kuliah di filipina asik lur

Sebagai sebuah negara yang memiliki sejarah panjang dalam interaksinya dengan negara lain, Filipina menjadi salah satu negara tujuan kuliah yang menarik.

Sebagian dari kamu mungkin bertanya-tanya ppakah biaya untuk berkuliah di Filipina mahal? Bagaimana dengan biaya hidup di sana? Pertanyaan-pertanyaan tersebut adalah yang paling umum ditanyakan oleh para pelajar yang berniat untuk melanjutkan pendidikan di Filipina. DIbawah ini akan kami rangkum biaya-biaya pengeluaran yang kamu butuhkan untuk belajar dan tinggal di Filipina pada tahun 2021.

Biaya Kuliah di Filipina

Untuk menempuh pendidikan di Filipina, pelajar internasional harus membayar biaya yang terbagi dalam beberapa kategori berikut.

  • Biaya pendaftaran, yaitu biaya yang harus dibayarkan di awal sebagai deposit dan nantinya akan dikembalikan lagi oleh agen jika siswa telah membayar biaya kuliah secara penuh. Kisaran biaya pendaftaran antara USD 100 – 150 (IDR 1.5 – 2 juta) tergantung sekolah yang dipilih.
  • Biaya kuliah dan biaya hidup, yaitu biaya program dan fasilitas tinggal yang harus dibayarkan 2 minggu sebelum kelas dimulai. Kisarannya anatara USD 800 – 1.500 (IDR 12 – 22 juta).

Biaya hidup di Filipina cenderung lebih terjangkau jika dibandingkan dengan biaya hidup di negara seperti Australia, USA, atau Singapura yang mewajibkan siswa untuk membayar tempat tinggalnya sendiri. Di Filipina, biaya kuliah dan biaya akomodasi bisa digabung menjadi satu sehingga siswa internasioanl dapat menghemat pengeluarannya.

Berikut adalah rekomendasi universitas-universitas di Filipina yang memiliki biaya relatif terjangkau bagi para pelajar internasional.

Baca Juga Artikel Lain Tentang Program Studi dan Universitas

Daftar Jurusan Kuliah University of Cambridge
Daftar Jurusan Kuliah di Stanford University
Daftar Jurusan Kuliah di Harvard University
Daftar Jurusan Kuliah Tsinghua University
Daftar Program Studi di University of Edinburgh
Daftar Jurusan Kuliah University of Tokyo (UTokyo)
Daftar Jurusan Kuliah Nanyang Technological University (NTU)

hidup di filipina murah kok lur
Photo by Carla Cervantes on Unsplash

Rekomendasi Universitas di Filipina

University of Philipines (UP)

UP telah berdiri sejak 1908 dan merupakan universitas dengan peringkat terbaik yang menempati posisi 356 dari QS World University Ranking. UP adalah universitas negeri yang mencakup 8 cabang induk di berbagai kota di Filipina. Program kampus yang dimiliki adalah unit penelitian, ilmu kesehatan, dan ilmu pendidikan dengan 246 total program jurusan diploma dan 362 program jurusan untuk sarjana. Nilai tes dan nilai rapor menjadi salah satu syarat utama untuk bisa berkuliah di UP. Selain biaya kuliah, akan ada biaya tambahan tergantung pada program yang dipilih.

  • Biaya kuliah: USD 1.000 – 2.000 (IDR 15 – 29 juta) per tahun.

Ateneo de Manila University (AdMU)

Kampus ini didirikan pada 1859 dan merupakan kampus tertua di Filipina. Universitas Katolik Swasta ini berlokasi di kota metropolitan Manila. AdMU menawarkan 48 program untuk diploma dan  50 program untuk sarjana, di antaranya humaniora, ilmu sosial, manajemen, ilmu alam, teknik, hukum, kesehatan masyarakat, bisnis, dan ilmu pemerintahan.

  • Biaya kuliah: USD 2.100 – 2.500 (IDR 30 – 36 juta) per semester dengan biaya tambahan USD 100 – 500 (IDR 1.5 – 7.2 juta) untuk pelajar internasional.

Mapua University (MU)

MU memiliki 2 lokasi kampus yang terletak di ibukota Filipina. Kampus ini memfokuskan studinya pada teknologi sehingga jurusan yang ditawarkan meliputi teknik, arsitektur, ilmu media, ilmu sosial, pendidikan, desain industri, lingkungan pembangunan, dan IT.

