Strategi Pemasaran Hotel untuk Meningkatkan Jumlah Pengunjung

Bagaimana strategi pemasaran hotel yang tepat? Industri pemasaran hotel mempunyai tantangan tersendiri dalam mendatangkan pengunjung mengingat banyaknya kompetitor yang ada. Popularitas aplikasi dengan berbagai macam jenis ini menjadi tantangan untuk bisa merencanakan strategi pemasaran yang tepat.

Pemasaran merupakan suatu hal yang sangat penting untuk dipikirkan sekarang ini jika tidak ingin kalah dengan keberadaan kompetitor. Semakin gencar untuk menggerakkan cara dalam pemasaran maka potensi dikenal oleh publik lebih besar.

Tips Sukses untuk Melakukan Strategi Pemasaran Hotel

Strategi Pemasaran Hotel untuk Meningkatkan Jumlah Pengunjung

Menjangkau publik agar bisa berkunjung ke hotel kamu memang bukan suatu perkara yang mudah untuk dilakukan. Terlebih jika kamu menawarkannya dengan cara yang begitu-begitu saja, kecil kemungkinan pendapatan bisa meningkat.

Inilah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk memasarkan hotel tepat sasaran:

1. Membuat hotel mudah ditemukan secara online

Perkembangan teknologi telah mengambil alih semua yang berkaitan dengan aspek kehidupan masyarakat. Era agen sudah jauh tertinggal dah sekarang ini banyak para wisatawan baik lokal maupun mancanegara memanfaatkan gadget untuk menjelajah informasi secara lengkap.

Maka dari itu penting bagi hotel kamu mempunyai situs web ataupun Google Bisnisku agar mudah ditemukan oleh para calon pengunjung. Kamu juga bisa bekerja sama dengan berbagai macam platform booking hotel yang mampu menaikkan pengunjung karena pemesanan dapat dilakukan secara online.

2. Melakukan re-marketing

Strategi pemasaran lain yang dapat kamu lakukan yakni remarketing agar para pemesan online tidak meninggalkan pesanan mereka begitu saja. Remarketing ini merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam melakukan strategi marketing dalam mempertahankan pengunjung.

Dengan menggunakan sistem remarketing ini bisa menurunkan tingkat pengabaian dan membuat pengunjung menjadi lebih banyak. Selain itu tunjukkan kepada audiens atas kelebihan yang dimiliki oleh hotel kamu dan buatlah proses untuk melakukan pemesanan semudah mungkin, kamu juga bisa memanfaatkan iklan Google ataupun iklan media sosial.

Baca Juga Artikel Strategi Pemasaran Lainnya dari Transfez

Strategi Pemasaran Digital Lebih Menguntungkan dan Hemat Biaya
Strategi Pemasaran Farmasi dan Persaingan dengan Kompetitor
Strategi Pemasaran Furniture yang Tepat Dijamin Terjual Banyak
Strategi Pemasaran Tempat Hiburan dengan Mengoptimalkan Website
Strategi Pemasaran Skincare dan Kosmetik dengan Video Tutorial
Strategi Pemasaran Handpone untuk Membuat Konsumen Jadi Pelanggan
Strategi Pemasaran UMKM Agar Mampu Bersaing dengan Kompetitor
Strategi Pemasaran Perusahaan Jasa agar Dikenal Oleh Publik
Strategi Pemasaran Perusahaan Manufaktur untuk Sukses ke Depannya
Strategi Pemasaran Ritel Bagi Pemula yang Baru Terjun di Dunia Bisnis

3. Memastikan target audiens secara tepat

Memasarkan hotel harus dengan menentukan sasaran target audiens terlebih dahulu sebab kepentingan orang berkunjung dan latar belakangnya berbeda. Sehingga penting juga bagi kamu menyediakan kamar hotel dengan kelas dan harga yang berbeda untuk menaikkan jumlah pengunjung yang datang ke hotel kamu.

Sebab perbedaan ini tentunya dari target audiens yang sudah kamu kelompokkan dengan berbagai macam. Memang membutuhkan waktu yang cukup banyak dalam mengelompokkan audiens, namun hal ini sangat penting bagi kemajuan dan kelangsungan dari hotel yang kamu kelola.

