mengenal lebih dekat working holiday visa jerman

Jerman merupakan salah satu negara industri terbesar di dunia. Apalagi, negara ini juga masuk bagian dari negara-negara G20 sehingga mempunyai produk domestik bruto terbesar di dunia. Saat kerja di Jerman, maka bisa meningkatkan kualifikasi dan pengetahuan kita tentang dunia industri.

Salah satu cara untuk bekerja di sana adalah melalui Working Holiday Visa Jerman. Seperti yang diketahui bahwa Working Holiday Visa Jerman adalah sebuah program untuk dapat bekerja sekaligus liburan di luar negeri. Secara umum, visa ini hanya diperuntukan pada anak muda yang baru lulus kuliah atau tertarik melakukan magang di sana.

Baca juga: Tips Beli Rumah di Luar Negeri

Syarat Kerja di Jerman

Untuk bisa mendapatkan WHV Jerman ini, tentunya kamu harus tahu syarat utamanya. Biasanya bagian ini diberikan oleh dinas tenaga kerja dan kementerian luar Jerman.

Secara umum persyaratan yang harus dipenuhi calon pekerja adala memahami bahasa Jerman. Hal itu ditunjukkan dengan sertifikat bahasa Jerman dan keterampilan teknis lainnya. Kamu dapat persiapkan dengan mengikuti kursus bahasa Jerman di Studiva.

Namun, pengajuan visa kerja di kedutaan besar Jerman adalah tanggung jawab kementerian luar negeri. Untuk memperoleh sertifikat yang diminta oleh pemberi kerja di Jerman, persiapkan persyaratan untuk dinas tenaga kerja ini sejak awal, paling lama enam bulan hingga setahun.

Selain itu, kamu harus mengikuti prosedur administratif dinas tenaga kerja Jerman. Apa yang dimaksud dengan prosedur ini? Salah satunya adalah bahwa kamu harus melakukan magang di Jerman. Program yang dikenal sebagai ausbildung ini adalah untuk memulai pekerjaan formal di sana.

Mengenal Ausbildung

Kegiatan Ausbildung pada Working Holiday Visa Jerman

Ausbildung sendiri adalah proses pemagangan bekerja di industri Jerman. Peserta latihan akan mendapat pengawasan dan penilaian dari supervisor mereka. Setelah itu, mereka baru akan diberi izin untuk bekerja tetap di Jerman.

Syarat-syarat ini cukup panjang dan sangat penting untuk mereka yang ingin bekerja di Jerman. Mereka berlaku untuk pekerjaan di bidang akademik, seperti sebagai dosen, profesional, konsultan, atau praktisi bisnis.

Ranah industri yang dimaksud adalah menjadi pegawai industri. Biasanya, mereka diminta untuk melakukan pemagangan selama tiga hingga dua belas bulan sebagai proses adaptasi. Nantinya akan mendapatkan informasi dan bantuan dari dinas tenaga kerja. Bahkan, otoritas tenaga kerja setempat untuk mendapatkan pekerjaan tetap setelah proses pendidikan selesai. Jangan khawatir, kamu bisa mendapatkan pekerjaan di Jerman jika memiliki kualifikasi dan kemampuan bahasa yang memadai.

Pertimbangan saat kerja di Jerman

Jika kamu ingin memulai pekerjaan di Jerman, maka harus mempertimbangkan beberapa hal. Selain prosedur dinas tenaga kerja, kamu harus mendapatkan izin dari kementerian luar negeri Jerman melalui kedutaan besar Jerman pada semua negara mitra bisnisnya. Hal itu juga termasuk Indonesia yang kedutaan besarnya berlokasi di Jakarta.

Sangat penting untuk memperhatikan ijin atau visa ini. Jika kamu ditemukan bekerja atau magang di Jerman secara ilegal, maka akan dikeluarkan dan dimasukkan ke dalam blacklist selamanya. Kamu juga harus sangat hati-hati saat mengajukan jenis visa kerja ini.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 70 Negara

Panduan Mengajukan Working Holiday Visa Jerman

Jika ingin mendapatkan Working Holiday Visa Jerman secara langsung, maka hanya dilakukan oleh beberapa negara saja. Hanya orang-orang dari Argentina, Australia, Brasil, Kanada, Chili, Hong Kong, Israel, Jepang, Selandia Baru, Korea Selatan, Taiwan, dan Uruguay yang bisa langsung dapat mengajukan permohonan.

