Pantai di Singapura dengan Pemandangan Biru Laut dan Area yang Bersih

Berapa jam kerja PRT di Singapura? Warga Singapura merupakan orang-orang yang kekurangan waktu tidurnya, bagaimana tidak dari mulai bangun tidur sampai tidur lagi memiliki jarak yang sangat jauh. Jam kerja PRT di Singapura cukup tinggi dibandingkan dengan negara-negara lainnya.

Cara hemat dan cepat dari Singapura ke Indonesia untuk beli pulsa

Tidak heran jika warga yang bekerja di Singapura ini adalah pekerja yang sangat lelah. Bahkan Singapura telah menempati posisi negara paling lelah dari penelitian yang dilakukan pada tahun 2021.

Jam Kerja PRT di Singapura Sangat Tinggi Urutan Nomor Dua Dunia

Daftar Urutan Jam Kerja Negara di Dunia

Jam kerja PRT di Singapura memang cenderung lebih tinggi dan bahkan di antara negara-negara di Asia yang lainnya. Singapura bisa mengalahkan produktivitas jam kerja negara China yang mana sebenarnya terbilang sangat sibuk.

Berikut inilah daftar urutan untuk jumlah jam kerja dari 15 negara paling tinggi di dunia:

1. Meksiko 2.255 jam kerja per tahun
2. Singapura 2.238 jam kerja per tahun
3. Cina 2.174 jam kerja per tahun
4. Amerika Serikat 1.757 jam kerja per tahun
5. Selandia Baru 1.752 jam kerja per tahun
6. Jepang 1.738 jam kerja per tahun
7. Italia 1.723 jam kerja per tahun
8. Brazil 1.709 jam kerja per tahun
9. Kanada 1.696 jam kerja per tahun
10. Inggris 1.670 jam kerja per tahun
11. 11 Australia 1.613 jam kerja per tahun
12. Swiss 1.590 jam kerja per tahun
13. Perancis 1.514 jam kerja per tahun
14. Belanda 1.430 jam kerja per tahun
15. Jerman 1.354 jam kerja per tahun

Rata-Rata Jam Kerja PRT di Singapura

Dengan melihat data yang tercantum di atas telah memperlihatkan bahwasannya Singapura mengumpulkan rata-rata 2.238 jam kerja untuk setiap tahunnya.

Dari hasil data tersebut Singapura memiliki jam kerja lebih lama dibandingkan dengan negara China dan telah melampaui budaya workaholic Jepang yang hanya 1.723 jam per tahun.

PDB Singapura terus meroket setiap tahunnya dan hal ini juga yang menjadikan negara Singapura berada di urutan pertama negara maju di dunia dengan jam kerja paling tinggi. Selain jam kerja PRT di Singapura paling tinggi juga sebagai negara dengan pekerja paling lelah di dunia.

Daftar Negara Skor Kelelahan Tertinggi

Bagi kamu yang ingin mengetahui negara mana saja yang memiliki tingkat kelelahan paling tinggi maka simak daftar urutan berikut ini:

1. Singapura 7.20
2. Meksiko 7.01
3. Brazil 6.28
4. Amerika Serikat 5.57
5. Jepang 5.32
6. Inggris 4.82
7. Selandia Baru 4.74
8. Australia 4.72
9. Cina 4.59
10. Kanada 4.39
11. Italia 3.85
12. Swiss 3.12
13. Jerman 3.11
14. Perancis 2.44
15. Belanda 2.01

Kondisi Lingkungan Bekerja

Jam kerja PRT di Singapura yang cukup tinggi tentu juga berhubungan langsung dengan kondisi lingkungan kerja yang perlu diperhatikan. Bagi PRT yang bekerja di Singapura maka harus berhadapan secara langsung dengan majikannya dalam satu rumah yang terbatas sehingga harus bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan kerjanya.

Pekerjaan rumah yang biasanya dilakukan meliputi mengasuh anak ataupun orang tua, mencuci, membersihkan rumah, menyetrika pakaian, memasak dan yang lainnya sesuai dengan perintah dari majikan.

