Ciri-Ciri Koperasi di Indonesia yang Perlu Dipahami

Ciri-ciri koperasi yang ada di Indonesia memiliki keunikannya sendiri sebagai tonggak perjalanan ekonomi di negara bagi masyarakat agraris. Meskipun konsep dari koperasi yang ada di Indonesia ini telah diadopsi dari luar negeri akan tetapi untuk bentuk serta ciri-cirinya menghadirkan konsep tersendiri.

Baca Juga: Cara Mudah Bertransaksi Bisnis Menggunakan Aplikasi Transfez Bisnis

Salah satu yang diketahui oleh kalangan masyarakat dari keunikan koperasi yaitu asas kekeluargaan yang telah dibangun menggunakan prinsip Pancasila yang berdasarkan terhadap persatuan Indonesia. Dengan demikian konsep dari koperasi yang ada di Indonesia ini sudah disesuaikan dengan prinsip yang tidak menyimpang dari tatanan dan aturan di Indonesia.

Ciri-Ciri Koperasi di Indonesia yang Perlu Dipahami

Apa Itu Koperasi

Koperasi mempunyai makna yaitu sebuah badan usaha yang memiliki anggota sekumpulan orang yang melakukan kegiatan berlandaskan prinsip koperasi dan sebagai gerakan ekonomi kerakyatan yang berasaskan selain itu koperasi sendiri menjadi suatu jenis badan usaha bersama yang tidak hanya menggunakan asas kekeluargaan namun juga gotong royong.

Sehingga dengan kehadiran dari koperasi ini menjadi asas tonggak untuk menolong bangsa ini khususnya bagi masyarakat guna memenuhi kebutuhannya. Selain itu hadirnya koperasi sebagai upaya perbaikan dari segi ekonomi serta kesejahteraan rakyat secara menyeluruh sehingga eksistensi dari koperasi pun tetap bertahan sampai saat ini.

Ciri-Ciri Koperasi

Dengan memahami apa itu koperasi tentunya akan menjadi pertanyaan apa saja ciri-ciri koperasi yang ada di Indonesia. Ciri-ciri dari koperasi itu pun bisa terlihat dengan jelas karena koperasi sangat berbeda dengan badan usaha yang lainnya.

Berikut ini adalah ciri-ciri koperasi di Indonesia yang bisa kamu ketahui:

1. Keanggotaan

Ciri dari koperasi yang pertama yaitu di bagian keanggotaannya, bahwasanya anggota dari koperasi bergerak secara sukarela dan memiliki kesadaran secara penuh dari setiap anggota yang ada di dalamnya. Dengan artian bahwasanya semua keanggotaan di dalam koperasi tetap bersatu dan tidak dipaksakan oleh pihak tertentu.

Selain itu keanggotaan di koperasi ini juga tidak berdasarkan dari kesamaan suku, latar belakang ataupun yang lainnya, akan tetapi semua anggota ini berjalan sendiri guna masuk ke dalam koperasi. Keseluruhan kegiatan yang ada di dalam koperasi dan terjalin pun juga sama tidak ada perbedaan, tanpa adanya paksaan serta sanksi apabila tidak mengerjakan, namun karena dikerjakan diri sendiri membuat koperasi ini sangat berbeda dengan badan usaha lainnya.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 50 Negara

Lihat Juga Video Mudahnya Menggunakan Aplikasi Transfez Singapura

2. Kekeluargaan

Ciri-ciri koperasi yang lainnya yaitu kekeluargaan karena setiap gerak-geraknya memegang asas kekeluargaan serta gotong royong yang sangat berbeda dengan badan usaha lain. Kekeluargaan yang dimaksudkan pada koperasi ini menggambarkan adanya kerjasama yang terjalin antar anggota koperasi dan terdapat partisipasi secara penuh untuk membantu sesama keluarga koperasi serta memiliki toleransi antar anggota yang cukup tinggi.

Sementara itu untuk gotong royong dari anggota koperasi yang mempunyai rasa kepedulian terhadap sesama anggota. Sehingga di dalam koperasi ini tidak individualis dan apatis terhadap sesama anggota dan dalam mengerjakan segala hal di koperasi akan dilakukan secara bersama-sama.

