jenis dana pensiun

Dana pensiun adalah dana yang dikumpulkan oleh perusahaan yang merupakan hak dari karyawan yang telah  pensiun dari perusahaan tersebut.

Biasanya dana pensiun berupa uang yang diambil pada tiap bulannya, atau diambil sekaligus ketika seseorang tersebut memasuki masa pensiun, pembelian dana pensiun tergantung dari kebijakan setiap perusahaan.

Pengertian Dana Pensiun

Dana pensiun telah ditetapkan pada Undang-undang No.11 Tahun 1992, yang menjelaskan bahwa dana pensiun merupakan badan hukum atau lembaga yang mengelola program pensiun, dengan tujuan memberikan kesejahteraan kepada karyawan di perusahaan tersebut yang telah pensiun.

Dana pensiun terbagi menjadi dua jenis yang dibedakan dari program dan penyelenggaraannya. Kedua program pensiun ini sudah diterapkan di beberapa perusahaan di Indonesia.

Berikut dibawah ini adalah alasan lebih lengkapnya. Mari disimak dengan baik!

Jenis jenis dana pensiun

Jenis Dana Pensiun Berdasarkan Program

Dana pensiun berdasarkan programnya terbagi menjadi 2 yaitu Dana pensiun manfaat pasti dan jenis dana pensiun iuran pasti.

Dana Pensiun Manfaat Pasti

Jenis Dana Pensiun Manfaat Pasti memiliki nama lain yaitu Defined Benefit Plan yang artinya memberikan manfaat yang jelas kepada pesertanya, yang besarannya sudah ditentukan sejak awal.

Jenis Dana Pensiun Manfaat Pasti biasanya terdapat perjanjian antara karyawan dan perusahaan ketika masa awal bekerja untuk memastikan beberapa besaran dana pensiunan di kemudian hari.

Dana pensiun yang akan diberikan oleh karyawan yang telah pensiun berasal dari gabungan potongan gaji karyawan tersebut ketika masih bekerja, dan ditambahkan dengan dana dari pemberi kerja.

Kemudian dana tersebut dimasukkan ke dalam perusahaan dana pensiun untuk diinvestasikan, yang membuat jumlah dana pensiun menjadi berlipat ganda. Uang yang dihasilkan dari investasi inilah yang akan digunakan untuk membayar uang pensiun karyawan yang telah pensiun tadi.

Contoh Dana Pensiun Manfaat Pasti

Adi merupakan karyawan PT ABC yang telah dijanjikan untuk mendapatkan dana pensiun sebesar 80% dari gaji saat ia bekerja, dengan nilai penambahan 10% setiap tahunnya.

Jadi, saat Anak memasuki masa pensiun perusahaan wajib membayar gaji bulanan sesuai jumlah dana pensiun yang telah disepakati dari awal Adi bekerja di PT ABC tersebut.

contoh dan pengertian dana pensiun

Baca Juga Artikel Tentang Kehidupan di Luar Negeri:

7 Universitas Favorit di Malaysia
Cara Mendapatkan Beasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Tujuan Kuliah di Luar Negeri
11 Tips Hemat Jadi Mahasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Pemburu Beasiswa

Dana Pensiun Iuran Pasti

Defined Contribution Plan atau Jenis Dana Pensiun Iuran Pasti merupakan kebalikan dari Dana Pensiun Manfaat pasti yang memberikan manfaat serta keuntungan untuk karyawan.

Dana Pensiun Iuran Pasti justu lebih menguntukan perusahaan ketibang untuk karywannya. Karena cara kerja dana pension iuran pasti menerapkan iuran yang wajib dibayarkan karyawan tiap bulannya dengan pemotongan gajim ketimbang menentukan besaran hasil dana pensiunnya.

Jenis pension ini membuat perusahaan tidak usah menyediakan dana dalam jumlah yang besar untuk membayar pensiun karyawan. Justru karyawan akan dirugikan jika investasi dana pensiun yang selama ini ia serahkan dari gaji bulannya mengalami kerugian, dan uang pensiun yang diterimanya akan jauh lebih sedikit dibandingkan uang yang selama ini ia setorkan.

