Cara Menagih Hutang Ke Teman Terampuh Agar Cepat Dilunaskan

Bagaimana cara menagih hutang ke teman dekat? Kamu pasti bingung jika ingin menagih hutang ke teman apalagi teman tersebut merupakan teman yang dulunya sempat akrab, dan karena perihal hutang kamu dan temanmu tersebut menjadi renggang. Urusan hutang memang perkara yang sangat sensitif apalagi yang hutang adalah teman sendiri.

Banyak cerita pertemanan bahkan hubungan silaturahmi menjadi rusak karena hutang yang sangat sulit untuk cepat dilunaskan. Terlebih teman mu sering kali mengeluarkan banyak alasan bahwa mereka belum dapat membayarkan hutangnya.

Cara Menagih Hutang Ke Teman Tanpa Bikin Sakit Hati

Padahal uang pelunasan hutang mereka sedang kamu butuhkan. Kamu pasti memiliki perasaan kesal dan sedikit mendendam.

Cara Menagih Hutang Ke Teman Terampuh Agar Cepat Dilunaskan

Niat baik menolong teman sendiri berujung perasaan dongkol. Karena teman susah banget ditagih hutangnya.

Nah, buat kamu yang sedang mengalami hal tersebut. Berikut dibawah ini cara menagih hutang ke teman terampuh agar cepat dilunaskan, silahkan disimak dengan baik.

1. Berbicara Empat Mata

Cara pertama menagih hutang ke teman terampuh agar cepat dilunaskan yaitu berbicara empat mata dengan temanmu yang berhutang. Berbicara dari hati kehati dan menjelaskan bahwa kamu sangat membutuhkan uang pelunasan tersebut.

Kamu pada saat itu pasti merasakan kesal, tapi usahakan agar emosi kamu tidak keluar. Biarkan dia merasakan ketulusan kamu dan tergerak hatinya untuk cepat melunaskan hutangnya.

Meskipun berbicara dari hati kehati kamu juga harus memberikan penekanan dan ketegasan kepada temanmu agar ia tidak menunda-nunda pelunasan nya kembali. Gunakan kata-kata yang baik agar dia tidak merasa tersinggung.

Apabila temanmu tersinggung maka kemungkinan dia akan semakin sulit untuk ditemui. Dan uang yang kamu pinjamkan akan hilang begitu saja.

2. Memahami Sikon (Situasi dan Kondisi)

Resiko meminjamkan uang kepada teman adalah bahwa kamu harus banyak-banyak memahami mereka. Sehingga kesabaran yang besar sangat dibutuhkan untuk kamu.

Agar pertemanan kamu dan dia tidak rusak. Tagihlah dia dengan cara memahami situasi dan kondisi dia saat ini. Apabila menurut perspektif kamu situasi dan kondisinya tidak memungkinkan untuk kamu menagih hutang, lebih baik urungkan niat dan cari waktu lain.

3. Memberikan Jangka Waktu Ulang

Setelah kamu berhasil bertemu dengan temanmu kembali, dan menjelaskan bahwa kamu sangat membutuhkan uang tersebut. Maka, mintalah itikad baiknya untuk setidaknya membayar sebagian dari hutang yang ia miliki.

Apabila temanmu terus beralasan bahwa tidak memiliki uang pada saat itu. Maka, berikan jangka waktu ulang pelunasan, dan berikan sedikit penekanan.

4. Minta Ditraktir Teman yang Hutang

Cara berikutnya yang bisa kamu lakukan agar teman cepat membayar lunas hutang yaitu dengan minta di traktir ketika jalan dengan dia. Misalkan, ketika kebetulan kamu sedang makan di restoran, atau jalan-jalan ke mall bersamanya dan temanmu yang lain maka jangan segan untuk minta di bayarkan oleh teman mu yang berhutang.

Berikan alasan bahwa uang kamu yang kamu miliki masih ada pada temanmu yang hutang. Maka, dia tidak akan berani menolak dan membayarkan seluruh tagihan kamu.
Lakukan hal ini berulang-ulang sampai dia merasa risih, dan membayarkan seluruh hutangnya.

