pengertian pasar spot adalah apa lur

Pasar Spot memiliki banyak julukan yaitu Pasar Fisik, atau Pasar Tunai karena dalam transaksi pasar ini merupakan perdagangan aset yang segera dicairkan secara efektif. Sedangkan transfer dana secara resmi antara penjual dan pembeli membutuhkan waktu yang lama, sehingga menggunakan transaksi non-spot, menyetujui barang dan harga jual, melakukan pengiriman, dan dana akan ditransfer kemudian hari.

Pengiriman segera dalam pasar spot valas dan saham adalah sekitar dua hari kerja, dan untuk komoditasnya sekitar tujuh hari. Banyak pasar spot yang bekerja secara OTC atau Over the Counter yang berate pembeli dapat bertransaksi lewat telepon, dibandingkan haru datang ke lantai bursa yang terorganisir.

Agar kamu lebih memahaminya lagi, berikut dibawah ini adalah penjelasan lengkap mengenai pasar spot.

Pengertian Pasar Spot

Singkatnya, Pasar Spot atau Spot markets merupakan pasar yang berisi transaksi jual beli secara langsung untuk pengiriman segera. Contohnya pasar surat berharga, valuta asing atau valas, dan komoditas.

Seharusnya pengiriman berlangsung hanya selang beberapa detik saja setelah transaksi selesai. Tapi, dalam lapangan transaksi pada pasar spot lebih dari 24 jam.

Translasi berlangsung di bursa, tapi para investor dapat juga melakukan transaksi melalui telepon yaitu secara over the counter.

Pembeli dan penjual merupakan pencipta dari harga spot dengan posting pesanan beli dan jual mereka. Lalu terjadilah harga spot yang merupakan harga yang diperjual belikan pada saat postingan tersebut terposting, harga yang berupa item yang dijual atau dibeli secepat mungkin.

contoh pasar spot apa aja lur

Baca Juga Artikel Tentang Kehidupan di Luar Negeri:

7 Universitas Favorit di Malaysia
Cara Mendapatkan Beasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Tujuan Kuliah di Luar Negeri
11 Tips Hemat Jadi Mahasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Pemburu Beasiswa

Fasilitas Pasar Spot

Ada beberapa fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh penjual dan pembeli di pasar spot.

Over the Counter

Over The Counter (OTC) adalah transaksi yang dilakukan lewat telepon oleh penjual dan pembeli. Artinya penjual dan pembeli berkontak langsung tanpa melalui bursa yang terorganisir.

Pengiriman dan Pembayaran yang Segera

Pada pasar spot pengiriman item dan transfer pembayaran akan dilakukan secepat mungkin setelah transaksi selesai yaitu membutuhkan beberapa hari kerja.

Harga Spot

Harga Spot merupakan harga actual ketika transaksi terjadi pada saat itu, yang dimana harga tersebut tidak akan berlaku esok harinya. Harga spot akan berubah pada setiap waktunya yang menyesuaikan penawaran serta permintaan pada pasar spot.

Persyaratan Mudah

Di dalam Pasar spot persyaratan tidak sulit bahkan bisa dikatakan tidak standar, apalagi dalam transaksi OTC. Pada transaksi OTC kesepatakan hanya terjadi antara pembeli dan penjual sehingga bisa disesuaikan.

Faktor yang Menentukan Pasar Spot

Pasar Spot memiliki beberapa faktor yang menentukan harga pasar spot menjadi berbeda dibanding pasar berjangka. Faktor yang menyebabkannya adalah adanya selisih antar keduanya yang mencirikan harapan harga di masa yang akan datang.

Dalam pasar spot penawaran dan permintaan merupakan faktor fundamental yang mempengaruhi harga jual dan beli. Sedangkan pada pasar berjangka harga bukan hanya bergantung pada dua faktor tersebut tetapi juga didasarkan harapan harga dimasa yang akan datang, biaya penyimpanan, dan factor lainnya.

Bahkan dalam pasar berjangka prediksi cuaca akan mempengaruhi komoditas yang mudah rusak.

Baca Juga Cara Transfer Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Transfer Uang ke Hongkong
Cara Transfer Uang ke Filipina
Cara Transfer Uang ke Australia
Cara Transfer Uang ke Singapura
Cara Transfer Uang ke Cina
Cara Transfer Uang ke Malaysia
Cara Transfer Uang ke Jepang

Contoh Pasar Spot

Pasar Komoditas, saham, dan pasar mata uang

Untuk dapat diperjualbelikan di pasar spot, para komoditas produk pertanian dan pertambangan harus memenuhi standar spesifik.

Misalnya pasar spot minyak, para penjual yang berada di pasar spot harus terdiri dari produsen minyak mentah, penyuling, distributor besar, dan konsumen produk minyak yang besar. Perdagangan pasar spot minyak tersebut dapat dilakukan dengan sms atau teks, pertukaran online, dan telpon.

Lokasi pengiriman merupakan strarisasi utama dalam transaksi Pasar spot ini. Transaksi umumnya akan berbasis pengiriman kargo, periode penyelesaian transaksi, dan moda transportasi.

Sedangkan harga spot dari minyak di pasar spot akan merujuk pada publikasi dari pihak ketiga seperti Platts yang merupakan lembaga penilai harga.

Pasar spot dalam dunia Bursa mempertemukan penjual dan pembeli

Bursa Efek Indonesia pada pasar Indonesia dan New York Stock Exchange pada pasar AS.

Pelaku utama pasar spot adalah bank komersial dan dealer sekuritas besar dunia, yang berhasil memiliki transaksi per hari mencapai rata-rata 6,6 triliun dollar AS per April 2019 melalui pasar valuta asing. Pasar valuta asing merupakan pasar keuangan terbesar di dunia.

Pada April 2019 tersebut tercatat keuntungan yang dihasilkan sekitar 2 triliun dollar AS adalah transaksi spot. Transaksi spot dalam prakteknya diselesaikan selama 2 hari kerja setelah transaksi diselesaikan antara kedua belah pihak.

Keuntungan Pasar Spot

Pasar Spot memiliki banyak keuntungan untuk para penjual dan pembeli yaitu:

Transaksi lebih fleksibel dibandingkan pasar berjangka

Transaksi yang terjadi di pasar spot bisa berjalan untuk transaksi dengan jumlah sedikit. Keuntungan lainnya adalah masing-masing pihak dapat menahan item hingga mereka menemukan kesepakatan transaksi tersebut.

Pengiriman Dalam Waktu Singkat Dengan Jumlah Berapa Saja

Pengiriman dapat dilakukan oleh penjual setelah pembeli membayarkan uang tunai. Pengiriman tidak dilihat dari banyaknya jumlah barang.

Karena itulah para investor akan langsung mendapatkan barang yang ia perlukan tanpa harus menunggu ketidakpastian.

  1. Modal yang sedikit
  2. Harga Transparan

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Penutup

Demikianlah informasi mengenai Penjelasan Pasar Spot, serta contoh dari pasar spot. Pasar spot sangat menguntungkan untuk penjual karena akan mempermudahkannya menemukan pembeli dengan segera dan dengan harga yang relatif standar.

Begitu juga untuk pembeli yang dapat dengan segera mendapatkan barang yang ia mau, dengan harga yang standar dan proses transaksi cepat.

Instagram