Contoh Dana Pensiun Iuran Pasti

Andi seorang karyawan dari PT bunga selama menjadi karyawan aktif yang bekerja, ia diharuskan membayar 10% setiap bulan untuk dana pensiunnya, 10% tersebut akan langsung perusahaan potong dari gaji setiap bulan Andi.

Lalu, yang yang dipotong tersebut akan diinvestasikan oleh perusahaan dana pensiun, dan Andi akan mendapatkan dana pensiun dari hasil investasi dana-dana yang selama ini ia serahkan kepada perusahaan.

Jenis Dana Pensiun Berdasarkan Penyelenggara

Berdasarkan Undang-Undang No.11 Tahun 1992 dana pensiun terbagi menjadi 2 jenis yaitu Dana Pensiun Pemberi Kerja dan Dana Pensiun Lembaga Keuangan.

Dana Pensiun Pemberi Kerja

Dana Pensiun Pemberi Kerja atau disingkat DPPK adalah program pension yang dilaksanakan oleh perusahaan, yang nantinya diberikan langsung kepada karyawan yang sudah memasuki usia pensiun.

Karyawan akan mendapatkan keuntungan karena adanya jaminan mendapatkan dana pensiun setelah ia pensiun nanti, dan karyawan tidak akan menanggung kerugian karena investasi.

Sayangnya, jenis dana pensiun DPPK belum dilakukan oleh banyak perusahaan, dan tidak seluruh karyawan dalam perusahaan dapat ikut menjadi peserta Dana pensiun jenkins ini.

Contoh perusahaan yang menerapkan dana pensiun DPPK adalah BUMN seperti Telok, Astra, serta pertamina.

Baca Juga Cara Transfer Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Transfer Uang ke Hongkong
Cara Transfer Uang ke Filipina
Cara Transfer Uang ke Australia
Cara Transfer Uang ke Singapura
Cara Transfer Uang ke Cina
Cara Transfer Uang ke Malaysia
Cara Transfer Uang ke Jepang

Dana Pensiun Lembaga Keuangan

Dana Pensiun Lembaga Keuangan atau DPLK merupakan dana pensiun yang dikelola oleh badan keuangan atau bank , dan perusahaan asuransi. Lembaga tersebut akan mengelola dana pensiun perorangan untuk karyawan atau para pekerja mandiri.

Cara yang dilakukan pada dana pensiun jenis ini merupakan iuran pasti yang bersifat sukarela. Siapa saja dapat menjadi peserta dana pensiun DPLK ini dengan periode waktu dan jumlah besaran dana yang sudah ditentukan.

Contohnya, tabungan pension. Tabungan pensiun merupakan penyelenggara atau juga merupakan jaminan untuk hari tua para nasabahnya.

Tujuan Dana Pensiun

Dana Pensiun memiliki beberapa tujuan, yang setiap pihaknya memiliki tujuan yang beberapa-beda:

Tujuan Untuk Perusahaan

  • Menimbulkan rasa aman untuk seluruh karyawan yang sudah bekerja lama pada perusahaan tersebut, untuk jaminan masa pensiunnya.
  • Timbulnya loyalitas karyawan serta meningkatnya motivasi kerja
  • Membuat citra perusahaan menjadi meningkat pada masyarakat serta pemerintah

Tujuan Untuk Karyawan

  • Adanya jaminan terhadap masa pensiun yang tetap memiliki pendapatan
  • Menimbulkan rasa aman,serta meningkatkan motivasi bekerja

Tujuan Untuk Penyelenggaraan Dana Pensiun

  • Untuk mengelola dana pensiun dan menghasilkan keuntungan. Karena iuran dana pensiun juga merupakan kategori investasi.
  • Untuk membantu program pemerintah
  • Bentuk bakti sosial terhadap para peserta dana pensiun

Penutup

Nah, sekarang kamu sudah paham kan mengenai Dana Pensiun dari pengertian serta contoh-contoh yang diberikan.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Instagram