Apa Itu Visa Schengen, Syarat Pembuatan dan Cara Membuat Visa

Visa Schengen merupakan salah satu visa yang digunakan untuk bepergian ke luar negeri khususnya ke Eropa. Apabila kamu berencana untuk liburan ke Eropa maka perlu memperhatikan dokumen yang satu ini.

Cara pembuatan visa sini sebenarnya tidak begitu sulit sama dengan visa yang lainnya. Hal yang membedakannya adalah penggunaan setiap jenis visa berbeda-beda.

Pengertian Visa Schengen

Apa Itu Visa Schengen, Syarat Pembuatan dan Cara Membuat Visa

Negara di Eropa seperti halnya Yunani, Perancis, Jerman, Swiss hingga Islandia merupakan negara yang menjadi tujuan kunjungan wisata sangat menarik dan memanjaka mata. Jika kamu ingin berkeliling ke Uni Eropa maka penting bagi kamu mengetahui dokumen apa saja yang dibutuhkan seperto halnya visa ini.

Jenis visa ini digunakan untuk kunjungan dalam waktu singkat bagi wisatawan yang akan mendatangai negara dari member Schengen untuk tujuan wisata ataupun perjalanan bisnis.

Visa yang satu ini telah lahir dari adanya Perjanjian Schengen dan resmi ditanda tangani oleh negara UE tahun 1985 di Schengen, Luxemburg dan perjanjiannya ini berisi penghapusan pengawasan di perbatasan antar negara.

Negara dengan zona Schengen

Selama ini terdapat 26 negara UE dan Non UE yang letaknya di kawasan Schengen. Beberapa negara yang masuk dalam zona Schengen antara lain Austria, Republik Ceko, Belgia, Denmark, Finlandia, Estonia, Jerman, Perancis, Islandia, Yunani, Hongaria, Liechtenstein, Latvia dan Italia.

Selain itu juga terdapat negara lain yang masuk dalam zona Schengen yakni Luksemburg, Lithuania, Malta, Norwegia, Portugal, Polandia, Slovakia, Spanyol, Swiss, Swedia, Belanda, dan Slovakia.

Visa Berlaku 90 Hari

Bagi kamu yang telah menjadi pemegang dari Visa Schengen bisa mendapatkan kebebasan dalam berkeliling ke salah satu negar dalam jangka waktu maksimalnya hanya 90 hari untuk 6 bulan saja atau 180 hari.

Visa ini hanya digunakan untuk perjalanan bisnis ataupun tujuan wisata, kamu yang akan meneruskan pendidikan, kerja ataupun tinggal permanen dalam waktu lebih dari 90 hari maka visa ini menjadi tidak berlaku lagi.

Dengan demikian kamu perlu mengurusnya terlebih dahulu yakni mengajukan permohonan visa nasional di negara Eropa. Sementara itu Indonesia dengan 104 negara yang lainnya masuk ke dalam daftar negara yang wajib untuk memiliki jenis visa ini ketika datang ke Eropa sehingga pastikan kamu mengurusnya.

Jenis Visa Schengen

Sebelum kamu memutuskan untuk datang ke Eropa maka harus membuat visa terlebih dahulu. Visa memiliki berbagai macam jenis untuk jangka pendek yang bisa kamu ketahui berikut ini:

• Visa transit
• Visa untuk mengunjungi keluarga ataupun teman
• Visa pariwisata
• Visa perjalanan bisnis
• Visa untuk melakukan penelitian
• Visa untuk kunjungan secara resmi
• Visa untuk alasan medis
• Visa untuk kegiatan budaya dan olahraga.

Jenis Visa yang Dikeluarkan oleh Kedutaan Besar

Dengan mengetahui jenis dari visa, Visa Schengen dikeluarkan oleh Kedutaan Besar ataupun Konsulat Negara yang terdapat 2 macam di antaranya:

1. Visa Sekali Masuk / Single Entry

Salah satu jenis dari visa yang memungkinkan kamu sebagai pemegang masuk ke berbagai negara Schengen hanya sekali saja. Dengan demikian jika kamu telah keluar dari satu negara Schengen maka tidak bisa lagi datang dengan visa yang sama.