3. Kesejahteraan Bersama

Ciri-ciri koperasi berikutnya yaitu kesejahteraan bersama yang selaras dengan tujuan koperasi yaitu ingin memberikan kesejahteraan penuh pada semua anggotanya tanpa terkecuali. Anggota koperasi nantinya diharapkan ingin membantu sesama anggota dan menjadikan kesejahteraan bersama sehingga tidak ada sifat individualistik ataupun memang ingin menang sendiri di dalam koperasi.

Ciri koperasi tersebut menjadi pembeda antara badan usaha yang lainnya. Dalam hal ini koperasi berjalan dengan caranya yang berbeda untuk mengurus keanggotaan dengan cara yang berbeda dan melakukan setiap kegiatan dengan cara yang berbeda.

Ideologi Koperasi

Salah satu ciri dari koperasi yang sangat mencolok yaitu ideologinya karena memiliki ideologinya sendiri yang berbeda dengan badan usaha lain dan inilah yang membuat anggota terjalin dengan sangat kuat karena ideologi koperasi yaitu menuntaskan cita-cita koperasi dan jiwa koperasi. Cita-cita yang dimaksudkan tersebut yaitu gambaran keinginan yang nantinya akan dicapai oleh koperasi, sementara itu untuk jiwa koperasi yaitu anti liberalisme, individualisme dan kapitalisme.

Cita-cita koperasi yaitu mengentaskan kemiskinan serta kebodohan karena pada awalnya muncul koperasi yang ingin memberantas kemiskinan dan kebodohan yang nantinya akan dieksekusi menggunakan cara meningkatkan pendapatan serta kecerdasan pada setiap anggotanya. Jiwa koperasi juga sangat tegas karena sebagai badan usaha yang anti liberal, individualisme dan kapitalisme yang sebenarnya koperasi sendiri lahir dari kebodohan serta kemiskinan yang disebabkan oleh liberalisme dan kapitalisme.

Baca Juga Artikel Strategi Pemasaran Lainnya dari Transfez

Strategi Pemasaran Furniture yang Tepat Dijamin Terjual Banyak
Strategi Pemasaran Tempat Hiburan dengan Mengoptimalkan Website
Strategi Pemasaran Skincare dan Kosmetik dengan Video Tutorial
Strategi Pemasaran Handpone untuk Membuat Konsumen Jadi Pelanggan
Strategi Pemasaran UMKM Agar Mampu Bersaing dengan Kompetitor

Prinsip Koperasi

Koperasi menjadi badan usaha yang memiliki prinsip dan harus dijadikan pegangan dalam pengelolaan koperasi. Setiap prinsip yang dimiliki oleh koperasi ini harus dipatuhi oleh semua anggotanya, akan tetapi untuk prinsip koperasi sendiri memang sedikit berbeda dengan badan usaha yang lain.

Berikut inilah beberapa prinsip koperasi yang bisa kamu ketahui sebagai badan usaha yang saat ini berjalan di Indonesia:

• Koperasi memiliki keanggotaan yang bersifat sukarela dan terbuka

• Pengelolaan koperasi dilakukan secara demokratis pada setiap anggota di dalam koperasi

• Pembagian atas sisa hasil usaha nantinya akan dilakukan secara adil yang sebanding dengan besarnya jasa usaha pada setiap masing-masing anggota yang bekerja di dalam koperasi

• Koperasi menunjukkan kemandiriannya karena berbeda dengan badan usaha lain mulai dari prinsip, ideologi hingga cara kerjanya

• Memberikan balas jasa yang terbatas pada modal jadi sebagai prinsip koperasi.

• Fungsi koperasi

• Membangun dan mengembangkan potensi serta kemampuan ekonomi anggota untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi hingga sosial

• Memiliki peranan secara aktif dalam upaya mempertinggi kualitas kehidupan manusia hingga masyarakatnya

• Memperkokoh perekonomian masyarakat sebagai dasar kekuatan dan ketahanan perekonomian nasional yang disokong oleh koperasi

• Berusaha guna mewujudkan dan mengembangkan perekonomian nasional sebagai usaha bersama yang menggunakan asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store
350px appstore

Demikianlah beberapa pembahasan terkait ciri-ciri koperasi yang saat ini berjalan di negara Indonesia. Koperasi menggunakan prinsip yang berbeda dengan badan usaha lain yang tidak bisa disamakan.