Tugas dan Wewenang Bank Indonesia dalam Peranannya Sebagai Bank Sentral

Tugas dan wewenang Bank Indonesia sebagai Bank sentral memang cukup besar untuk melakukan pengelolaan dan pengaturan keuangan negara. Bank sentral merupakan lembaga yang memiliki tanggung jawab dalam pengaturan keuangan di sebuah negara supaya kondisinya tetap stabil.

Di Indonesia sendiri untuk peranan Bank sentral berada di Bank Indonesia yang memegang posisi cukup besar dalam pengelolaan keuangan negara. Sehingga tidak heran jika Bank Indonesia sering mengeluarkan kebijakan yang nantinya bertujuan dalam pengaturan keuangan untuk menjadikannya lebih stabil.

Tugas dan Wewenang Bank Indonesia

Tugas dan Wewenang Bank Indonesia dalam Peranannya Sebagai Bank Sentral

Keberadaan dari Bank Indonesia sebagai Bank sentral tentunya mempunyai tugas dan wewenang Bank Indonesia supaya tujuan yang dimilikinya bisa tercapai dengan sempurna. Adanya Bank Indonesia ini mempunyai tugas dan wewenang Bank Indonesia sebagai Bank sentral berikut ini:

1. Menjaga stabilitas sistem keuangan

Tugas dan wewenang Bank Indonesia salah satunya menjaga stabilitas pada sistem keuangan yang ada di negara Indonesia supaya tetap stabil. Dalam hal ini Bank Indonesia memiliki wewenang untuk melakukan pengawasan terhadap kegiatan pada berbagai lembaga keuangan serta melakukan akses terhadap informasi yang memang dinilai akan memberikan ancaman terhadap stabilitas keuangan negara.

Selain itu peranan dari Bank Indonesia ini memiliki fungsi sebagai lender of the last resort atau sumber pinjaman terakhir. Dengan demikian apabila terdapat bank yang saat ini sedang mengalami masalah likuiditas maka Bank Indonesia bisa memberikan kredit atau pembiayaan sesuai dengan kebutuhannya.

2. Menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter

Tugas dan wewenang Bank Indonesia salah satunya yaitu melakukan penetapan dan melaksanakan adanya kebijakan moneter. Dalam hal ini Bank Indonesia memiliki wewenang dalam pengaturan pada jumlah nominal keuangan yang akan diedarkan dengan menggunakan kebijakan moneter negara.

Cara untuk melakukannya yaitu Bank Indonesia akan membuat penetapan sasaran moneter yang nantinya bisa memperhatikan sasaran terhadap laju inflasi serta melakukan pengendalian dari moneter tersebut.

Adanya kebijakan moneter biasanya akan memanfaatkan 4 instrumen yakni tingkat diskonto, operasi pasar terbuka, cadangan wajib minimum serta pengaturan kredit atau pembiayaan yang mana dilakukan baik itu secara konvensional ataupun sistem syariah.

3. Mengatur dan menjaga supaya sistem pembayaran tetap lancar

Tugas dan wewenang Bank Indonesia juga berhubungan dengan pengaturan dan menjaga sistem pembayaran supaya tetap lancar. Bank Indonesia memiliki peranan yang sangat penting dengan wewenang Bank Indonesia dalam melaksanakan hingga memberikan persetujuan terhadap izin atas menyelenggarakan jasa pada sistem pembayaran.

Selain itu Bank Indonesia juga memberikan kewajiban pada semua penyelenggara jasa di sistem pembayaran supaya bisa membuat penyampaian laporan terkait kegiatan dalam jasa keuangan yang dilakukannya. Dengan demikian Bank Indonesia nantinya akan membuat ketetapan dengan menghadirkan aturan untuk menggunakan alat pembayaran.

