Pelabuhan di Singapura yang Terkenal untuk Penumpang dan Angkut Barang

Singapura sebagi salah satu negara yang ada di kawasan Asia Tenggara dengan ketersediaan pelabuhan transit teramai di negara ini. Pelabuhan di Singapura bisa menjadi alternatif pilihan yang dapat digunakan selain harus menggunakan jalur udara.

Lihat Juga Cara hemat dan cepat dari Singapura ke Indonesia untuk bayar tagihan air

Pasalnya pelabuhan yang ada di Singapura cukup banyak sebagai pelabuhan penumpang hingga barang. Bahkan tidak sedikit wisatawan yang lebih memilih dengan menyeberangi lautan dibandingkan harus naik pesawat untuk bisa sampai ke Singapura.

Pelabuhan di Singapura untuk Penumpang dan Barang

Pelabuhan di Singapura yang Terkenal untuk Penumpang dan Angkut Barang

Di Singapura ini memiliki aktivitas yang sangat sibuk pada jalur lautnya baik itu untuk penumpang ataupun membawa barang. Terlebih Singapura terkenal dengan kepemilikan kapal siar besar sehingga besar kemungkinan Singapura memiliki banyak pelabuhan.

Baca Juga Artikel Singapura Lainnya dari Transfez

Cara Top Up Saldo di Aplikasi Transfez Singapura
Mengenal Tradisi Singapura
Makna Lambang Negara Singapura
Arti Bendera Singapura dan Sejarahnya
Daftar Pemimpin Singapura
Keuntungan Tinggal di Singapura
Daftar Makanan Khas Singapura

Setiap pelabuhan dan terminalnya memiliki fungsinya masing-masing. Berikut inilah beberapa uraian mengenai setiap pelabuhan yang ada di Singapura:

1. Port of Singapore

Salah satu pelabuhan Singapura yang tidak berada dalam satu tempat melainkan telah merujuk pada terminal dan juga fasilitas kolektif yang tersebar di pesisir negara Singapura. Port of Singapore merupakan pelabuhan tersibuk yang ada di dunia dan sampai sekarang ini mampu menangani perdagangan dan pengiriman melalui jalur laut Singapura.

Port of Singapura telah dikelola oleh 2 operator yakni PSA International dan Jurong Port serta memiliki 11 terminal sebagai pelabuhan yakni lokasinya di Brani, Keppel, Jurong, Pasir Panjang, Tanjong Pagar dan juga Sembawang, namun pelabuhan Jurong lah yang menjadi satu-satunya terminal serba guna.

Meskipun memang pelabuhan ini menangani kontainer dan pengiriman namun memiliki terminal khusus untuk kapal pesiar.

2. Jurong Port

Jurong port merupakan pelabuhan di Singapura yang memiliki markas di Jurong East Singapura. Pelabuhan Jurong Port ini merupakan salah satu bagian dari adanya pelabuhan Singapura yang mampu menangani kurang lebih 40 ribu kapal per tahunnya.

Jurong port mencakup bagian wilayah dengan luasnya sekitar 155 hektar untuk mendukung berbagi macam fasilitas. Ketersediaan fasilitasnya meliputi terminal kargo general, terminal peti kemas, terminal kargo besar, ro ro dan yang lainnya.

3. Singapore Cruise Center

Salah satu pelabuhan yang ada di Singapura yang letaknya di sebelah selatan dari Singapura ini telah dibangun sejak tahun 1991 untuk dikembangkan kembali oleh PTA International. Sehingga membuat Singapore Cruise Center menjadi pusat pesiar international pertama kali milik Singapura.

Singapore Cruise Center mempunyai 2 terminal yakni terminal penumpang internasioanl dan juga terminal feri regional bahkan juga mengelola dua terminal kapal feri di Tanah Merah. Pelabuhannya ini bisa ditempuh dalam waktu selama 20 menit dengan naik mobil dari Bandara Internasional Changi.

