Laporan Audit Investasi

Memulai kegiatan investasi memang mempunyai keuntungan yang cukup besar, namun jangan lupa dengan resiko yang dimiliki. Kegiatan penanaman modal tidak hanya merasakan keuntungannya saja namun perlunya membuat laporan untuk melakukan audit data.

Audit investasi yakni kegiatan untuk meninjau ulang data secara konkrit di sebuah laporan dalam memastikan keakuratannya. Proses melakukan evaluasi ini sangat dibutuhkan agar bisa mencegah fraud ataupun kecurangan yang terjadi.

Tujuan Melakukan Audit Investasi

Melakukan kegiatan audit bukan tanpa tujuan, tujuan dari audit untuk menguji kewajaran dalam pembuatan laporan penanaman modal. Kewajaran yang dimaksudkan yakni sesuai dengan bukti pendukungnya berupa bukti transaksi serta bukti pembukuan.

Pembukuan serta pelaporan tersebut haruslah sesuai dengan standar akuntansi. Aspek untuk melakukan pengujiannya yakni dengan ketepatan asersi manajamen yang mencakup kelengkapan, eksistensi, penilaian atau alokasi, hak dan kewajiban, penyajian dan pengungkapan.

Beberapa Hal yang Dilakukan Dalam Audit

Audit sangat penting untuk dilakukan sebagai proses dalam melakukan evaluasi dari kesalahan yang kemungkinan besar terjadi  pada kegiatan penanaman modal. Hal itu seperti halnya kesalahan dalam menentukan biaya penanaman modal, kesalahan perhitungan laba dan rugi atas penjualan penanaman modal dan kesalahan pada penilaian akhir tahun.

Tidak hanya itu saja, contoh yang lainnya berupa kesalahan perlakuan akuntansi karena selisih biaya dan harganya di pasaran, kesalahan dalam melakukan pencatatan pendapatan dividen serta kesalahan pengakuan pendapatan bunga saat terjadi premium.

Baca Juga Artikel Lain Tentang Program Studi dan Universitas

Daftar Jurusan Kuliah University of Cambridge
Daftar Jurusan Kuliah di Stanford University
Daftar Jurusan Kuliah di Harvard University
Daftar Jurusan Kuliah Tsinghua University
Daftar Program Studi di University of Edinburgh
Daftar Jurusan Kuliah University of Tokyo (UTokyo)
Daftar Jurusan Kuliah Nanyang Technological University (NTU)

Perencanaan Audit dalam Investasi

Terdapat beberapa dokumen ataupun catatan umum yang masih berlaku dalam pembuatan perencanaan audit siklus serta pembiayaan, di antaranya:

Sertifikat saham

Formulir dalam bentuk cetak atau fisik yang menunjukkan jumlah dari lembar saham milik dari pemegang saham pada sebuah koperasi. Sertifikat saham berupa bukti tentang asersi keberadaan dan juga kejadian yang telah berlangsung sebelumnya.

Sertifikat obligasi

Formulir dalam bentuk cetak yang isinya menunjukkan jumlah dari obligasi miliknya pemegang obligasi.

Dokumen advis broker

Salah satu dokumen yang telah diterbitkan oleh pialang atau broker saham perusahaan. Tidak hanya itu saja juga sebagai dokumen yang menetapkan harga pertukaran atas terjadinya transaksi dalam investasi.

Kontrak penerbitan obligasi

Sebuah kontrak yang isinya menyatakan syarat atas obligasi yang telah diterbitkan oleh pihak koperasi.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke United Kingdom
Cara Kirim Uang ke Rusia
Cara Kirim Uang ke Jerman
Cara Kirim Uang ke Belanda
Cara Kirim Uang ke Prancis
Cara Kirim Uang ke Spanyol
Cara Kirim Uang ke Amerika Serikat
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina

Laporan broker

Laporan bulanan yang mana dilakukan penerbitan oleh pialang di mana terdapat rincian sekuritas yang sedang disimpan oleh pialang. Biasanya hal ini mengikhtisarkan setiap melakukan transaksi yang sudah terjadi dalam waktu bulan bersangkutan.

