Wilayah Tertinggi di Singapura Kawasan Cagar Alam Bukit Timah Hill

Singapura merupakan salah satu negara yang tidak begitu terlihat adanya wilayah tertinggi pasalnya cukup terkenal dengan keadaan kotanya sangat hingar bingar. Wilayah tertinggi di Singapura berupa alam yang sangat indah dan bahkan banyak yang tidak mengetahui lokasi ini.

Baca Juga Cara hemat dan cepat dari Singapura ke Indonesia untuk bayar tagihan air

Singapura sebagai negara paling kecil yang ada di Asia Tenggara dengan luas kisaran 721.5 km persegi dan penduduknya hanya sekitar 5.7 juta jiwa saja. Meskipun terlihat hanya kota yang indah namun Singapura sebenarnya memiliki karakteristik fisik wilayah yang cukup unik dan menarik.

Wilayah Tertinggi di Singapura

Wilayah Tertinggi di Singapura Kawasan Cagar Alam Bukit Timah Hill

Bagi kamu yang ingin mengetahui bentangan alam tertinggi di wilayah Singapura di kawasan Bukit Timah. Bukit Timah ini merupakan salah satu cagar alam di Singapura yang lokasinya berjarak 12 km dari pusat kota.

Cagar alam dengan luas 163 hektare merupakan bukit tertinggi di Singapura yakni Bukit Timah Hill yang menjadi kawasan pertahanan hutan hujan primer di negara Singapura.

Hutan yang berada di atas bukit ini sebagai tempat pengumpulan botani sudah lebih dari 1 abad dan lokasinya menjadi penemuan adanya spesimen pertama dari banyaknya spesies tanaman Melayu.

Baca Juga Artikel Singapura Lainnya dari Transfez

Cara Top Up Saldo di Aplikasi Transfez Singapura
Mengenal Tradisi Singapura
Makna Lambang Negara Singapura
Arti Bendera Singapura dan Sejarahnya
Daftar Pemimpin Singapura
Keuntungan Tinggal di Singapura
Daftar Makanan Khas Singapura

Pengelompokan Bagian Wilayah Singapura

Dengan kamu mengetahui wilayah tertinggi di Singapura maka bisa memahami bagian wilayah di negara ini. Secara keseluruhan, negara Singapura dikelompokkan ke dalam tiga bagian sebagai berikut:

1. Daerah Bukit Tengah

Bagian utara dan juga tengah yang ada di wilayah Singapura adalah wilayah dengan kawasan bukit yang memiliki puncak bulat. Wilayah tertinggi di negara Singapura ini adalah Bukit Timah yang memiliki ketinggian kurang lebih 164 meter.

Bukit Timah sebagai titik tertinggi di Singapura kemudian untuk urutan berikutnya adalah Bukit Gombak, Bukit Panjang dan Bukit Mandai. Wilayahnya telah dialiri sejumlah sungai yang digunakan sebagai saluran irigasi dan juga sarana transportasi.

2. Daerah Dataran Timur

Selain adanya wilayah tertinggi di Singapura juga terdapat dataran yang berada di kawasan Timur. Bagian timur untuk wilayah Singapura ini adalah kawasan dataran rendah yang memiliki dataran aluvial dan juga banyak rawa.

Pada umumnya sungai yang mengalir di kawasan ini terbilang sangat pendek, dangkal dan bahkan aliran airnya sangat lambat. Hal ini tentunya mengakibatkan sungai yang ada di wilayah dataran timur tidak terlalu dimanfaatkan.

Lihat Juga Video Mudahnya Melakukan Pengiriman Uang Ke 60+ Negara

3. Daerah Barat Daya

Kelompok bagian wilayah yang ada di Singapura salah satunya wilayah barat daya yang cukup bergelombang dengan adanya lembah dan rawa. Di kawasan ini terdapat beberapa bukit yang terbilang cukup rendah seperti halnya Bukit Faber, Bukit Sesop dan Bukit Pasir Panjang.