Sebagian besar warga Singapura ini akan bekerja mulai dari pagi hari sampai malam hari sehingga PRT harus bisa mengatur waktu dengan baik untuk mengurus semua keperluan di rumah.

Baca Juga Artikel Singapura Lainnya dari Transfez

Cara Top Up Saldo di Aplikasi Transfez Singapura
Mengenal Tradisi Singapura
Makna Lambang Negara Singapura
Arti Bendera Singapura dan Sejarahnya
Daftar Pemimpin Singapura
Keuntungan Tinggal di Singapura
Daftar Makanan Khas Singapura

Syarat dan Dokumen Menjadi BMI di Singapura

Bahkan tidak jarang PRT di ambil dari negara lain seperti halnya di Indonesia, hal ini dikarenakan sulit mencari PRT di Singapura mengingat warganya banyak yang bekerja di bidang industri. Inilah kebutuhan syarat yang harus dilengkapi jika ingin menjadi BMI (Buruh Migran Indonesia):

• Telah berusia minimal 18 tahun dan apabila bekerja di sektor PRT maka usia minimalnya 21 tahun
• Sehat jasmani dan rohani serta tidak memiliki kecacatan secara fisik
• Lulus dalam pendidikan formal minimal SMA sederajat
• Lolos dari entry test atau ujian masuk saat pendaftaran
• Mempunyai dokumen yang lengkap seperti halnya paspor, visa kerja, akte kelahiran, KTOP, surat keterangan berkelakuan baik, surat izin dari orang tua atau suami atau istri, kartu pencari kerja atau kartu kuning yang telah diterbitkan oleh Disnakertrans dan dokumen lain yang dibutuhkan dari PPTKIS

Kontrak Kerja di Singapura

Mengingat jam kerja PRT di Singapura bisa seharian maka dari itu penting untuk memahami kontrak kerja di negara tersebut. Kontrak kerja merupakan surat perjanjian dalam bentuk tertulis antara pekerja dan majikan yang isinya hak juga kewajiban yang sifatnya mengikat.

Kontrak kerja yang berlaku di negara Singapura tersebut biasanya berisikan beberapa hal di antaranya:

• Jenis ataupun bentuk pekerjaan dan lokasi kerjanya
• Lama masa kontrak untuk melakukan pekerjaan
• waktu kerja (dalam hal ini berhubungan dengan jam kerja setiap harinya)
• jumlah gaji, cuti dan tunjangan yang nantinya akan didapatkan
• hak dan kewajiban dari kedua belah pihak baik pekerja dan pemberi pekerjaan
• fasilitas yang diberikan pada pekerja
• pengakhiran kontrak kerja dan penyelesaian masalah perselisihan

Lihat Juga Video Mudahnya Melakukan Pengiriman Uang Ke 60 Negara

Masa Kontrak Kerja di Singapura

Masa kontrak kerja yang ada di negara Singapura ini biasanya akan berlangsung dalam waktu 2 tahun dan dapat diperpanjang lagi. Dalam hal perpanjangannya ini untuk jangka waktu 1 tahun ke depan dengan cara melakukan pengesahan atas perjanjian kerja KBRI Singapura dan juga perpanjangan izin kerja dari imigrasi Singapura.

Selama masa kontrak kerjanya ini masih berlangsung maka BMI tidak bisa dipekerjakan di tempat lainnya atau pindah majikan karena akan dianggap melanggar kontrak kerja yang telah disepakati sehingga harus menyelesaikan kontrak yang pertama agar bisa mengajukan perpanjangan kontrak berikutnya.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store
350px appstore

Demikianlah beberapa penjabaran mengenai jam kerja PRT di Singapura yang terbilang cukup tinggi, hal ini dikarenakan majikan banyak yang bekerja hingga larut malam. Mengingat bidang industri di Singapura memiliki jam terbang sangat tinggi nomor dua di dunia.

Instagram