Tradisi Lebaran di Iran Berbagi Makanan Tanpa Ada Kemeriahan

Tradisi Hari Raya Idul Fitri di wilayah Timur Tengah mengusung perayaan yang berbeda-beda, ada yang merayakannya dengan meriah ataupun tanpa adanya pesta. Salah satunya tradisi lebaran di Iran juga mempunyai konsep tersendiri yang pastinya sangat berbeda dengan negara lain.

Dalam merayakan hari kemenangan di Iran sama halnya dengan Arab Saudi yang mana cenderung lebih tenang kurang meriah. Masyarakatnya hanya melaksanakan sholat Ied dan melanjutkan dengan kegiatan silaturahmi bersama keluarga besar saja sehingga terbilang cukup sepi dibandingkan dengan yang berlangsung di Indonesia.

Tradisi Lebaran di Iran

Tradisi Lebaran di Iran

Iran masuk sebagai wilyah Timur Tengah yang merayakan Hari Raya Idul Fitri pada setiap tahunnya meskipun tidak berlangsung ramai. Meskipun demikian terdapat tradisi yang selalu dijalankan oleh masyarakat Iran untuk menyambut hari kemenangan setelah menjalankan puasa penuh selama 30 hari.

Inilah beberapa tradisi yang selalu dijalankan oleh masyarakat Iran ketika menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri:

Sholat Ied Berjamaah

Perayaan Hari Raya Idul Fitri memang selalu identik dengan melaksanakan sholat Ied di tanah lapang secara berjamaah. Dalam hal ini semua orang berkumpul menjadi satu untuk melangsungkan beribadah sebagai bentuk hari kemenangan yang telah dinantikan dalam 1 bulan dengan menjalankan ibadah puasa.

Rasa dari Hari Raya Idul Fitri pun akan sangat terasa karena hanya dilakukan setiap 1 tahun sekali secara bersama-sama. Iran identik dengan menjalankan ibadah nsholat Ied di tanah lapang atau lapangan terbuka yang menjadi ajaran dari Islam.

Baca Juga Artikel Lainnya dari Transfez

Cara Cek Mutasi Rekening Bank Syariah Indonesia Lewat BSI Mobile dan ATM
Cara Cek Nomor Rekening BSI Lewat BSI Mobile dan Syarat Pengecekan
Cara Cek Saldo Rekening BSI Lewat BSI Mobile dan Internet Banking
Jenis Tabungan Bank Syariah Indonesia dan Keunggulan Produknya

Kegiatan Silaturahmi

Tradisi yang dimiliki oleh semua umat Muslim di dunia dengan menjalin silaturahmi ketika selesai melaksanakan sholat Ied. Hal ini juga dilakukan oleh masyarakat Iran yang melangsungkan kegiatan silaturahmi setelah melaksanakan sholat Ied.

Tradisi silaturahmi tidak hanya untuk anggota keluarga dan kerabat dekat namun juga tetangga sehingga bisa saling meminta maaf dan memaafkan. Perayaan Idul Fitri dengan silaturahmi sebagai bentuk untuk meningkatkan jalinan hubungan antar masyarakat sekitar ataupun kerabat yang jauh.

Memberi Makanan Pada Orang Kurang Mampu

Tradisi lebaran di Iran yang selalu dilakukan pada waktu perayaan Hari Raya Idul Fitri dengan memberikan makanan atau bahan pokok pada orang kurang mampu. Setiap keluarga yang merasa bahwa dirinya mampu akan turun tangan memberikan makanan pada keluarga yang lain.

Hal ini sesuai dengan ajaran agama Islam yang selalu membantu orang lain saat kita berada dalam kondisi memungkinkan untuk membantu. Iran menerapkan ini sebagai bentuk perayaan hari kemenangan sehingga setiap keluarga kurang mampu agar bisa merasakan kemenangan tersebut.

Menikmati Kudapan Daging Sapi atau Domba

Iran tidak hanya berfokus dengan tradisi silaturahmi dan mengasihi terhadap sesama akan tetapi juga menghidangkan makanan lezat untuk spesial Hari Raya Idul Fitri. Akan tetapi kebanyakan makanan tersebut akan dibagikan pada masyarakat yang lainnya sehingga bisa menikmati secara bersama-sama.

Beberapa makanan yang dibagikan di antarnya makanan yang terbuat dari bahan daging sapi dan domba. Kedua makanan tersebut nantinya akan dimasak dengan menggunakan resep berbeda sehingga menghasilkan cita rasa yang lebih bervariasi dan tidak membosankan hanya satu jenis rasa makanan saja.

Pemberian Uang

Iran merupakan negara yang mana penduduknya menganut ajaran agama Syiah dengan perayaan Hari Raya Idul Fitri tidak semeriah yang dilakukan di Indonesia. Masyarakat Iran kebanyakan merayakan Hari Raya Idul Fitri secara personal sehingga tidak terlihat semarak seperti di negara lainnya.

Sehingga masyarakat hanya melakukan beberapa tradisi lebaran di Iran yang sudah ada sejak dahulu kala salah satunya membagikan uang. Selain masyarakat Iran membagikan banyak makanan dari daging sapi dan domba juga memberikan sejumlah uang pada mereka yang membutuhkan, jumlahnya tergantung dari orang kaya yang memberikkannya.

Tidak Terdengar Takbiran

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa takbiran merupakan bentuk tradisi yang dilakukan untuk menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri pada keesokan harinya. Akan tetapi hal ini berbeda dengan yang berlangsung di Iran tidak terdengar seruan takbir yang meriah seperti halnya dilakukan di Indonesia.

Ajaran Syiah di Iran ini tidak membuat keramaian pada saat hari lebaran dan berlangsung sangat tenang tanpa ada seruan yang meriah. Tidak hanya di Iran, beberapa negara Timur Tengah lainnya juga banyak yang tidak menyerukan takbiran pada hari akhir Bulan Ramadhan.

Tradisi Ramazunike

Tidak hanya ada tradisi lebaran di Iran namun terdapat berbagai macam tradisi dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan yakani Ramazunike artinya Membaca Ramadhan sebagai budaya yang dilakukan oleh Muslim di Sistan dan Baluchestan. Tradisi ini sudah memiliki sejarah 1400 tahun lebih pada awal adanya agama Islam.

Perayaan dalam menyambut datangnya bulan Ramadhan ini masih sangat kental di lingkungan pedesaan yang dilakukan oleh para pemuda dan tetua berkeliling ke pintu-pintu rumah penduduk dan membaca puisi Islami. Setelah adzan maghrib akan diberikan bahan makanan berupa kurma, tepung, biji-bijian, ataupun uang oleh penduduk yang rumahnya tadi dikunjungi.

Perayaan Idul Adha

Selain ada perayaan yang dilangsungkan untuk Idul Fitri juga ada tradisiI Idul Adha di Iran. Pada saat melangsungkan sholat Idul Adha sangat berbeda dengan Sholat Idul Fitri, kali ini setiap muslim akan mengenakan pakaian formal dan pergi ke masjid ataupun ke lapangn terbuka.

Idul Adha di Iran lebih dikenal dengan sebutan Idul Adha Asin yang menyajikan berbagai macam hidangan gurih dari daging sapi ataupun kambing. Beberapa daging yang didapatkannya akan dimasak menjadi kebab dan haleem.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai tradisi lebaran di Iran yang sangat berbeda dengan kemeriahan di Indonesia. Iran lebih sepi dan tenang namun tidak lupa berbagi makanan terhadap sesama di sekitarnya.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Artikel ini terakhir diperbaharui pada 11 Maret 2024