Mengulas Biaya Kuliah di Universidade de Sao Paulo

Tempat berjulukan Terra do Samba ini cukup populer. Tidak hanya memiliki wisata indah, negara ini juga menjadi destinasi utama bagi mahasiswa. Hal itu tampak dari tingginya angka pencari informasi biaya kuliah di Universidade de Sao Paulo melalui mesin pencari.

Sekilas Mengenai Universidade de Sao Paulo

Universidade de São Paulo adalah salah satu universitas paling bergengsi di Brasil dan secara internasional. Berdiri pada tahun 1934, USP telah banyak berkontribusi secara signifikan dalam bidang akademik, penelitian, dan inovasi.

Kampus USP berada di wilayah São Paulo dan menawarkan beragam program sarjana, pascasarjana, dan doktoral pada berbagai disiplin ilmu. Universidade de São Paulo memainkan peran central dalam pengembangan sains, seni, dan teknologi di Brasil.

Lembaga pendidikan unggulan Brazil ini, memiliki pusat penelitian canggih yang berkolaborasi lintas disiplin. Banyak prestasi berhasil USP torehkan, utamanya di dunia akademik. Bahkan sampai saat ini, kampus unggulan itu secara konsisten melakukan inovasi berdampak tinggi.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Gambaran Biaya Kuliah di Universidade de Sao Paulo

Biaya kuliah di Universidade de Sao Paulo memang menjadi salah satu pertimbangan utama bagi calon mahasiswa Internasional yang ingin menempuh pendidikan. Utamanya bagi para peserta didik dari latar belakang ekonomi menengah ke bawah.

Perlu Anda pahami, besaran dana pendidikan di Universidade de São Paulo bervariasi. Hal itu tergantung pada spesialisasi yang mahasiswa pilih. Namun, umumnya untuk program sarjana memakan biaya sekitar BRL 10,200 sampai 40,800 per tahun.

Sedangkan untuk program pascasarjana dengan durasi pendidikan dua tahun bisa menghabiskan biaya pendidikan sekitar BRL 7,500 hingga BRL 37,500. Anggaran dana itu belum tarif sewa tempat tinggal yang dapat mencapai R$1000 atau R$2,056 per bulan.

Baca Juga Artikel Lain Tentang Program Studi dan Universitas

Daftar Jurusan Kuliah University of Cambridge
Daftar Jurusan Kuliah di Stanford University
Daftar Jurusan Kuliah di Harvard University
Daftar Jurusan Kuliah Tsinghua University
Daftar Program Studi di University of Edinburgh
Daftar Jurusan Kuliah Nanyang Technological University (NTU)

Macam-macam Beasiswa di Universidade de São Paulo

Bicara mengenai kebutuhan dana pendidikan di Brasil memang cukup tinggi. Meskipun begitu Anda tidak perlu risau. Pasalnya, Universidade de São Paulo menawarkan banyak program beasiswa yang dapat meringankan biaya kuliah yakni meliputi:

1. Programa de Bolsas de Graduação (PBG)

Buat mahasiswa yang berlatar belakang ekonomi rendah bisa mengikuti beasiswa PBG. Programa de Bolsas de Graduação merupakan salah satu jenis bantuan dana pendidikan dengan memberikan kebebasan biaya kuliah dan pemberian kompensasi kebutuhan hidup.

Secara singkatnya, program ini mendorong akses pendidikan berkualitas tanpa beban keuangan berlebihan. Dengan fokus pada prestasi akademik dan potensi, PBG memberikan kesempatan untuk menempuh pendidikan bermakna di salah satu universitas berkelas.

2. Programa de Bolsas para Alunos de Graduação (PBAG)

Programa de Bolsas para Alunos de Graduação di Universidade de São Paulo (USP) adalah peluang berharga bagi mahasiswa sarjana berprestasi. Dengan membebaskan biaya kuliah dan memberikan tunjangan bulanan.

