pengertian Return of Equity adalah apa lur

Return of Equity merupakan salah satu jenis perhitungan rasio profitabilitas. ROE sendiri adalah perhitungan persentase yang melihatkan kemampuan perusahaan untuk menghasilkan laba bersih dalam menggunakan modal sendiri, dan menunjukan laba bersih yang akan dimiliki untuk investor atau pemilik bisnis.

Dapat dikatakan juga ROE adalah alat ukur untuk hasil kinerja keuangan perusahaan. Hasil dari ROE tergantung dari besar dan kecil perusahaan tersebut, jika perusahaan kecil modal relatif kecil ROE yang dihasilkan maka kecil juga, dan berlaku sebaliknya.

Pengertian Return of Equity

Sama seperti perhitungan profitabilitas lainnya ROE juga merupakan gambaran dari bisnis yang dapat dilihat langsung dari laba bersih atas modal yang dikeluarkan.

Dalam Ekonomi dan Bisnis, ROE merupakan matriks yang berfungsi untuk membandingkan net income atau jumlah pendapatan bersih perusahaan dengan jumlah total modal investor atau modal pemilik bisnis didalamnya.

Pendapatan bisnis berkah pemodal investor yang masuk merupakan pengertian ROE dilihat dari kacamata sekuritas.

Sederhana, ROE adalah unsur penting untuk mengetahui seberapa jauh bisnis dapat mengelola modal dari para investor yang mempercayakan bisnis tersebut. Jika REO yang dihasilkan memiliki nilai yang tinggi maka perusahaan terus batu reputasinya akan semakin baik di pelaku pasar modal.

Hal tersebut didasarkan karena perusahaan mampu memanfaatkan investasi para investor dengan baik didalam bisnis yang perusahaan jalankan.

Baca Juga Artikel Tentang Kehidupan di Luar Negeri:

7 Universitas Favorit di Malaysia
Cara Mendapatkan Beasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Tujuan Kuliah di Luar Negeri
11 Tips Hemat Jadi Mahasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Pemburu Beasiswa

contoh Return of Equity apa aja lur

Manfaat ROE dalam Bisnis

Kamu juga perlu mengetahui manfaat apa saja yang didapatkan dari penggunaan ROE ini, karena dalam prakteknya sangat berpengaruh besar terhadap perusahaan terutama untuk para investornya.

Berikut adalah manfaat dari REO:

Memperlihatkan Tingkat Keuntungan Perusahaan

Sangat berguna untuk para investor, karena ROE akan melihatkan seberapa besar potensi perusahaan dalam menghasilkan keuntungan atau labanya. ROE membantu Investor untuk mengambil langkah cepat melihat profitabilitas perusahaan.

Memperlihatkan Estimasi Laba Bisnis di Masa Depan

ROE juga dapat menjadi alat ukur untuk memprediksi prospek bisnis ke masa yang akan datang. Apabila ROE yang dihasilkan sekecil-kecilnya adalah 1.0 atau lebih maka kedepannya REO dari bisnis tersebut akan semakin meningkat

Mencerminkan Perkembangan Perusahaan

REO perusahaan yang baik adalah memiliki nilai ROE yang selalu stabil dan terus berkembang setiap tahunnya. REO perusahaan ini dapat membantu investor untuk menilai apakah bisnis dapat berkembang mengikuti perkembangan zaman.

Faktor yang Mempengaruhi ROE (Return of Equity)

Ada banyak faktor yang mempengaruhi ROE selain modal, yaitu diantaranya:

  1. Rasio Aktivitas Perusahaan, tentang seberapa besar skala aktivitas operasional yang dilakukan oleh perusahaan.
  2. Rasio Utang, semakin besar hutang perusahaan maka akan mengakibatkan ROE yang kecil.
  3. Rasio Likuiditas, jika likuiditas bisnis tidak lancar, akan mengakibatkan ROE yang kecil. Karena piutang tidak bisa dimasukan kedalam laba.

Perhitungan Return on Equity (ROE)

Cara menghitung ROE dapat menggunakan Rumus seperti dibawah ini:

Rumus ROE = Pendapatan Bersih (Omzet – Biaya) / Modal

Contoh Perhitungan ROE

Pada Tahun 2019, PT ABC menghasilkan omset sebesar 500 juta, dan memiliki pengukuran dengan total 230 juta. Pada tahun 2018 PT ABC mendapatkan modal dari investor sebesar 100 juta, dan milik modal awal pemilik PT ABC adalah 150 juta.

Rumus ROE: Pendapatan Bersih / Modal

: (500 juta – 230 juta) / (130 juta + 180 juta)

: 270 juta / 250

: 1.08

Jadi, Nilai REO dari PT ABC adalah 1.08 yang dikategorikan normal dan sedikit kelebihan dari 1.0.

Jika nilai REO dari PT ABC kurang dari 1.0 maka bisa dikatakan perusahaan tersebut dalam keadaan yang sehat, dan direkomendasikan untuk para investor untuk menanamkan modalnya.

Baca Juga Cara Transfer Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Transfer Uang ke Hongkong
Cara Transfer Uang ke Filipina
Cara Transfer Uang ke Australia
Cara Transfer Uang ke Singapura
Cara Transfer Uang ke Cina
Cara Transfer Uang ke Malaysia
Cara Transfer Uang ke Jepang

Kelebihan Return of Equity (REO)

Nah, sekarang kamu sudah pahamkan bagaimana cara menghitung ROE dengan menggunakan rumus. Kini, kamu juga harus mengetahui kelebihan atau manfaat yang didapatkan ketika seseorang menghitung laba perusahan dengan menggunakan REO.

  1. Rumus REO sangat sederhana, investor dapat dengan mudah menggunakan rumus REO ini dengan catatan data yang dibutuhkan sudah lengkap.
  2. Memperlihatkan Keuntungan Secara riil., membantu mengetahui bisnis tersebut akan dapat menghasilkan laba seberapa banyak dan bertahan seberapa lama
  3. Dapat dijadikan pencapaian evaluasi kinerja, para investor dapat melakukan RUPS ketika para manajemen tidak dapat mempertahankan REOnya dengan baik.

Kelemahan Penggunaan Return of Equity (REO)

Seperti penggunaan perhitungan Profitabilitas yang lain REO memiliki kekurangan yang tidak bisa dihindari yaitu:

  1. Mengakibatkan Berkurangnya motivasi perusahaan, karena REO hanya dilihat dari laba bersih saja, maka akan membuat manajemen akan mencari jalan aman untuk mempertahankan laba bersih tanpa melakukan inovasi lebih.
  2. Mengurangi pertimbangan depresiasi modal, perhitungan REO tidak mempertimbangkan depresiasi modal. Akibatnya membuat investor merugi karena REO tetap tinggi meskipun adanya pengurangan nominal aset dan perusahaan sebenarnya stagnan.
  3. Kurang Akurat untuk perusahaan yang baru, Perusahaan baru jika menghitung REO jarang sekali memiliki nilai yang tinggi di awal, alasannya karena produk yang mereka hasilkan masih penjajakan dipasar.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai REO yang memiliki kelebihan serta kekurangan. DIharapkan dengan artikel ini kamu dapat lebih memahami pengertian REO serta cara menghitungnya yang benar.

Instagram