Untuk mendaftar, pemohon harus berusia antara 18 dan 30 tahun (atau hingga ulang tahun ke-31). Warga Kanada berusia 18 hingga 35 tahun (atau hingga ulang tahun ke-36). Setelah tiba di Jerman, hanya warga negara dari negara tertentu yang dapat mengajukan visa di kantor imigrasi (Ausländerbehörde).

Kamu dapat memasuki Jerman tanpa visa selama sembilan puluh hari jika berasal dari Australia, Kanada, Israel, Jepang, atau Selandia Baru. Selama periode ini, kamu dapat mengajukan working holiday visa Jerman.

Sebelum tiba di Jerman, warga negara dari negara lain harus mengajukan Visa Liburan Kerja Jerman di konsulat atau kedutaan Jerman di luar negeri.

Pengajuan Working Holiday Visa jerman melalui Pesan Janji temu

Untuk bisa mendapatkan visa satu ini, para pemohon harus melakukan janji temu dengan kantor imigrasi setempat. Perlu diperhatikan bahwa Kantor imigrasi di luar kota-kota besar Jerman mungkin tidak tahu banyak tentang working holiday visa Jerman.  Oleh sebab itu, kantor imigrasi lokal di Jerman adalah tempat kamu mengajukan permohonan Visa ini.

Setelah kamu menemukan kantor imigrasi setempat, maka harus berurusan langsung dengan mereka untuk mengatur janji temu visa. Kantor-kantor di kota-kota besar, seperti Berlin, memiliki platform online untuk pemesanan janji temu. Akan tetapi ,kantor-kantor yang lebih kecil mungkin perlu menghubunginya melalui email atau telepon.

pengurusan working holiday visa jerman dengan janji temu

Karena slot janji temu visa sering terisi beberapa bulan sebelumnya, penting untuk mempersiapkan diri. Caranya dengan segera hubungi kantor imigrasi setempat saat kamu pindah. Tujuannya untuk memastikan kamu mendapatkan tanggal janji temu dalam periode 90 hari bebas visa.

Setelah kamu mendapatkan janji temu visa yang tepat, mungkin akan menerima email yang menjelaskan waktu, tanggal, dan lokasi janji temu. Sekarang, kamu dapat mulai menyiapkan dokumen yang diperlukan untuk mengajukan working holiday visa Jerman.

Persiapan Dokumen untuk Working Holiday Visa Jerman

Setelah kamu sudah melakukan pengajuan sebelumnya, maka perlu menyipkan berbagai dokumen penting sebagai berikut.

  • Paspor : Untuk mendapatkan Visa Liburan Kerja Jerman, kamu harus memiliki asuransi kesehatan yang layak. Di dalamnya sudah mencakup jangka waktu visa dua belas bulan. Lalu, ada 30.000 euro untuk perlindungan medis. Bahkan ada biaya kembali ke negara asal.
  • Foto Paspor
  • Asuransi kesehatan
  • Bukti alamat: Kamu harus menunjukkan bukti alamat resmi terdaftar di Jerman. Untuk melakukannya, maka harus menunjukkan sertifikat Anmeldung. Bagian ini akan kamu peroleh setelah menyelesaikan proses Anmeldung di Jerman.
  • Tabungan yang cukup
  • Formulir aplikasi visa
  • Biaya pengajuan visa

Setelah mendapatkan persyaratan tersebut, maka kamu sudah bisa mendapatkan Working Holiday Visa Jerman.

Tertarik untuk Tinggal Di Luar Negeri? Baca Artikel Transfez Lainnya:

Pekerjaan Paling Dicari di Malaysia
Pekerjaan Paling Dicari di Arab Saudi
Pekerjaan Paling Dicari di Kamboja
Pekerjaan Paling Dicari di Hong Kong
Pekerjaan Paling Dicari di Singapura

download Transfez

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore