wilayah indonesia yang terdekat dari singapura

Wilayah Indonesia yang terdekat dari Singapura adalah Kabupaten Karimun yang letaknya di Kepulauan Riau yang berada di tapal batasnya negara Indonesia. Kawasan yang satu ini ternyata hanya terpisahkan oleh laut saja dan bertetanggaan dengan negara Singapura.

Baca Juga Artikel Singapura Lainnya dari Transfez

Cara Top Up Saldo di Aplikasi Transfez Singapura
Mengenal Tradisi Singapura
Makna Lambang Negara Singapura
Arti Bendera Singapura dan Sejarahnya
Keuntungan Tinggal di Singapura

Dengan demikian warga negara Indonesia yang ingin menuju ke Singapura harus melalui jalur laut ataupun udara mengingat tidak satu daratan layaknya dengan negara Malaysia. Akan tetapi jarak antara negara Indonesia dan juga Singapura ini tidak begitu jauh sehingga tidak akan memakan waktu jika ingin saling mengunjungi antar negara tetangga ini.

Lokasi Negara Singapura

wilayah indonesia yang terdekat dari singapura

Letak dari negara Singapura berada di ujung selatan Semenanjung Malaysia yang berbatasan langsung dengan Johor dan juga Kepulauan Riau. Negara Singapura mempunyai perbatasan maritim dengan miliknya China yang terletak 137 km dari garis khatulistiwa.

Sementara itu untuk luas wilayah negara Singapura kurang lebih sekitar 697 km persegi yang terdiri atas 63 pulau dan yang paling tersebar adalah pulau Ujong. Sementara itu di sebelah utaranya Singapura ada jembatan menuju ke Malaysia dengan luas Singapura kurang lebih 697 km persegi dan menjadi negara terluas ke 192 di dunia.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 60 Negara

Batas Negara: Wilayah Indonesia yang Terdekat dari Singapura

Secara geografisnya negara Singapura mempunyai beberapa batasan yang dapat diketahui. Inilah bebarapa batasan di negara Singapura dari berbagai macam arah:

• Batasan sebelah utara adalah Selat Johor Malaysia
• Batasan sebelah Barat adalah Selat Johor Malaysia
• Batasan sebelah Timur adalah Indonesia
• Batasan sebelah Selatan adalah Indonesia

Untuk mengetahui lebih jelasnya simak uraian di bawah ini:

1. Sebelah Utara

Batas wilayah di Singapura bagian Utara ilangsung dengan Malaysia yakni selat Johor. Batasan Singapura di sebelah utara hanya satu dalam batasan daratan.

2. Sebelah Barat

Batas negara Singapura sebelah Barat perairan milik Indonesia dan Malaysia yakni Selat Malaka. Selat Malaka merupakan salah satu selat yang memisahkan pulau Sumatera yakni di wilayah Aceh dan negara Malaysia.

Selat Malaka tidak terlalu luas jika dilihat dari negara kecil seperti Singapura. Maka dari itu perbatasan wilayah Singapura di bagian sebelah barat berupa lautan.

3. Sebelah Timur

Perbatasan wilayah negara di Singapura sebelah Timur berupa perairan hingga adanya pulau. Perairan ini merupakan salah satu perbatasan perairan negara Singapura sebelah Timur yakni Laut Cina Selatan dan perbatasan daratannya dari negara Singapura adalah negara Malaysia.

4. Sebelah Selatan

Perbatasan wilayah Singapura sebelah Selatan hampir sama dengan batasan di sebelah Timur. Singapura berbatasan langsung dengan Laut Cina Selatan dan juga negara Indonesia.

Maka dari itu kamu bisa mengetahuinya bahwa letak negara Singapura ini berada di sebelah Utaranya negara Indonesia. Namun tidak langsung berbatasan dengan daratan negara Indonesia dan wilayah Indonesia yang terdekat dari Singapura ini berbatasan lautan sehingga harus menyeberang dengan kapal jika ingin mengunjunginya.