5. Berikan Cicilan Ringan

Cara berikutnya yang bisa kamu terapkan untuk menagih hutang ke teman yaitu dengan memberikan cicilan yang ringan setiap harinya.

Jika teman kamu kesulitan untuk membayarkan tagihan hutang yang besar maka kamu bisa memberikan opsi dengan menyuruhnya membayar dengan cara mencicil setiap hari dengan jumlah yang kecil.

Besaran jumlah cicilan bisa kamu diskusikan dengan teman kamu. Jika memang ia berniat untuk membayarkan hutangnya maka teman mu pasti akan setuju dengan ide ini.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

6. Minta Tolong Teman yang Lainnya

Biasanya teman kamu akan memiliki teman yang dekat atau sering ketemu, yang kebetulan juga kamu dengan dengan orang tersebut. Nah, kamu bisa meminta orang tersebut untuk menjadi orang ketiga untuk membantu kamu menagih hutang.

Kamu dapat bercerita dengan leluasa dengan teman dekat dari pemilik hutang. Makan orang ini akan menjadi perantara dan menyampaikan seluruh keluh kesah mu kepada temanmu yang berhutang.

Karena, yang menagih merupakan teman dekat nya yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan kamu. Dia pasti akan merasa malu, dan tentunya risih. Hal ini akan membuat teman yang meminjang uang kamu cepat melunaskan hutangnya.

7. Minta Tolong Kepada Pihak Keluarganya

Ketika temanmu yang berhutang semakin sulit dihubungi dan bantuan teman dekatnya juga terasa sia-sia. Maka, kamu berhak untuk menghubungi pihak keluarga dari si peminjam.

Kamu bisa menemuinya pihak keluarganya secara langsung maupun lewat telpon dan menceritakan keseluruhannya. Berapa jumlah hutang yang temanmu miliki, dan sudah berapa lama ia ingkar untuk membayar, serta betapa kamu membutuhkan uang penulisan tersebut.

Baca Juga Artikel Tentang Investasi Lainnya dari Transfez

Cara Investasi Saham Luar Negeri
Cara Memulai Investasi Properti Rumah Kontrakan
Cara Memulai Investasi untuk Pengantin Baru
Cara Memulai Investasi dari Nol
Investasi untuk Kaum Muda dalam Mempersiapkan Masa Depan
Tips Memilih Manajer Investasi
Investasi Saham Aktif dan Pasif

Gunakan kata-kata yang baik dan sopan. Sehingga pihak keluarga dari si peminjam akan tergerak hatinya dan berempati untuk menolong kamu, agar hutangnya cepat dilunaskan.

8. Menyita Aset

Setelah bertemu pihak keluarga maka kamu akan berdiskusi dengan pihak keluarga tersebut. Biasanya kamu akan ditawari untuk mengambil atau minyak aset dan barang berharga milik temanmu yang berhutang sebagai jaminan dari hutangnya.

Hal ini dapat menjadi titik terang untuk kamu, dan kamu memiliki hak untuk menyita aset atau barang berharga yang harganya setara dengan hutang yang belum teman mu bayarkan.

Berikan waktu jatuh tempo dan apabila temanmu tidak dapat melunaskan hutangnya sesuai jatuh tempo. Maka, barang yang kamu sita resmi menjadi milik kamu.

9. Sedikit Ancaman

Cara berikutnya agar teman cepat melunaskan hutang yaitu dengan sedikit mengancam bahwa kamu akan mempublikasikan si peminjam telah berhutang dan tidak sanggup membayarnya. Publikasi ini bertujuan agar orang-orang mengetahui kemampuan berhutang si peminjam dan tidak akan ada korban pemberi pinjaman lainnya.

Publikasi ini akan disebar melalui sosmed yang notabennya seluruh teman dia akan mengetahuinya. Biasanya ancaman ini akan berhasil, karena gengsi tinggi yang ia miliki.

Apalagi jika selama ini pinjamannya untuk gaya hidup. Maka si peminjam merupakan orang yang memiliki gengsi tinggi.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Demikianlah cara menagih hutang ke teman agar cepat dilunaskan yang bisa kamu terapkan kepada teman yang berhutang. Jadi, jika memang sudah saatnya untuk menagih, selalu lakukan cara di atas secara bertahap.