Pengajuan Visa Korea Melalui KVAC dan Kelengkapan Dokumen

Pembuatan visa Korea harus melaui persyaratan dan tahapan sesuai dengan aturan yang berlaku dari negara tersebut. Kamu pun bisa mengajukan permohonan visa ini dengan mengurusnya sendiri ataupun menggunakan jasa dari agen travel.

Baca Juga Cara Mudah Kirim Uang dari Indonesia ke Korea dengan Aplikasi Transfez

Namun jika kamu ingin lebih hemat maka bisa dengan mengajukan sendiri dan melengkapi persyaratan yang dibutuhkan untuk proses pembuatan visa. Terlebih sekarang ini pengajuan visa sangat mudah dilakukan dan lebih cepat jika sudah melengkapi dokumen yang dibutuhkan.

Pengajuan Visa Korea Melalui KVAC dan Kelengkapan Dokumen

Pengajuan Visa Korea Melalui KVAC

Apabila ingin membuat visa maka kamu harus ke bagian Korea Visa Application Center atau KVAC. Sebelumnya dalam pengajuan visa maka harus dilakukan di Kedutaan Besar Negara Korea yang ada di Indonesia.

Sekarang ini kedutaan Korea hanya menerima permohonan mengajukan visa untuk:

1. Visa diplomatik A-1 dan juga Visa Dinas Pejabat Pemerintahan A-2
2. Visa dalam keadaan darurat
3. Group visa

Jadwal Operasional KVAC

Perlu diketahui bahwa jika ingin mengurus visa Korea maka kamu harus mengetahui jadwal operasional buka agar bisa lebih cepat dalam memproses visa. KVAC buka setiap hari Senin sampai Jumat kecuali libur nasional.

Dengan demikian kamu dapat mengajukan permohonan pembuatan visa pada sejak pukul 09.00 hingga 15.00 WIB. Sementara itu untuk waktu pengambilan visa diwaktu yang berbeda yakni dilakukan pada pukul 13.00 sampai 17.00.

Lihat Juga Video Mudahnya Melakukan Kirim Uang Ke 60+ Negara

Dokumen Peryaratan Pembuatan Visa Korea

Pembuatan visa membutuhkan kelengkapan dokumen pribadi agar kepengurusannya lebih cepat. Inilah beberapa dokumen yang dibutuhkan dalam pembuatan visa negara Korea yang dapat kamu siapkan sebelum bepergian:

• Pengisian lengkap formulir permohonan pengajuan visa. Kamu bisa mendapatkannya di kantor KVAC
• Pas foto yang menggunakan ukuran 3.5 cm x 4.5 cm dan juga background warna polos putih. Selain itu kamu hanya perlu untuk menempelkan satu lembar foto tersebut pada formulir permohonan visa. Akan tetapi siapkan juga beberapa lembar untuk berjaga-jaga apabila pihak dari KVAC akan meminta tambahan foto lagi
• Paspor asli dengan masa berlakunya minimal 6 bulan serta fotokopi lembar halaman informasi pribadi pada paspor hingga halaman cap imigrasi apabila memang pernah ke negara lain
• Surat keterangan kerja asli jika bekerja ataupun surat keterangan pelajar asli jika masih belajar. Selain itu juga akan membutuhkan fotokopi SIUP jika sebagai wiraswasta
• Fotokopi kartu keluarga
• Dokumen keuangan dapat dipilih salah satu meliputi:

1. Rekening koran selama 3 bulan terakhir harus mendapatkan cap basah yang berasak dari bank bersangkutan. Jika masih pelajar maka melampirkan rekening koran orang tua
2. Slip gaji selama 3 bulan terakhir
3. Surat pembayaran pajak atau SPT
4. Detail atas penggunaan kartu kredit selama 3 bulan terakhir
5. Fotokopi surat tanda kepemilikan kendaraan roda empat atau BPKB Mobil ataupun sertifikat rumah.