Letak Astronomis

Wilayah Indonesia yang terdekat dari Singapura adalah Kepulauan Riau dan batas wilayah di Singapura ini selalu berkaitan dengan letak astronomis setiap negara. Negara Singapura berada pada 1o 15’ Lintang Utara – 1o35’ Lintang Utara dan antara 103o40’ Bujur Timur dan 104o Bujur Timur.

Dengan mengetahui letak astronominya akan jauh lebih mudah mengetahui lokasi keberadaan negara Singapura serta batasan wilayahnya. Dalam hal ini semua negara selain Singapura pun juga memiliki batasan wilayah dan letak astronominya.

Lihat Juga Video Mudahnya Menggunakan Aplikasi Transfez Singapura

Selisih Waktu Singapura dan Indonesia

Wilayah Indonesia yang terdekat dari Singapura adalah Kepulauan Riau sehingga selisih waktu antara negara Singapura dan Indonesia tidak terlalu jauh berbeda. Singapura dan Indonesia sebenarnya hanya selisih 1 jam saja dengan Ibukota Jakarta.

Berikut inilah uraian selisih waktu Singapura dan Indonesia yang dapat kamu ketahui:

Indonesia

Indonesia memiliki bentangan yang sangat luas sehingga membuat wilayahnya ini mempunyai zona waktu dengan UTC berbeda-beda. Zona waktu yang dimiliki ada tiga yakni Waktu Indonesia Bagian Barat atau WIB, Waktu Indonesia Bagian Tengah atau WITA, Waktu Indonesia Bagian Timur atau WIB.

Dalam melakukan pengitungan selisih waktu antara Singapura dan Indonesia sangatlah mudah hanya dengan menggunakan rumus sederhana pada pengurangan UTC, simak caranya sebagai berikut:

• Zona waktu Indonesia bagian barat UTC +7 dan Singapura mengusung UTC +8. Dengan demikian tinggal dikurangi 7-8 = -1. Artinya jika ditarik kesimpulan bahwasannya selisih jarak antara WIB lebih lambat 1 jam. Jika kota Jakarta menunjukkan pukul 06.00 WIB maka waktu Singapura pukul 07.00
• Zona waktu Indonesia bagian tengah yang mengusung UTC +8 yang sebenarnya tidak juah berbeda dengan Singapura bahkan sama persis. Jika diambil kesimpulan maka untuk selisih waktu Singapura dan Indonesi tidak ada dalam WITA. Apabila di wilayah WITA pukul 06.00 WITA maka di Singapura juga memiliki waktu yang sama
• Sementara itu untuk zona waktu Indonesia bagian timur telah mengusung UTC +9 dan UTC di Singapura +8. Dengan demikian caranya dengan mengurangi 9-8 = 1. Apabila ditarik kesimpulan maka selisih jarak waktu antara WIT lebih cepat 1 jam dibandingkan dengan Singapura. Apabila wilayah WITA pukul 06.00 WITA maka Singapura masih pukul 05.00.

Selisih Waktu Indonesia dan Singapura

Dengan memahami perumusan dalam menghitung selisih waktu Singapura dan Indonesia diatas maka dapat diketahui adanya perbedaan yang cukup terlihat. Wilayah Indonesia yang terdekat dari Singapura yakni Kepulauan Riau dan meskipun lokasinya berdekatan namun ada perbedaan waktunya, namun Singapura memiliki kesamaan waktu dengan zona WITA yang mengusung UTC +8.

Hal ini bisa ditarik kseimpulan bahwasannya zona waktu di Singapura lebih cepat 1 jam dibandingkan dengan WIB. Namun zona waktu Singapura lebih lambat 1 jam dibandingkan dengan WIT dan sama persis dengan zona WITA.

Cara Mendaftarkan Akun Jack untuk Kemudahan Finansial Perusahaan Anda

Gunakan Transfez dengan Jack untuk kebutuhan bisnis Anda

ID CTA 1

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Demikianlah beberapa uraian mengenai wilayah Indonesia yang terdekat dari Singapura dan batasan wilayah Singapura terhadap Indonesia. Kedua negara ini memiliki selisih waktu yang tidak jauh berbeda bahkan ada yang sama yakni di bagian WITA.