pihak pemohon. Inilah beberapa syarat yang harus dilengkapi, antara lain:

• Sudah menikah atau minimal usianya 21 tahun
• KTP orang tua jika pemohon tinggal dalam satu rumah bersama orang tua
• KTP ataupun identitas diri lain
• Kartu keluarga ataupun surat nikah untuk yang sudah menikah
• Bukti kepemilikan tempat tinggal seperti halnya PBB, tagihan listrik dan tagihan telepon
• Bukti ataupun keterangan pekerjaan
• Akta pendirian dan juga pengesahan pada perusahaan apabila pemohon atas nama perusahaan
• Slip gaji untuk 3 bulan terakhir
• Rekening koran untuk 3 bulan terakhir
• Salinan surat NPWP
• Usianya maksimal dalam pelunasan kredit yakni 55 tahun.

Proses Melakukan Leasing Motor

Dalam melakukan leasing terbilang sangat mudah dan sederhana, dari perusahaan bisa memberikan jaminan pembiayaan pada pihak pemohon namun perlu memastikan bahwa pemohon sudah memenuhi syarat yang ditentukan. Jika semua dokumen syarat diterima maka pemohon akan dijelaskan mengenai mekanisme cicilan sesuai tenor yang sudah disepakati.

Lalu dari pihak pemohon bisa membawa pulang motor, pada prosedur pembelian ini menjadi tanggung jawab dari perusahaan bersama supplier yang sudah dilakukan sebelumnya. Namun dalam pelakasanaannya ini perusahaan leasing harus memenuhi peraturan yang menjadi ketentuan dari OJK.

Baca Juga Artikel Tentang Investasi Lainnya dari Transfez

Cara Investasi Saham Luar Negeri
Cara Memulai Investasi Properti Rumah Kontrakan
Cara Memulai Investasi untuk Pengantin Baru
Cara Memulai Investasi dari Nol
Investasi untuk Kaum Muda dalam Mempersiapkan Masa Depan
Tips Memilih Manajer Investasi
Investasi Saham Aktif dan Pasif

Cara Memilih Perusahaan Leasing

Perusahaan leasing motor sudah makin berkembang dan menjadi pilihan oleh sebagian besar masyarakat. Akan tetapi dalam memilih perusahaan leasing ini harus teliti dan berhati-hati.

Berikut cara memilih perusahaan leasing yang sudah terpercaya:

1. Memeriksa Reputasi Perusahaan Leasing

Tips yang digunakan untuk memilih perusahaan leaisng yakni melihat berdasarkan reputasi dari perusahaan tersebut. Hal ini tentu sangat penting guna mengetahui keamanan, cara pelayanan hingga kredibilitas dari perusahaan yang bersangkutan.

Bagi Anda yang ingin mengajukan leasing tentu tidak ingin mengajukannya pada perusahaan yang belum memiliki ijin secara jelas. Dengan demikian pada poin yang satu ini perlu diperhatikan secara baik sebelum mengajukan leasing.

2. Mengetahui Harga Leasing dan Waktu Pembayaran

Sebelum Anda membuat kesepakatan atas pengajuan leasing motor maka sebaiknya memahami terlebih dahulu detail dari informasi terkait perusahaan leasing tersebut. Dalam hal ini bertujuan untuk mengetahui besarannya cicilan yang nantinya harus dibayarkan oleh pihak pemohon.

Selain itu juga menanyakan harga penawaran dari perusahaan leasing, suku bunga hingga jangka waktu pelunasan merupakan hal paling krusial ketika mengajukan leasing. Dengan begitu Anda bisa menyesuaikan dengan kondisi keuangan serta tagihan untuk leasing.

3. Memperhatikan Syarat Pengajuan Leasing

Secara umum, syarat untuk mengajukan leasing di beberapa perusahaan berbeda tergantung sistem dan prosedur dari masing-masing perusahaan. Maka dari itu penting dari pihak pemohon untuk mengetahui apa saja persyaratan yang dibutuhkan dalam mengajukan leasing. Dengan demikian bisa menyiapkan syarat dokumen yang dibutuhkan secara lengkap.

Biasanya perusahaan leasing akan membutuhkan fotokopi identitas diri, rekening koran dalam 3 bulan terakhir dan juga sejumah berkas pendukung lain.

Lihat Juga Video Cara Mudah Melakukan Pengiriman Uang Ke Luar Negeri

Kelebihan Leasing

Leasing motor merupakan salah satu cara yang dipilih oleh kalangan masyarakat ataupun perusahaan untuk mendapatkan motor. Adapun pihak pemohon leasing juga akan merasakan beberapa kelebihan sebagai berikut:

1. Mekanisme Cepat dan Mudah

Pemilihan leasing memiliki langkah mudah yang dapat dilakukan guna mendapatkan motor. Pihak pemohon pengajuan leasing ini tidak perlu lagi memikirkan proses pembelian ataupun transaksi dengan supplier karena sudah ditangani semuanya oleh perusahaan leasing.

Apabila seseorang ini sudah memenuhi beberapa persyaratan untuk leasing maka kendaraan yang diminta sudah bisa dibawa sesuai pada tanggal kesepakatan. Langkah berikutnya, Anda harus membayar cicilannya dengan tepat waktu setiap bulan.

2. Cakupan Jaringan Lebih Luas

Kelebihan yang dapat dirasakan oleh pihak pemohon leasing pada perusahaan yakni memiliki cakupan jaringan sangat luas. Jaringan tersebut tentu hasil kerjasama dari perusahaan leasing dengan kalangan dealer motor sehingga lebih mudah menemukan motor yang diinginkan oleh pihak pemohon.

Kelebihan yang ditawarkan ini menjadi salah satu faktor pada proses pengajuan leasing lebih cepat dan mudah. Dengan demikian Anda bisa membawa motor yang diinginkan dan membayarnya melalui cara sistem angsuran.

3. Skema Cicilan Lebih Lama

Kelebihan yang dimiliki oleh perusahaan leasing tidak hanya mudah dan cepat namun juga memberikan skema cicilan dalam waktu yang lebih panjang. Maka dari itu dari pihak yang mengajukan leasing ini bisa menyesuaikan dengan budget serta jangka waktu untuk melakukan pelunasan leasing pada perusahaan.

Biasanya perusahaan akan menawarkan jangka waktu pembayaran angsuran antara 12 hingga 36 bulan. Sehingga dari pihak pemohon tidak perlu memiliki dana banyak untuk membayar angsurannya.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

play store small
app store small

Demikianlah beberapa uraian mengenai pengajuan leasing motor yang sekarang ini marak dipilih oleh kalangan masyarakat. Terlebih sudah banyak tersedia layanan dari perusahaan leasing yang memberikan kemudahan bagi nasabah untuk memiliki kendaraan pribadi dengan sistem pembayaran cicilan.

Instagram