keuntungan deposito

Seperti yang kita ketahui bahwa perbankan tidak hanya memiliki istilah tabungan saja namun juga deposito. Keuntungan deposito bagi para nasabahnya sangat banyak namun tidak semuanya menggunakan jenis ini.

Cara mempunyai deposito pun sebenarnya sangat mudah hanya dengan membuka rekening baru dan menyetorkan dana awal. Ketika kamu melakukan deposit awal saat membuka rekening biasanya akan menyebut dengan istilah setoran minimum.

Pengertian Deposito

Deposito merupakan salah satu istilah pada keuangan yang artinya uang disimpan dalam bank dengan waktu kesepakatan dari nasabah serta bank sebagai pemegang otoritas. Deposito sendiri merupakan transaksi yang mengikut sertakan kegiatan transfer uang pada pihak lain dan sudah diamankan.

Namun deposito bisa untuk sebagian uang sebagai bentuk jaminan berguna pada pengiriman barang. Seperti halnya jenis deposito yakni transfer dana pada pihak lain agar dapat diamankan yang lebih mengacu ke uang transfer oleh investor ke rekening tabungan yang sudah disimpan di bank.

Cara Membuat Deposito

Telah dijelaskan di awal, bahwa cara untuk memiliki deposito ini begitu mudah dilakukan. Dengan membuat dan menyetorkan dana awal. Setoran dana awal itulah yang dikenal dengan sebutan setoran minimum.

Sementara setoran minimun yakni setoran paling kecil saat kamu ingin deposit uang ke bank. Saat kamu deposit uang yang telah memenuhi syarat dari setoran transaksi artinya kamu akan segera tersedia dan likuid, tidak ada lagi penundaan pada rekening deposito tersebut.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke United Kingdom
Cara Kirim Uang ke Rusia
Cara Kirim Uang ke Jerman
Cara Kirim Uang ke Belanda
Cara Kirim Uang ke Prancis
Cara Kirim Uang ke Spanyol
Cara Kirim Uang ke Amerika Serikat
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina

Jenis-Jenis Deposito

Sebelum kamu mengenal apa saja keuntungan deposito, pahami terlebih dahulu jenis-jenis dari deposito yang nantinya dapat kamu pilih. Deposito mempunyai jangka waktu jatuh tempo, dengan begitu sebelum waktu jatuh tempo maka uang tidak dapat dilakukan penarikan ataupun terkena cash ketika kamu menariknya.

Deposito mempunyai 3 jenis yang dapat kamu ketahui, berikut ini uraiannya:

Deposito berjangka

Jenis dari deposito yang begitu umum dan banyak dikenal oleh kalangan masyarakat luas. Deposito berjangka sebagai salah satu jenis tabungan yang mana dapat ditarik hanya pada waktu tertentu saja dan hanya bisa diterbitkan atas nama perorangan ataupun lembaga.

Dari pihak bank pun akan memberi bunga terhadap tabungan deposito dan penawaran tingkat bunganya sangat tinggi daripada tabungan biasa.Akan tetapi deposito mengharuskan kamu menyimpan uang di waktu tertentu dan uang tersebut hanya dapat diambil saat sudah jatuh tempo oleh pihak tersebut.

Sertifikat deposito

Deposito berupa sertifikat yang tidak mengacu kepada namanya seseorang serta lembaga tertentu. Dengan begitu bisa dipindahtangankan serta kemungkinannya bisa diperjualbelikan, keuntungan deposito ini dapat dirasakan jika kamu tidak lagi ingin menggunakan jenis sertifikat deposito.

Deposito on Call

Jenis deposito dalam bentuk tabungan berjangka yang mana mempunyai waktu penyimpanan sangat singkat. Waktunya minimal 7 hari serta palin lama bisa kurang dari 1 bulan.

Jenis deposito ini hanya dikhususkan dengan dana berjumlah cukup besar. Sehingga untuk menggunakan jenis yang satu ini kamu perlu mempertimbangkan tabungan deposito pada penyetorannya.