Buku jurnal

Bentuk jurnal umum yang gunanya sebagai buku catatan pos-pos.

Buku pembantu investasi

Buku tambahan yang bentuknya secara terpisah bisa digunakan pada setiap kelas penanaman modal meskipun berbeda. Hal itu dapat dilakukan jika perusahaan memiliki portofolio yang isinya terdiri dari banyak penanaman modal berlainan.

Prosedur Melakukan Audit

Proses melakukan audit dengan pengujian substantif pada kegiatan penanaman modal bisa melalui beberapa tahapan cara di bawah ini:

Prosedur audit pendahuluan

Auditor akan melakukan audit sesuai dengan aturan prosedur awal yakni:

  • Mencocokkan saldo awal pada akun penanaman modal ke kertas kerja pada tahun lalu
  • Mereview semua transaksi dari kegiatan penanaman modal serta pendapatan. Selain itu juga dilakukan identifikasi dari transaksi serta saldo akun yang kemungkinan besar tidak lazim baik segi jumlahnya ataupun sumber transaksi tersebut
  • Mencocokkan data pada daftar dengan data yang ada pada buku bantu ataupun buku besar.

Proses analistis

Prosedur untuk analistis ini merupakan bagian yang sangat penting dalam melakukan proses audit. Prosedur yang dilakukan terdiri dari evaluasi pada informasi keuangan yang dapat dibuat dengan cara mempelajari hubungan data keuangan satu dengan data lain ataupun antara data keuangan dan data non keuangan.

Cara melakukannya mulai dari:

  • Melakukan perhitungan rasio seperti investasi jangka pendek dan aktiva lancar, jangka panjang dan total aktiva serta rasio dan pendapatan per klasifikasi kegiatan penanaman modal
  • Membandingkan hasil dari perhitungan rasio dan angka pembanding. Contohnya rasio per anggaran, rasio rata-rata industri dan rasio tahun lalu.

Pengujian detail terjadinya transaksi

Pada tahapan ini auditor akan melakukan pelacakan baik dalam transaksi debit serta kredit yang terdiri atas:

  • Debit ataupun kredit atas transaksi perolehan maupun penjualan penanaman modal ke advis broker. Selain itu juga bukti kas untuk masuk dan kas keluar dan otorisasi noluten ketika melakukan rapat direksi
  • Debit atau kredit dari akun penanaman modal dan juga market adjustment ke dokumen kenaikan maupun penurunan harga pasaran
  • Melakukan perhitungan secara berulang pada kegiatan penanaman modal saham dengan metode ekuitas.

Pengujian detail dari saldo akun

Dalam melakukan pengujian detail saldo akun mempunyai tahapan berikut ini:

  • Inspeksi atas bukti kepemilikan kegiatan penanaman modal
  • Mengkonfirmasikan pada penanaman modal yang dijadikan sebagai jaminan hutang
  • Menghitung ulang dari hasil pendapatan penanaman modal seperti halnya laba rugi dari transaksi, dividen, pendapatan serta penerimaan bunga obligasi, verifikasi pendapatan dari penanaman modal yang dicatat oleh metode ekuitas dan daftar amortisasi premi atau diskonto
  • Menentukan ketepatan klasifikasi dari penanaman modal. Seperti jangka pendek ataupun jangka panjang dengan cara melakukan verifikasi dokumen kebijakan serta mendapatkan suatu pernyataan manajemen mengenai klasifikasi.

Penyajian dan pengungkapan hasil audit

Dalam melakukan penyajian serta pengungkapan hasil audit terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan yakni:

  • Membandingkan penyajian antara standar akuntansi yang sedang berlaku
  • Memastikan bahwasannya saldo dari penanaman modal sudah dilakukan identifikasi serta klasifikasi secara tepat pada laporan keuangan
  • Memastikan kecukupan atas pengungkapan mengenai dasar penilaian penanaman modal. Komponen realisasi serta tidak terealiasinya keuntungan ataupun kerugian dan investasi sebagai bentuk jaminan hutang.

Demikianlah penjabaran tentang proses melakukan audit dari investasi yang dapat kamu ketahui. Proses audit sebagai prosedur untuk mengkaji ulang dari data yang ada secara konkrit.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Instagram