2. Visa Masuk Ganda / Multiple Entry

Visa masuk ganda merupakan salah satu jenis visa yang memungkinkan pihak pemegangnya ini bisa bolak balik ke negara Schengen ataupun non Schengen. Akan tetapi tetap dengan mengikuti peraturan ijin tinggal hanya bisa berlaku selama 90 hari saja dalam jangka waktunya 6 bulan.

Jenis visa yang satu ini tersedia untuk durasi selama 1 tahun, 3 tahun hingga 5 tahun. Hal ini tentunya tergantung dari kebutuhan dari pihak pemohon.

Baca Juga Artikel Luar Negeri Lainnya:

7 Universitas Favorit di Malaysia
Cara Mendapatkan Beasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Tujuan Kuliah di Luar Negeri
11 Tips Hemat Jadi Mahasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Pemburu Beasiswa

Syarat Membuat Visa Schengen

Dalam pembuatan Visa Schengen maka kamu harus melengkapi persyaratan yang dibutuhkan. Adapun untuk persyaratan yang dapat kamu penuhi sebagai berikut:

1. Formulir Pendaftaran Visa

Dalam hal ini kamu sebagai pihak pemohon harus melengkapi formulir permohonan untuk mengajukan visa. Kamu bisa mengunduhnya pada situs resmi milik Kedutaan Besar pada negara tujuan yang akan kamu datangi

2. Foto Terbaru

• Menyiapkan 2 buah foto yang sama dengan ukiran 35 x 45 mm ataupun 3.5 x 4.5 cm
• Head foto 70 sampai 80 persen dari foto
• Menggunakan background merah cerah dan disarankan untuk memilih warna abu-abu terang tidak berpola
• Foto melihat langsung ke arah kamera
• Ekspresi wajahnya pihak pemohon harus netral tanpa senyum dan mulutnya tertutup
• Jangan menggunakan seragam ataupun warna yang sama dengan backgroundnya

3. Paspor Masih Berlaku

Paspor tidak akan dikeluarkan lebih dari 10 tahun serta untuk masa berlakunya paspor minimalnya sekitar 3 bulan.

4. Bukti Tiket Penerbangan

Dalam hal ini tiket yang telah dibeli harus tercantum tanggal dan nomor penerbangannya. Sehingga dapat diketahui dengan jelas penerbangan yang digunakan untuk berangkat dan pergi.

5. Polis Asuransi

Kunjungan ke luar negeri harus memiliki polis asuransi perjalanan terlebih ke negara Schengen dengan nilai pertanggungannya minimum 30 ribu Euro setara dengan Rp 477 juta kurs Euro. Polis ini nantinya akan mengcover semua risiko yang dialami saat perjalanan.

6. Bukti Akomodasi

Selain tiket penerbangan, syarat yang lainnya adalah bukti akomodasi di negara tujuan. Dengan demikian jelas di negara orang kamu memiliki tempat tinggal yang layak.

7. Bukti Keuangan

Bukti keungan yang diminta biasanya rekening koran selama 3 bulan terakhir sehingga mampu menunjukkan kondisi finansial kamu mencukup selama di Eropa. Namun untuk minimal nilainya biasanya setiap negara memiliki kebijakan masing-masing.

Lihat Juga Video Mudahnya Melakukan Pengiriman Uang Ke 60 Negara

Cara Membuat Visa untuk ke Negara Schengen

• Memilih waktu untuk pengajuan visa
• Janji temu
• Datang langsung ke Kedubes atau Konsulat
• Menyerahkan dokumen persyaratan
• Wawancara visa
• Membayar pembuatan visa
• Menunggu persetujuan

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store
350px appstore

Demikianlah beberapa penjabaran mengenai Visa Schengen yang dapat kamu ketahui. Jenis visa ini digunakan untuk berkunjung ke negara-negara Schengen.

Instagram