Baca juga artikel tentang Bank Indonesia lainnya di Blog Transfez

Cara Mendaftar Beasiswa Bank Indonesia Dan Persyaratannya
Suku Bunga Bank Indonesia dan Kebijakan Terbaru yang Dikeluarkan
Ketentuan Syarat Uang Rupiah yang Dimusnahkan Bank Indonesia
Elicensing Bank Indonesia Menghadirkan Fasilitas Aplikasi Terbaru
Pengelolaan Uang Rupiah Bank Indonesia Sesuai Dengan Ketentuan yang Berlaku

Tujuan Bank Indonesia sebagai Bank sentral

Bank sentral yang ada di Indonesia tidak hanya memiliki tugas dan wewenang Bank Indonesia saja, namun dalam menjalankan tugasnya tersebut juga sesuai dengan tujuan dari bank sentral itu sendiri. Setiap adanya bank sentral di masing-masing negara memiliki tanggung jawab dalam menjaga stabilitas pada nilai mata uang, keseluruhan sistem finansial hingga stabilitas sektor perbankan pada sebuah negara.

Bank Indonesia menjadi Bank sentral yang ada di Indonesia dengan tujuan pokoknya berdasarkan pada undang-undang Republik Indonesia Nomor 3 tahun 2004 pasal 70 tentang mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah. Adapun untuk nilai rupiah dengan kondisi yang stabil biasanya akan dilihat dari dua aspek sebagai berikut:

– Kestabilan dari nilai mata uang rupiah pada harga barang ataupun jasa yang akan dilakukan pengukuran dengan inflasi
– Kestabilan dari nilai mata uang rupiah pada mata uang asing yang akan dilakukan pengukuran dengan nilai tukar ataupun kurs.

Peranan Bank Indonesia di dalam sistem pembayaran

Bank Indonesia sebagai Bank sentral memiliki peran yang sangat penting di dalam sistem pembayaran yang ada di Indonesia. Dalam hal ini Bank Indonesia memiliki 5 peranan untuk sistem pembayaran sebagai berikut:

1. Sebagai operator

Peranan Bank Indonesia yang cukup penting di dunia sistem pembayaran yaitu bertindak sebagai operator yang nantinya mampu menyediakan jasa layanan terhadap sistem pembayaran yang tersedia di Indonesia. Bank Indonesia akan melakukan pengaturan terhadap pengendalian keuangan yang tersebar di Indonesia.

2. Sebagai regulator

Bank Indonesia juga memiliki peranan lain sebagai regulator yang nantinya akan membuat adanya peraturan atau kebijakan yang berhubungan dengan sistem pembayaran di Indonesia. Dengan demikian tidak heran jika beberapa bank menganut acuan kebijakan yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia mengingat Bank Indonesia merupakan bank sentral di Indonesia.

3. Mengatur perizinan

Bank Indonesia juga berperan sebagai lembaga yang nantinya dapat memberikan izin pada beberapa lembaga lain yang nantinya dapat menyediakan layanan jasa pada sistem pembayaran di Indonesia. Sehingga adanya pilihan lembaga keuangan yang ada di Indonesia ini harus mendapatkan perizinan secara resmi dari Bank Indonesia.

4. Sebagai fasilitator

Bank Indonesia merupakan Bank sentral yang juga memiliki peranan cukup penting sebagai fasilitator guna memberikan fasilitas untuk pengembangan pada sistem pembayaran yang ada di Indonesia. Adanya Bank Indonesia ini tidak hanya mengatur peredaran uang di masyarakat namun juga membuat inovasi baru sebagai bentuk pengembangan dalam menggunakan sistem pembayaran yang sah dan resmi di Indonesia.

5. Mengatur pengawasan

Bank Indonesia memiliki peranan yang cukup penting di dalam sistem pembayaran yang berjalan di Indonesia dalam segi pengaturan pengawasan terhadap lembaga-lembaga keuangan. Keberadaan dari Bank Indonesia sebagai bank sentral di Indonesia berperan sebagai lembaga yang nantinya mampu memberikan pengawasan terhadap lembaga lain yang akan menyediakan jasa layanan pada sistem pembayaran di Indonesia.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Demikianlah beberapa penjabaran terkait tugas dan wewenang Bank Indonesia sebagai Bank sentral. Adanya Bank Indonesia ini memiliki tujuan dan peranan yang sangat penting dalam pengaturan hingga pengelolaan keuangan negara supaya kondisinya tetap stabil.