Bukit Faber adalah salah satu destinasi wisata yang sangat terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan lokal hingga asing. Wilayah barat daya ini juga teraliri oleh adanya beberapa sungai kecil meliputi Sungai Jurog, Kranjim Singapura, Cho Chu Kang dan juga Pandan.

Profil Bukit Timah Singapura

Bukit Timah sebagai wilayah tertinggi di Singapura sebagai cagar alam yang merupakan salah satu sistem ekologi terkaya dan sangat beragam. Pengunjung yang datang ke Bukit Timah akan melihat berbagai macam kehidupan hewan dan tumbuhan sangat menakjubkan sebagai khasnya iklim khatulistiwa yang cukup lembab.

Bukti tertinggi di Singapura ini sebagai daerah dengan tangkapan air tengah lalu dinyatakan sebagai cagar alam sejak tahun 1990. Sekarang ini cagar alam telah ditetapkan sebagai penyebaran, perlindungan dan bahkan pelestarian flora fauna asli Singapura di bawahnya Parks anda Trees Act 2005.

Bukit Timah Sebagai Lokasi Pendakian

Cagar alam tertinggi di Singapura ini merupakan area hutan rimbun namun memiliki jalur yang sangat mudah untuk dilalui dan telah diperbarui lagi sejak tahun 2016 dengan adanya trotoar, tangga dan pagar tali baru.

Untuk menuju ke kawasan ini terdapat beberapa rute dengan berbagai macam tingkat kesulitan yang bisa dijelajahi oleh pengunjung tergantung dari keinginan kamu untuk jalan santai atau sebagai ajang olahraga. Selain bisa dilalui dengan jalan kaki, rutenya cagar alam bisa dilalui dengan menggunakan sepeda dengan rute yang aman digunakan.

Kegiatan yang Dilakukan di Bukit Timah

Saat berkunjung ke wilayah tertinggi di Singapura ini bisa menjadi waktu terbaik untuk menghabiskan waktu bersama keluarga pada akhir pekan dan menjauhi hiruk piku tengah kota Singapura. Namun kamu harus bisa memilih trek yang diinginkan mengingat terdapat beberapa trek sulit dilalui sehingga membutuhkan persiapan dengan matang sebelumnya.

Orang tua dan anak-anak bisa menjalin ikatan sambil menikmati karya seni dan kerajinan di serangkaian lokarya dan bahkan bisa menikmatinya dengan jalan-jalan singkat di sekitar area Bukit Timah.

Jika ingin menikmati suasana alam yang lebih dalam lagi maka bisa mengikut program penjaga alam, setiap anak muda bisa tergabung dan belajar mengenai perlindungan serta konservasi satwa di dalam kehidupan liar di kawasan cagar alam tersebut.

Geografi Singapura

Singapura merupakan salah satu negara di kawasan Asia Tenggara yang memiliki 63 pulau termasuk daratan Singapura dengan pulau utamanya adalah Pulau Singapura atau Pulau Ujong. Terdapat 2 jembatan buatan yang digunakan untuk menuju ke Johor, Malaysia di Singapura utara dan sebagai penghubung antar dua negara di barat.

Pulai Jurog, Tekong dan Ubin merupakan pulau terbesar dan titik tertingginya di Bukit Timah Hill. Sebagai negara yang terbilang sangat kecil, Singapura bahkan melakukan reklamasi pantai dengan tanah didapatkan dari bukit, dasar laut dan bahkan negara tetangga guna memperluas wilayah daratannya.

Iklim

Sistem iklim koppen di Singapura ini mempunyai iklim tropik khatulistiwa tanpa musim yang berbeda, kesamaan pada suhu, kelembapan tinggi dan curah hujannya juga melimpah. Suhunya mencapai kisaran 22 sampai 34 derajat celcius dengan bulan Mei Juni adalah bulan panas sedangkan November Desember musim muson basah.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store
350px appstore

Demikianlah beberapa penjabaran mengenai wilayah tertinggi di Singapura yang dapat kamu ketahui. Wilayah tersebut adalah Bukit Timah Hill sebagai kawasan cagar alam.