Keuntungan Deposito

Setelah kamu mengetahui apa saja pengertian serta jenis dari deposito. Maka ketahui juga keuntungan apa saja yang nantinya bisa kamu dapatkan dan rasakan dengan menggunakan deposito.

Inilah beberapa keuntungan dari penggunaan tabungan deposito:

Mendapatkan bunga sangat besar

Keuntungan yang satu ini bisa dirasakan dengan sangat cepat bahwa nasabah akan memperoleh bunga besar dibandingkan dengan kamu menabung seperti biasanya. Dari pihak bank juga akan menentukan bunga atas uang per triwulan ataupun tahun sesuai dengan lamanya kamu mengambil waktu deposit.

Keamanan cukup terjamin

Dengan kamu memutuskan untuk membuka rekening deposito maka bisa menyimpan yang di bank. Saat uang tersebut telah disimpan maka keamanannya telah dijamin oleh bank itu sendiri.

Hal itu tentu akan berbeda dengan apa yang kamu rasakan ketika melakukan penyimpanan di rumah. Sebab kamu tidak akan mengetahui kapan akan terjadi tindak kriminalitas untuk mendapatkan uang kamu.

Resikonya cukup kecil

Bagi kamu yang tidak menyukai adanya tingkat resiko tinggi maka bisa menggunakan deposito. Jika uang yang kamu miliki ini diputar sebagai modal usaha, kemungkinan mendapatkan kerugian akan terbilang cukup tinggi.

Berbeda halnya dengan kamu memilih deposito akan mendapatkan resiko yang cukup rendah atau bahkan tidak ada resiko sama sekali. Selain itu kamu bisa membuat uang kamu bertambah dalam waktu tertentu karena adanya sistem bunga dari penyimpanan uang tersebut.

Akses bunga sangat mudah

Deposito mempunyai bunga yang dapat diakses oleh pemiliknya dengan sangat mudah. Hasil bunga atas deposito bank bisa dicairkan dalam bentuk uang tunai namun sesuai kesepakatan jangka waktu tertentu.

Tidak hanya dapat dicairkan secara tunai namun bunga juga bisa kamu transferkan ataupun disetorkan pada rekening kamu. Akan tetapi jika ingin melakukan investasi maka menggunakan sistem Automatic Roll Over.

Sebagai investasi yang menguntungkan

Deposito ini sebagai salah investasi yang sangat menguntungkan karena kamu sebagai nasabah sudah mendapatkan jaminan keamanan pada uang serta tingkat bunga yang tinggi. Sehingga tidak lagi khawatir akan mengalami kerugian besar nantinya, segala kerugiannya telah dijamin dengan baik oleh lembaga penjamin simpanan deposito.

Hal ini tentu berbeda dengan investasi dalam bisnis ataupun bentuk saham. Kamu masih mempunyai potensi yang sangat besar untuk mendapatkan kerugian dan tidak dapat diprediksi sekalipun.

Kelemahan Deposito

Tidak hanya terdapat keuntungan deposito namun juga ada kelemahan yang dimiliknya. Berikut beberapa kelemahan yang kemungkinan akan didapatkan kamu sebagai nasabah:

Keuntungannya cukup kecil

Meskipun mendapatkan bunga besar namun keuntungan yang kamu dapatkan sangat kecil. Laba dari kegiatan investasi terkadang tidak sebanding dengan jumlah uang yang telah dideposit.

Ikut terkena inflasi

Setiap tahun pasti akan terjadi inflasi baik itu tingkat kecil, sedang ataupun besar. Sehingga membuat nilai uang yang sudah dideposit mengalami penurunan.

Terkena pajak

Deposit merupakan ek dalam pajak penghasilan atau PPH. Maka bagi kamu yang ingin melakukan deposit harus membayar pajak setiap tahun.

Demikianlah beberapa uraian mengenai keuntungan deposito yang dapat kamu ketahui.Untuk memulainya ketahui terlebih dahulu informasi lengkap.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

play store small
app store small

Instagram