Namun, syarat untuk mendapatkan beasiswa ini cukup sulit yakni meliputi pencapaian akademik yang kuat, penerimaan aktif di USP, serta tidak menerima beasiswa lain yang dapat bertentangan.

3. Programa de Bolsas para Alunos de Pós-Graduação (PBPG)

Sekilas hampir sama dengan PBAG, namun Programa de Bolsas para Alunos de Pós-Graduação (PBPG) diperuntukkan bagi mahasiswa pascasarjana yang berprestasi. Dengan pembebasan biaya kuliah dan dukungan finansial.

Syarat PBPG yakni meliputi prestasi akademik yang unggul, penerimaan di program pascasarjana USP, serta kontribusi aktif dalam kegiatan akademik dan penelitian. Program ini memfasilitasi perkembangan profesional yang mendalam.

4. Programa de Mobilidade Estudantil (Incoming and Outgoing)

Programa de Mobilidade Estudantil menawarkan kesempatan berharga bagi mahasiswa yang ingin memperluas horison akademik. Baik sebagai mahasiswa yang datang (Incoming) atau berangkat (Outgoing), program ini memfasilitasi pertukaran budaya dan iptek.

Syarat-syaratnya cukup bervariasi sesuai pada status mahasiswa, tetapi umumnya melibatkan prestasi akademik baik, perencanaan studi jelas, serta kemampuan bahasa yang memadai. Program ini membuka pintu bagi pengalaman internasional yang berharga.

5. Bolsas de Cooperação Internacional

Bolsas de Cooperação Internacional merupakan peluang istimewa bagi mahasiswa internasional yang ingin menjalani studi atau penelitian. Melalui dukungan keuangan dan fasilitasi, program ini memperkuat pertukaran pengetahuan dan budaya lintas negara.

Persyaratannya meliputi penerimaan di USP, proposal studi t, serta bukti kemampuan bahasa sesuai dengan program yang mahasiswa ikuti. Bolsas de Cooperação Internacional membuka pintu bagi kolaborasi global, wawasan, dan mendorong integrasi akademik.

6. Programa de Apoio à Permanência e Formação Estudantil (PAPFE)

USP juga menawarkan satu program beasiswa lagi bernama Programa de Apoio à Permanência e Formação Estudantil. PAPFE memberikan  dukungan finansial untuk membantu mahasiswa mengatasi hambatan ekonomi dan menyelesaikan studi.

Syarat cukup banyak,  mulai dari status mahasiswa aktif di USP, memiliki kebutuhan ekonomi memadai, serta berpartisipasi dalam program pendidikan dan pembangunan pribadi.

Tips Mendapatkan Beasiswa di Universidade de São Paulo

Sekilas tadi sudah dipaparkan mengenai berbagai macam beasiswa yang ditawarkan oleh Universidade de São Paulo. Namun, seperti Anda ketahui untuk mendapatkan program itu bukanlah perkara mudah. Ada banyak hal perlu dilakukan dan persiapkan.

Untuk mendapatkan beasiswa di Universidade de São Paulo (USP), pertama-tama teliti dan pilih program beasiswa sesuai dengan minat dan tujuan Anda. Pertahankan prestasi akademik yang unggul dan konsisten.

Kedua, sertakan surat motivasi yang menjelaskan tujuan pendidikan Anda dan kontribusi potensial pada komunitas USP. Ketiga, Kumpulkan juga surat rekomendasi dari individu yang mengenal kemampuan Anda. Keempat, persiapkan semua persyaratan dengan matang.

Gunakan Transfez dengan Jack untuk kebutuhan bisnis Anda

ID CTA 1

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

google play store   350px appstore

Itulah sekilas informasi mengenai biaya kuliah di Universidade de Sao Paulo. Semoga ulasan singkat ini dapat memberikan gambaran kebutuhan dana pendidikan dan bahan pertimbangan ketika Anda ingin menyabet gelar bergengsi dari kampus unggulan Brasil.