  • Biaya Kuliah: USD 2.715 – 3.800 (IDR 37 – 55 juta) per tahun dan bisa dibayarkan 4 kali angsuran.

De La Salle University (DLSU)

DLSU adalah universitas swasta yang didirikan pada 1911 dan termasuk dalam 1000 universitas terbaik dunia. DLSU memiliki 5 kampus yang tersebar di berbagai kota di Filipiina dengan banyak program jurusan seperti ilmu alam, hukum, kesehatan, seni, komputer, bisnis, ekonomi, dan teknik.

  • Biaya Kuliah: USD 4.300 – 6.400 (IDR 62 – 92 juta) per tahun yang dibayar tiap trisemester.

University of San Carlos (USC)

USC merupakan kampus tertua di Cebu yang dibangun pada tahun 1595. Jurusan yang ditawarkan adalah pendidikan, seni, ilmu alam, kesehatan, hukum dan ilmu politik, teknik, bisnis dan ekonomi, arsitektur, seni dan desain.

  • Biaya Kuliah: USD 2.500 (IDR 36 juta) per tahun yang dibayarkan tiap semester.

University of Sanyo Tomas (UST)

UST adalah kampus salah satu kampus tertua di Filipina yang didirikan pada tahun 1611. Universitas ini memiliki banyak sekali program jurusan yang keahliannya telah diakui oleh pemerintah dan masuk dalam jajaran 1000 universitas terbaik dunia. Jurusan yang ditawarkan antara lain teknik, farmasi, hukum sipil, pengobatan dan operasi, seni dan huruf, pendidikan, akuntansi, perawat, ilmu alam, ilmu rehabilitasi, pengelolaan tourism, dan administrasi bisnis.

  • Biaya kuliah: USD 1.000 – 1.200 (IDR 15 – 29 juta) per semester.

Universidad de Zamboanga (UZ)

UZ didirikan pada tahun 1948 dan diresmikan di tahun 2005. Saat ini, UZ memiliki 8 kampus dengan beragam program jurusan seperti bisnis dan manajemen, pengadilan criminal, pengobatan, teknik, dan IT.

  • Biaya kuliah: USD 2.000 – 2.200 (IDR 29 – 32 juta) per semester dan tambahan USD 1.000 untuk mahasiswa internasional.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke United Kingdom
Cara Kirim Uang ke Rusia
Cara Kirim Uang ke Jerman
Cara Kirim Uang ke Belanda
Cara Kirim Uang ke Prancis
Cara Kirim Uang ke Spanyol
Cara Kirim Uang ke Amerika Serikat
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina

kuliah di filipina belajar apa lur
Photo by Alexes Gerard on Unsplash

Biaya Hidup di Filipina

Menurut pendapat kebanyakan pelajar internasional, biaya hidup di Filipina termasuk sangat murah, khususnya untuk sandang-pangan.

Biaya Akomodasi

Rata-rata akomodasi disediakan oleh kampus atau asrama sekolah. Sehingga biayanya sudah termasuk dengan biaya SPP. Namun siswa internasional bisa memilih untuk tinggal di luar kampus, seperti di apartemen.

  • Apartemen (1 kamar) di pusat kota: PHP 25.000
  • Apartemen (1 kamar) di pinggir kota: PHP 14.000

Biaya Makan

Kebanyakan orang Filipina sangat suka makanan cepat saji. Disini harga makanan di KFC dan Jollibee hanya sekitar PHP 100 – 300 (28 – 84 ribu). Sedangkan makanan di restoran sekitar PHP 500 – 1.000 (IDR 140 – 280 ribu) untuk 2 orang.

Biaya Transportasi

Transportasi yang sedang marak digunakan di Filipina saat ini adalah Jeepney yang berbentuk seperti bus mini. Namun ada juga kendaraan lain seperti taxi, bus, dan kereta (MRT/LRT). Untuk tarifnya pun beragam.

  • Jeepney: PHP 6 – 8 (IDR 700 – 8000)
  • Taxi: PHP 120 – 130 (IDR 34 – 37 ribu) per 5 km
  • Bus: PHP 12 – 18 (IDR 4 – 6 ribu)
  • Kereta (MRT/LRT): PHP 13 – 22 (IDR 4 – 7 ribu)

Demikianlah pembahasan mengenai biaya kuliah dan biaya hidup di Filipina yang jika dibandingkan dengan negara lain, Filipina memiliki tarif yang cenderung terjangkau. Walaupun terkesan murah, standar kualitas dari pendidikan di Filipina patut diakui.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Instagram