Lama Waktu Pembuatan Visa

Lamanya proses aplikasi pada visa Korea untuk single visa dalam wkatu 6 hari kerja yang dapat kamu hitung sejak hari pengajuan visa tersebut. Meskipun memang terlihat sebentar saja namun sebaiknya kamu jangan membuat visa mepet dengan waktu keberangkatan agar lebih aman.

Sebab sangat mungkin terjadi jika pada pengurusan proses aplikasi bisa akan membutuhkan waktu jauh lebih panjang lagi.

Apabila dokumen yang dibutuhkan tidak lengkap maka akan dianggap bermasalah dan kemungkinan kamu harus kembali lagi guna melengkapi dokumen tambahan, sehingga sebaiknya pengurusan dilakukan jauh-jauh hari.

Jumlah Saldo dalam Rekening Tabungan yang Harus Dimiliki

Dalam pengurusan visa Korea akan membutuhkan buku tabungan yang diihat kecukupan jumlah saldo yang ada di dalamnya. Apabila kamu hendak pergi ke luar negeri, ketersediaan saldo di dalam rekening tabungan menjadi salah satu hal yang harus selalu dipertimbangkan lagi.

Sebenarnya dari Kedutaan Korea tidak akan mensyaratkan minimal pada jumlah saldo yang tersedia di dalam rekening tabungan. Meskipun begitu jumlah saldo yang tersedia pada rekening tabungan harus tetap dipertimbangkan dan sebaiknya kamu bepergian dengan saldo yang mencukupi di negara orang lain.

Baca Juga Artikel Tentang Gaji TKI dan Gaji TKW Lainnya dari Transfez

Gaji TKI dan TKW di Dubai
Gaji TKI dan TKW di Taiwan
Gaji TKI dan TKW di Arab
Gaji TKI dan TKW di Malaysia
Gaji TKI dan TKW di Qatar
Gaji TKI dan TKW di Kuwait
Gaji TKI dan TKW di Hongkong

Cara Memantau Status pada Permohonan Visa Negara Korea

Status pada permohonan visa negara Korea bisa dilihat dan dipantau secara online. Berikut adanya pandauan yang dapat dilakukan guna mengisian detail untuk mencari status permohonan yang telah kamu ajukan sebelumnya:

1. Untuk tipe of application maka pilihlah Diplomatic Office
2. Untuk type of application No dengan Passport No, maka isikan form yang ada di sebelahnya dengan menggunakan nomor paspor kamu
3. Masukkanlah nama lengkap kamu dan format untuk nama belakang dan nama depan di bagian samping tulisan Name in English
4. Pilihlah tanggal lahir dengan cara klik logo kalender yang telah tersedia
5. Dengan demikian akan munsul halaman yang kamu minta terkait status pada proses pengurusan visa.

Biaya yang Dibutuhkan dalam Pembuatan Visa

Perlu kamu ketahui bahwa dalam pembuatan dan pengurusan visa membutuhkan bisaya yang haru dikeluarkan oleh pihak pemohon. Menurut ketentuan sejak 1 Juli 2020 dalam melakukan pembuatan single visa ini dengan waktu kunjungan yang kurang dari 90 hari terdapat ketentuan biaya dari KVAC.

Maka total biaya yang dibutuhkan untuk pembuatan visa negara Korea yag akan dibebankan sebesar Rp 780 ribu yang terdiri atas biaya visa Rp 584 ribu dan biaya adminnya untuk pengurusan di KVAC sebesar Rp 196 ribu.

Selain itu perlu kamu ketahui bahwa dalam pembuatan visa ini maka pembayaran biayanya hanya dapat dilakukan secara tunai dan jika permohonan visanya tersebut ditolak maka biaya yang telah dibayarkan tersebut akan hangus.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store
350px appstore

Demikianlah beberapa uraian mengenai langkah mudah dalam kepengurusan pada proses pembuatan visa Korea di KVAC. Perhatikan semua ketentuan persyaratan dokumen yang dibutuhkan dan juga biaya yang harus dikeluarkan dalam pembuatan visa untuk kunjungan ke luar negeri.

Instagram