pengertian pasar uang adalah apa lur

Pasar uang merupakan sarana untuk jual beli instrument di dunia investasi selain pasar modal. Pasar uang memiliki fungsi sebagai wadah transaksi investor yang meminjamkan dana ke pihak lain yang didalamnya terdapat perjanjian akan imbalan tertentu.

Menurut Otoritas Jasa Keuangan, Pasar uang adalah pasar instrument berjangka pendek sertifikat deposito yang dapat dipindahtangankan. Misalnya sertifikat deposito Eurodollar, Commercial Paper, dan treasury bills, kesamaan dari instrumen-instrumen tersebut adalah memiliki sifat likuid dan aman, pasar uang dioperasionalkan oleh para dealer.

Pengertian Pasar Uang

Pasar uang merupakan transaksi perdagangan efek yang bertujuan untuk memenuhi permintaan dan penawaran dana dalam  periode waktu yang pendek tanpa adanya batasan tempat.

Pasar uang memiliki nama lain yaitu pasar kredit, karena dalam prakteknya pasar uang memiliki tujuan utama untuk membantu orang yang memerlukan dana secepat mungkin.

Ada beberapa ciri dari pasar uang yang dapat kamu tandanya yaitu jangka waktu yang pendek, jadi dapat segera memenuhi permintaan serta penawaran dana yang dibutuhkan dalam periode yang pendek.

Proses transaksi yang terjadi pada pasar uang pun dibuat khusus untuk memperantarai antara pihak yang memerlukan dana dengan orang yang ingin meminjamkan dananya.

Dalam perkembangannya terciptalah pasar uang syariah yang mulai digandrungi oleh orang-orang yang menjual efeknya pada sistem syariah.

Pasar uang syariah merupakan pedagang efek dalam tempo pendek yang menerapkan prinsip syariah yang sesuai dengan Agama Islam.

contoh pasar uang apa lur

Baca Juga Artikel Tentang Kehidupan di Luar Negeri:

7 Universitas Favorit di Malaysia
Cara Mendapatkan Beasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Tujuan Kuliah di Luar Negeri
11 Tips Hemat Jadi Mahasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Pemburu Beasiswa

Fungsi Pasar Uang

Pasar Uang memiliki beberapa fungsi yang dapat dimanfaatkan oleh pengusaha, investor, serta pemerintah. Berikut dibawah ini adalah beberapa fungsi dairi pasar uang.

  1. Memudahkan emiten untuk memperoleh dana pada waktu singkat.
  2. Meningkatkan perkembangan pembangunan negara.
  3. Menjadi wadah dana masyarakat yang berlebih.
  4. Sebagai pencegah adanua kriss
  5. Adanya opsi investasi untuk investor yang low risk.

Transaksi Pada Pasar Uang

Ada beberapa transaksi yang terjadi pada pasar uang, yang dapat dijadikan pilihan untuk jual beli barang di pasar uang. Berikut adalah transaksi-transaksi tersebut:

Pasar Uang Antar Bank

Perdagangan pada pasar uang rata-rata melibatkan lembaga perbankan yang saling meminjam dana satu sama lain, yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dari para nasabahnya. Transaksi pasar uang antar bank merupakan hal yang paling sering dijumpai pada pasar uang.

Jual Beli Sertifikat Utang

Biasanya pemerintah atau bank sentral akan menerbitkan surat utang kepada bank umum untuk dibeli, dengan tujuan sebagai suntikan modal bank sentral.

al ini berlaku sebaliknya, bank umum akan menjual surat utang kepada bank sentral untuk mendapatkan dana suntikan.

Transaksi Sertifikat Deposito

Transaksi sertifikat deposito adalah transaksi yang diterbitkan oleh bank berupa surat berharga untuk dibeli nasabah dengan harga yang sudah ditentukan. Sertifikat tersebut dapat dipindahtangankan, sehingga transaksi ini disebut dengan sertifikat deposito.

Pasar Valuta Asing

Investor yang terdapat di pasar uang bukan hanya dari dalam negeri saja. Hal inilah yang membuat pasar valuta asing sangat membantu proses transaksi pasar uang antar negara.

Pasar Valuta asing merupakan proses jual beli valuta asing yang ditukarkan ke mata uang rupiah, dan sebaliknya.

Baca Juga Cara Transfer Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Transfer Uang ke Hongkong
Cara Transfer Uang ke Filipina
Cara Transfer Uang ke Australia
Cara Transfer Uang ke Singapura
Cara Transfer Uang ke Cina
Cara Transfer Uang ke Malaysia
Cara Transfer Uang ke Jepang

Macam macam Instrumen di Pasar Uang

Sertifikat Bank Indonesia (SBI)

SBI merupakan sertifikat yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia berupa surat utang yang memiliki jangka waktu selama 1-3 bulan menunggu kan sistem imbal hasil berupa bunga dan diskonto.

Surat Berharga Pasar Uang (SBPU)

SPBU merupakan surat berharga yang diterbitkan oleh bank yang berfungsi untuk surat pelunasan utang dengan persetujuan atau tanda tangan nasabah.

Dalam penerbitan SBPU ini melibatkan banyak pihak yaitu BI, bank umum, atau lembaga keuangan lainnya yang dalam bagi hasilnya menerapkan sistem diskonto.

Call Money

Call Money berfungsi sebagai instrumen pasar uang yang mengalihkan sementara kelebihan uang jangka pendek dari bank dengan jatuh tempo 7 hari saja.

Sertifikat Deposito

Surat berharga yang dikeluarkan oleh bank dengan jumlah yang terbatas dan bisa dipindahtangankan. Sertifikat deposito merupakan instrumen pasar uang yang paling mudah diperjual belikan karena memiliki surat atas tunjuk.

Treasury Bills

Surat utang yang diterbitkan oleh pemerintah untuk diperjualbelikan kepada masyarakat luas dengan waktu yang sangat pendek. Treasury Bills juga merupakan instrumen pasar uang yang sering disebut dengan nama lain yaitu obligasi pemerintah.

Commercial Paper

Perdanganan invebtaris dalam waktu pendek. Commercial Paper memiliki fungsi untuk dijadikan pilihan pengusaha agar mendapatkan tambahan modal.

Banker’s Acceptance

Instrumen pasar uang satu ini merupakan solusi dari permasalah gagal bayar yang berasal dari jual beli luar negeri misalnya ekspor dan impor. Bankers Acceptance memiliki bentuk serupa wesel yang memiliki periode waktu dilegalkan dengan ciri cap accepted.

Instrumen Pasar Uang Syariah

Pasar Uang Syariah memiliki banyak instrument misalnya SErtifikat Bank Indonesia Syariah, Repurchase Agreement SBSN, Repurchase Agreement SBIS, Surat Berharga Syariah Negara, Instrumen Pasar Uang Antar Bank Syariah, dan lainnya.

Ciri ciri Pasar Uang

Ada beberapa ciri-ciri pasar uang yaitu menekan pemenuhan dana waktu pendek, proses transaksi pasar uang yang ditekankan untuk mempertemukan pihak meminjam dana dan pihak yang memerlukan dana, dan tidak terikat pada tempat seperti pasar modal.

Pelaku di Pasar Uang

Pasar Uang memiliki beberapa pelaku yang terlibat didalamnya yaitu Bank, yayasan, dana pension, perusahaan asuransi, perusahan besar, lembaga pemerintah, lembaga keuangan lainnya, dan individu masyarakat.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Penutup

Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai Pasar Uang yang harus kamu ketahui.

Instagram