Tradisi Lebaran di India dengan Chaan Raat Malam Terakhir Ramadhan

Hari Raya Idul Fitri merupakan perayaan yang selalu dinantikan oleh umat Muslim di seluruh dunia sebagai hari kemenangan. Tradisi lebaran di India salah satunya, negara yang terkenal dengan tradisi hena ini juga diberlakukan ketika akan merayakan hari lebaran.

Lebaran menjadi momen yang ramai dengan berbagai macam tradisi dan budaya tergantung dari daerahnya masing-masing. Tradisi juga menyesuaikan dengan adat setempat yang mana setiap negara yang negara lain tentunya berbeda.

Tradisi Lebaran di India

Tradisi Lebaran di India

Perayaan hari lebaran selalu dilakukan di setiap negara dengan mengusung konsep yang berbeda. Hari Raya Idul Fitri akan disambut dengan penuh suka cita bersama tradisi yang melekat di sekitarnya.

Inilah beberapa tradisi yang ada pada hari lebaran khususnya di negara India:

Chaand Raat

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa India menggunakan tradisi Chaand Raat untuk memeriahkan perayaan hari lebaran pada malam terakhir bulan Ramadhan. Orang-orang akan pergi keluar untuk datang ke tempat bazar dan berbelanja kebutuhan chaand raat.

Biasanya keperluan yang nantinya akan dibeli adalah perlengkapan hena hingga perhiasan untuk digunakan pada malam hari itu, sehingga suasananya sangat meriah dengan toko-toko buka sampai tengah malam melayani chaand raat. Perempuan India juga mengenakan pakaian tradisional dan menghias tangan kakinya dengan menggunakan hena.

Berkumpul Bersama Keluarga

Acara yang paling dinantikan adalah tradisi lebaran di India dengan berkumpul keluarga besar tepat pada hari Raya Idul Fitri setelah melaksanakan sholat Ied. Tradisi ini menjadi momen yang jarang sekali ada dan hanya bisa dilakukan pada saat perayaan hari lebaran.

Selain itu berkumpul dengan keluarga besar sebagai bentuk menjalin silaturahmi yang sudah tertanam sejak dulu dan masih dipertahankan hingga kini. Sebenarnya tradisi ini hampir dimiliki oleh negara yang ada di dunia saat melakukan perayaan hari lebaran salah satunya mirip yang dilakukan juga di Indonesia.

Baca Juga Artikel Lainnya dari Transfez

Cara Cek Mutasi Rekening Bank Syariah Indonesia Lewat BSI Mobile dan ATM
Cara Cek Nomor Rekening BSI Lewat BSI Mobile dan Syarat Pengecekan
Cara Cek Saldo Rekening BSI Lewat BSI Mobile dan Internet Banking
Jenis Tabungan Bank Syariah Indonesia dan Keunggulan Produknya

Menyantap Hidangan Servai

Makanan servai biasanya disajikan pada saat Hari Raya Idul Fitri dan menjadi salah satu makanan khas lebaran di India. Hidangan yang satu ini akan disantap bersama-sama ketika momen keluarga besar sudah berkumpul pada satu rumah.

Sehingga kenikmatannya akan semakin berasa karena sembari berkumpul menikmati makanan khas lebaran ini. Sebab makanan servai tidak selalu ada setiap hari dan hanya pada momen tertentu saja.

Memberi Hadiah

Tradisi lebaran di India yang lainnya adalah pemberian hadiah yang dilakukan setelah menyelesaikan sholat Ied. Semua umat Islam yang ada di India akan mengunjungi sanak saudaranya dan teman-teman untuk memberikan hadiah pada anak-anak.

Hadiah yang diberikan pun beraneka macam seperti halnya uang, barang rumah tangga hingga kelengkapan aksesoris. Tradisi ini membuat acara hari lebaran semakin meriah dengan diikuti oleh semangat anak-anak yang ingin mendapatkan hadiah.

Acara Komunal Besar

Sebagian besar masyarakat Muslim yang ada di India mengadakan acara komunal besar dengan dihadiri banyak orang. Kegiatan ini biasanya berlangsung di rumah pertemuan, aula sewaan ataupun pusat kegiatan dengan suasana yang sangat meriah suka cita hari lebaran.

Banyak orang berdatangan untuk menikmati perayaan hari lebaran ini bersama-sama. Tidak hanya berkumpul namun juga menikmati santapan hidangan yang telah dipersiapkan sebelumnya di acara komunal besar.

Makanan Tradisional Idul Fitri

Tradisi lebaran di India yang tak kalah menariknya dengan perayaan di negara lain adalah kehadiran makanan yang hanya ada pada saat Hari Ray Idul Fitri. Makanan ini biasanya disajikan sepanjang hari sehingga bisa menikmatinya secara leluasa.

Makanan yang tersedia di antaranya Sheer Kurma yakni makanan mie bihun manis panggang ditambah susu dan buah kering, saviyaan sejenis puding dari susu manis dan juga kurma, ras malai sejenis kue keju. Selain itu juga terdapat hidangan makanan kibbeh, bakso yang terbuat dari daging domba dan sapi.

Mengenakan Pakaian Tradisioanl

Keunikan yang berlangsung pada saat perayaan hari lebaran di India sangat mengusung tradisi cukup kental. Salah satu yang selalu dilakukan sampai sekarang ini adalah masyarakatnya mengenakan pakaian tradisional India untuk perayaan Hari Ray Idul Fitri.

Pakaian Idul Fitri yang dikenakan oleh pria di antaranya Kurta Piyama, Tqiyah dan juga Mojri. Sementara itu pakaian yang digunakan oleh para perempuan India adalah Lehenga Choli, Salwar, Kameez dengan tambahan jilbab hiasan yang sangat menarik.

Menghias Pakaian untuk Idul Fitri

Tradisi Lebaran di India yang mana masih berhubungan langsung dengan pakaian untuk Hari Raya Idul Fitri. Para Muslim di India dalam merayakan hari lebaran dengan menghiasi topi dan juga pakaian yang nantinya akan digunakan.

Persiapan menghias ini dilakukan jauh-jauh hari sebelum hari kemenangan ini datang. Selain itu orang-orang juga akan mencari sari ataupun pakaian terbaik agar bisa digunakan untuk silaturahmi dan melaksanakan sholat Idul Fitri.

Mendekorasi Rumah

Jika para perempuan India melangsungkan malam rembulan dengan menghiasi tangan dan kakinya menggunakan hena, pria juga menggoreskan kata-kata Ied Mubarak pada bagian pergelangan kakinya. Selain itu juga ada tugas tersendiri bagi para pria menjelang penyambutan hari kemenangan yang sebentar lagi akan tiba dengan sambutan luar biasa dari masyarakat.

Para pria India akan mendekorasi rumahnya semenarik mungkin sebagai bentuk hari suka cita menyambut datangnya Idul Fitri. Sementara itu pada waktu yang bersamaan para perempuan akan mempersiapkan sajian makanan di dapur untuk di makan bersama-sama dan perayaan hari lebaran ini sangat meriah meskipun Islam merupakan agama minoritas di India.

Demikianlah beberapa uraian penjabaran mengenai tradisi lebaran di India yang dirayakan sangat meriah oleh semua lapisan masyarakat. Meskipun sebagai agama minoritas namun tidak menyurutkan semangat umat Muslim untuk menyambut datangnya hari kemenangan dengan cara bersilaturahmi dan menikmati makanan khas.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Artikel ini terakhir diperbaharui pada 11 Maret 2024