jenis uang apa aja lur

Uang merupakan benda yang diterima oleh masyarakat luas yang digunakan sebagai alat tukar dalam bertransaksi jual beli atau dalam kegiatan ekonomi.

Dalam ilmu ekonomi tradisional, definisi uang adalah sekadar alat tukar. Adapun dalam  ilmu ekonomi modern, uang didefinisikan lebih jauh.

Menurut ilmu ekonomi modern uang adalah alat taransaksi pembayaran jual beli barang dan jasa, kekayaan atau aset berharga lainnya, dan dapat dipergunakan sebagai alat pembayaran utang.

Uang memiliki beberapa jenis, yang mungkin kamu belum familiar. Biasanya kita hanya mengenal uang sebagai alat pembayaran dan digunakan pada alat pemasaran hari-hari saja.

Nah, agar kamu lebih memahami lagi tentang uang. Berikut dibawah ini adalah jenis-jenis uang yang harus kamu ketahui.

Jenis Uang Berdasarkan Bahan Pembuatnya

Uang kertas

Uang kertas merupakan jenis uang yang memiliki bahan dasar kertas yang dalam prose pembuatannya terdapat cap dan gambar tertentu. Dalam pasal Undan-undang no, 23 tahun 1999 tentang BI, dijelaskan di dalamnya bahwa uang kertas adalah uang yang dibentuk oleh bahan keras ataupun bahan yang menyerupai kertas.

Uang logam

Uang logam  adalah uang yang biasanya terbuat dari emas atau perak. Alasan mengapa emas dan logam dijadikan bahan dasar dari uang kertas adalah karena memiliki persyaratan uang yang efisien.

Kedua bahan tersebut memiliki harga yang cukup relatif tinggi, alasan tersebut lah mengapa uang dapat uang yang terbuat dari emas dan perak dapat diterima oleh banyak orang. Dalam [perkembangannya uang logam tidak lagi dilihat berdasarkan berat emas atau perak, tetapi dari nilai nominal yang dimiliki oleh uang logam tersebut.

Uang logam memiliki nilai tukar sendiri yaitu dari nilai intrinsic dan nilai tukar.

Baca Juga Artikel Tentang Kehidupan di Luar Negeri:

7 Universitas Favorit di Malaysia
Cara Mendapatkan Beasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Tujuan Kuliah di Luar Negeri
11 Tips Hemat Jadi Mahasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Pemburu Beasiswa

Jenis Uang Berdasarkan Lembaga Yang Menerbitkan

Uang Kartal

Uang kartal merupakan uang yang diterbitkan oleh Bank Sentral. Di Indonesia yang menerbitkan uang kartal adalah Bank Indonesia.

Uang kartal juga merupakan uang yang digunakan di seluruh elemen masyarakat Indonesia. Uang kartal memiliki nilai tukar yang sama dengan bahan dasar pembuatannya, contohnya adalah uang kertas dan uang logam

jenis uang banyak juga lur

Uang Giral

Uang giral diterbitkan oleh bank umum yang dikeluarkan dalam bentuk cek atau bilyet giro.

Uang kartal dan uang giral memiliki beberapa perbedaan yang perlu kamu ketahui, yaitu:

  • Uang Kartal bisa digunakan pada seluruh masyarakat Indonesia. Uang Giral hanya bisa digunakanan untuk kalangan tertentu
  • Uang Kartal memiliki nilai nominal yang tertera dan terbatas. Uang Giral nilainya ditulis sesuai dengan kebutuhan atau keinginan, dan nilai nominal uang giral tidak terbatas.
  • Uang Kartal dijamin oleh pemerintah . Uang Giral dijamin oleh bank yang mengeluarkannya
  • Uang Kartal memiliki kepastian pembayaran sesuai dengan nominal. Uang giral belum memiliki kepastian dalam pembayaran

Jenis Uang Berdasarkan Nilainya

Full Bodied Money

Uang jenis ini merupakan uang yang memiliki nilai penuh atau nilai instrik dan nilai nominal yang sama. Contohnya adalah uang logam mulai yang terbuat dari emas atau perak.

Representative Full Bodied Money

Full bodied Money atau uang yang bernilai tidak penuh adalah uang yang memiliki nilai intrinsik lebih kecil dibandingkan dengan nilai nominalnya.

Contohnya adalah uang kertas

Baca Juga Cara Transfer Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Transfer Uang ke Hongkong
Cara Transfer Uang ke Filipina
Cara Transfer Uang ke Australia
Cara Transfer Uang ke Singapura
Cara Transfer Uang ke Cina
Cara Transfer Uang ke Malaysia
Cara Transfer Uang ke Jepang

Jenis Uang Berdasarkan Pada Kawasan Penggunaannya

Jenis uang juga dapat dibedakan dari kawasan penggunanya yang terbagi menjadi tiga jenis yaitu uang loka, uang, regional, dan uang internasional.

Uang lokal

Uang Lokal adalah uang yang hanya berlaku pada suatu negara tertentu saja.

Contohnya adalah mata uang Rupiah yang hanya bisa digunakan di Indonesia saja.

Uang regional

Uang regional adalah uang yang penggunaanya lebih luas dibandingkan dengan uang uang local

Contohnya adalah mata uang Euro yang dapat digunakan para beberapa negara di Eropa sekutu Austria, Jerman, Spandol, dan lainnya

Uang Internasional

Uang internasional merupakan uang yang dapat digunakan di seluruh belahan dunia. Penggunanya dapat menggunakan uang ini ketika berada dimanapun.

Contoh uang Internasional adalah Dollar Amerika yang menjadi standar pembayaran Internasional.

Fungsi Uang

Setelah kamu mengetahui jenis uang yang ternyata terdapat banyak jenisnya. Kamu juga perlu mengetahui fungsi uang yang ternyata bukan hanya untuk alat transaksi pembayaran saja.

Berikut dibawah ini adalah fungsi uang yang dibedakan dari fungsi asli uang dan fungsi turunan uang. Mari dismak!

Fungsi Asli Uang

  1. Medium of change yaitu fungsi uang sebagai alat tukar. Fungsi ini membuat kamu tidak perlu bertransaksi barang dengan menukarnya dengan barang lagi,karena uang dapat dijadikan untuk alat tukar pada transaksi tersebut.
  2. Unit Of Account yaitu fungsi uang sebagai satuan hitung. Fungsi ini menunjukkan nilai kekayan, nilai barang atau jasa yang diberikan, serta menghitung jumlah pinjaman.
  3. Valuta yaitu fungsi uang sebagai alat penyimpanan nilai. Fungsi uang yang digunakan untuk mengalihkan daya beli pada masa sekarang ke masa depan atau masa yang akan datang.

Fungsi Turunan Uang

  1. Alat transaksi yang sah
  2. Alat pembayaran utang
  3. Alat penimbun kekayaan
  4. Alat pemindah kekayaan
  5. Alat pendorong kegiatan ekonomi

Penutup

Demikianlah informasi mengenai jenis-jenis uang yang ternyata memiliki beberapa jenis. Sebelumnya mungkin kamu hanya familiar dengan jenis uang logam saja yang ternyata merupakan jenis uang yang berdasarkan bahan pembuatnya.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Instagram