4. Mengalokasikan anggaran lebih dalam strategi pemasaran saat ramai

Penting bagi kamu mengetahui kapan waktu yang banyak digunakan oleh masyarakat untuk bersantai, liburan dan pastinya menginap di hotel. Dalam hal ini kamu bisa membuat anggaran yang jauh lebih banyak dari hari sebelumnya untuk menarik perhatian masyarakat agar berkunjung ke hotel kamu.

Hal seperti ini membutuhkan perencanaan ke depan, akan tetapi dengan menggunakan Google sebagai platform iklan telah memudahkan dalam menyesuaikan anggaran jangka panjang.

Pemasaran harus mengetahui secara detail waktu yang akan membuat hotel lebih ramai khususnya pada waktu liburan dan akhir pekan.

5. Memberikan insentif agar membuat orang lebih tertarik

Hotel yang kamu kelola ini harus mempunyai alasan yang jelas mengapa harus dipilih dan mengapa harus hotel kamu. Jika kamu tidak mempunyai alasan yang cukup jelas maka lakukan brainstorming pada beberapa insentif ataupun penawaran menarik bagi para calon pengunjung hotel.

Lihat Juga Video Cara Mudah Transfer Uang Ke Luar Negeri

Insentif ini akan sangat bagus sebagai strategi pemasaran serta mampu menciptakan rasa urgensi yang memacu para audience datang ke hotel kamu. Tawaran seperti ini dapat kamu berikan dalam jangka waktu tertentu dan tidak terlalu lama sehingga kemungkinan orang memesan akan jauh lebih tinggi.

6. Membangun kemitraan secara lokal

Dalam menjalankan bisnis hotel juga sangat penting membangun kemitraan dengan orang-orang di sekitar kawasan hotel. Membangun kemitraan yang menguntungkan kedua belah pihak akan menghasilkan pendapatan menjanjikan.

Seperti halnya dengan kamu melakukan kerjasama bersama restoran yang ada di sekitar hotel kamu dan mengadakan undian voucher untuk bisa makan gratis di restoran tersebut. Hal ini akan membuat simbiosis mutualisme dan membuat restoran juga lebih dikenal.

7. Jangan memasarkan hotel saja namun juga daerah yang ditempati

Selain kamu bisa promosi tentang layanan kamar dan fasilitas yang diberikan, strategi pemasaran lain yang penting dilakukan yakni promosi lokasi keberadaan hotel. Buatkan promosi yang kamu lakukan ini mempunyai kesan tersendiri dari kota tersebut agar bisa dikunjungi dan menginap di hotel kamu.

Kamu bisa membuat promosi mengenai keunikan dari kota ataupun acara yang akan berlangsung dalam waktu dekat. Kemungkinan besar strategi untuk memasarkan hotel ini akan sangat membantu dan setiap acara yang ada di kota, manfaatkan dengan baik sebagai bentuk pemasaran.

8. Membuat situs web sederhana namun mengesankan

Situs web adalah salah satu hal yang menjadikan audiens memutuskan untuk menginap di hote tersebut atau tidak. Hal ini tentunya berkaitan pada pembuatan desain pada website dengan membuat tampilannya tampak sederhana namun mempunyai kesan menakjubkan.

Saat memperbarui desain dari website maka pastikan kamu menjaga desain dan navigasinya tetap segar, bersih dan tampilannya sederhana. Pastikan juga kamu menyajikan foto hotel yang terlihat profesional, mempunyai resolusi yang tinggi dan pastinya format dan rasio berfungsi dengan baik untuk PC ataupun smartphone.

9. Memperhatikan pelayanan pada pengunjung

Strategi pemasaran yang cukup membantu dengan memberikan pelayanan terbaik bagi para pengunjung. Pelayanan terbaik berasal dari kerja karyawan dan pastikan semua karyawan mempunyai attitude yang baik dalam memberikan layanan kepada pengunjungnya.

Cara ini sebagai tindakan yang memberikan dampak besar dalam keberlangsungan dari citra hotel itu sendiri. Saat pengunjung diperlakukan dengan baik maka kemungkinan besar akan berbagi pengalaman pada orang lain yang membuat peningkatan pengunjung ke hotel.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Itulah penjabaran mengenai strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah pengunjung hotel. Setiap strategi yang digunakan dengan tepat maka akan memberikan keuntungan besar.

Instagram