4. HarbourFront

Pelabuhan di Singapura dari arah Batam Indonesia dan banyak sekali warga Singapura yang datang ke Batam begitupun sebaliknya melalui jalur pelabuhan ini. Selain itu untuk terminal penumpang kapal feri internasional juga dijadikan sebagai pintu gerbang saat hendak menuju ke Pulau Sentosa.

Kelebihan yang dimiliki oleh pelabuhan ini adalah lokasinya strategis dan fasilitas yang sangat mumpuni guna mendukung kenyamanan para penumpang. Menariknya kawasan ini juga telah dikembangkan sebagai area pusat bisnis dan juga lifestyle yang sangat modern.

Lihat Juga Video Mudahnya Melakukan Pengiriman Uang Ke 60+ Negara

5. Keppel Harbour

Keppel Harbour diambil namanya dari Kapten Harry Keppel yang dulunya sebagai penemu area ini saat menjalani dinas di negara Singapura. Pelabuhan Keppel ini berada di Pulau Keppel perairan yang telah memisahkan antara pulau utama Singapura dengan Pulau Brani serta Pulau Sentosa.

Lokasi pelabuhan yang satu ini berdekatan dengan area pelabuhan HarbourFront dan areanya merupakan kawasan rumah untuk Singapore Cruise center. Pulau Keppel merupakan salah satu bagian dari pelabuhan di Singapura yang dulunya menjadi tempat galangan kapal yang membuat dan memperbaiki kapal sampai tahun 2000.

6. Marina South Pier

Salah satu pelabuhan Singapura yakni Marina South Pier yang merupakan dermaga dengan lokasinya di Marina South Singapura. Dermaga yang satu ini telah dikelola dengan baik oleh Matirime and Port Authority of Singapore.

Terminalnya ini adalah terminal yang digunakan untuk para pelancong yang akan naik kapal kecil atau kapal fero menuju ke pulau di sebelah selatannya negara Singapura. Terdapat kapal feri yang beroperasi secara reguler dari dermaga menuju ke Pulau Kusu serta Pulau Saint John’s dengan pemandangannya yang sangat indah pada atap terbuka di pelabuhan ini

7. Serangoon Harbour

Ketersediaan pilihan pelabuhan Singapura yakni Serangoon Harbour lokasinya di antara pulau utama Singapura yakni Pulau Ujong dan juga Pulau Ubin. Dalam rangka mencapai pelabuhan yang satu ini dari daratan utamanya, jasa transportasinya merupakan kapal feri bumboat kecil.

Kapalnya ini akan bertolak dari terminal kapal feri Changi Point dan biasanya akan melanjutkan perjalanannya sampai ke dermaga utama Pulau Ubin. Selain itu juga ada banyak kelong di Pelabuhan yakni peron yang telah dibangun nelayan guna memenuhi keperluan untuk memancing dan juga budidaya ikan.

8. Marina Bay Cruise Center

Marina South yang lokasinya sangat berdekatan dengan Marina Sourt Pier terdapat satu terminal pesiar yakni Marina Bay Center Cruise. Pelabuhan yang terletak di Singapura ini menjadi pusat pesiar yang telah selesai pembangunannya sejak 22 Mei 2012 dan diresmikan 22 Oktober 2012.

Terminal dari pesiar telah menerima kapal Voyager of the Sea yang telah melengkapi kebutuhan fasilitas guna menaikkan perkembangan pada sektor pelayanan rekreasi yang ada di negara Singapura. Dengan demikian tidak heran lagi jika kawasan pelabuhan yang satu ini memiliki aktivitas yang sangat sibuk sebagai terminal untuk para penumpang.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store
350px appstore

Demikianlah beberapa uraian mengenai pelabuhan di Singapura yang sangat sibuk untuk jalur laut baik dalam mendukung kegiatan penumpang atau bahkan sebagai pelabuhan barang. Ketersediaan pelabuhan yang sangat banyak mampu memenuhi kebutuhan penumpang jika akan menyeberang.

Instagram