working holiday visa australia feature image

Bagi sebagian orang mungkin masih asing dengan istilah Working Holiday Visa Australia. Akan tetapi, jika kamu merupakan seorang pekerja yang lepas atau part time, mungkin sudah tidak asing dengan istilah tersebut.

Pada dasarnya, workin Holiday Visa Australia sudah ada di Indonesia sejak 2009. Bahkan, kuota untuk visa satu ini sudah bertambah. Sebelumnya hanya sekitar 100 orang dan kini sudah menjadi 1.000 orang. Untuk mengetahui apa itu Working Holiday Visa Australia, simak ulasannya di bawah ini.

Baca Artikel Transfez Lain Tentang Australia

Rekomendasi Makanan Khas Australia
Tradisi Lebaran di Australia
Cara Membuat Akun Bank untuk Pelajar di Australia
Gaji TKI dan TKW di Australia

Mengenal Working Holiday Visa Australia

mengenal working holiday visa australiaWorking Holiday Visa Australia juga dikenal sebagai WHV. Program ini adalah visa khusus yang memungkinkan penerimanya bekerja dan liburan di Australia selama empat bulan.

Visa tersebut khusus diberikan kepada remaja yang baru lulus kuliah atau sedang kuliah selama minimal dua tahun. Mereka juga dapat mengajukan visa ini untuk mencoba bekerja di luar negeri sekaligus liburan.

Untuk lama visanya hanya berlaku selama dua belas bulan atau satu tahun. Kemudian, satu orang hanya bisa mendapatkan satu kali saja. Jika kamu ingin mendapatkan visa ini, maka harus memenuhi persyaratan tertentu. Bahkan, perlu mengurusnya secara teliti.

Jenis dan Perkiraan Pendapatan Working Holiday Visa Australia

Perlu kamu ketahui bahwa tidak semua pekerjaan bisa mendapatkan WHV ini. Pemerintah Australia memberikan adanya batasan untuk para pemilik visa tersebut. Ditambah lagi, pengguna WHV tidak dapat bekerja secara full time dan hanya bisa bekerja secara paruh waktu.

Kamu bisa bekerja sebagai waiter di kafe atau restoran dengan menggunakan Working Holiday Visa Australia. Selain itu, bisa juga bekerja di dunia peternakan dan perkebunan daerah Australia. Pemegang WHV ini dapat melakukan lebih dari satu pekerjaan dalam satu hari karena pekerjaannya bersifat part-time. Jika ingin menghasilkan lebih banyak uang, maka kamu dapat melakukan banyak pekerjaan sekaligus.

Tentunya ada yang bertanya berapa jumlah uang yang bisa diterima pemegang visa ini. Untuk Pemegang WHV umumnya dapat menerima gaji 20–30 AUD per jam. Meskipun begitu, kamu hanya diizinkan bekerja selama 38 jam saja untuk per minggu.

Jadi, kamu bisa mendapatkan gaji mingguan sekitar 760–1140 AUD atau sekitar Rp7,9 juta–Rp11 juta. Untuk sebulan bisa mencapai 3.040-4.560 AUD atau sekitar Rp31 juta–Rp47 juta. Ditambah lagi, kamu memiliki kesempatan untuk berlibur di Australia dan mengambil kursus.

Jenis dan Syarat Working Holiday Visa Australia

Sebenarnya, ada dua jenis Working Holiday Visa Australia, yakni visa subclass 417 dan 462. Khusus untuk Indonesia, ternyata masuk ke dalam kategori subclass 462. Pada dasarnya, kedua jenis subclass ini sama saja. Bagian yang membedakanny adalah batasan umurnya saja.

Untuk persyaratan working Holiday Visa Australia pada subclass 462 tidak terlalu banyak. Para warga Indonesia hanya perlu penuhi syarat sebagai berikut:

  • Minimal berusia 18 hingga 30 tahun
  • Tidak pernah mendapatkan WHV sebelumnya
  • Tidak ada tanggunan baik itu anak, istri, hingga suami
  • Ada dana minimal 5.000 AUD untuk kebutuhan hidup selama di Australia

Selain syarat tadi, kamu juga perlu menyiapkan berbagai dokumen penting lainnya sebagai berikut:

  • Paspor dengan masa berlaku minimal 18 bulan atau dua tahun
  • Ijazah perguruan tinggi atau surat bukti sudah menyelesaikan 2 tahun pendidikan di perguruan tinggi
  • Sertifikat IELTS dengan skor minimal 4,5
  • Foto Ukuran 4×6 terbaru dengan backgound putih
  • Memiliki SRPI atau Surat Rekomendasi Pemerintah Indonesia
  • Lampirkan SKCK atau Surat Keterangan Catat Kepolisian Terbaru

Perlu diperhatikan bahwa semua dokumen tersebut harus dalam bahasa Inggris. Untuk bagian ini, kamu hanya perlu memakai translator atau penerjemah yang sudah dipercaya. Setelah itu, pindai semua dokumen dalam bentuk PDF dan jadikan satu file.

Cara Membuat Working Holiday Visa Australia

Setidaknya, ada dua langkah yang harus kamu lakukan untuk bisa mendapatkan WHV Australia. Untuk bagian pertama adalah mengajukan surat rekomendasi atau SRPI seperti yang disebutkan sebelumnya.

Untuk mendapatkan surat rekomendasi ini, kamu perlu menyelesaikan semua dokumen yang disebutkan sebelumnya. Setelah itu, kamu dapat melakukan pendaftaran secara online.

Kemudian, pilih tanggal untuk melakukan validasi. Tanggal tersebut biasanya tersedia dari mulai 1 Agustus hingga 16 Desember. Jadi, pastikan kamu melakukan pengajuan minimal 3 hari sebelum validasi.

working holiday visa australia flow chart how to proposeSelanjutnya, isi formulir yang tersedia. Kamu harus mengisi formulir dengan paspor dan dokumen pendukung lainnya. Nantinya akan diminta untuk mengupload dokumen pendukung lainnya.

Pihak imigrasi akan melakukan langkah verifikasi. Setelah validasi, kamu akan dihubungi melalui email untuk mengetahui apakah disetujui atau tidak. Jika disetujui, kamu dapat mengunduh surat rekomendasinya secara langsung di internet. Pemberitahuan ini biasanya diterima atau tidak 1 hari setelah tanggal wawancara atau validasi.

Ketika validasi telah selesai, kamu akan dihubungi melalui email. Saat disetujui, kamu bisa langsung unduh surat rekomendasinya secara online. Untuk pemberitahuan diterima atau tidaknya bisanya sehari setelah tanggal wawancara atau validasi.

Cara Mengajukan Working Holiday Visa Australia

Jika kamu telah menerima surat rekomendasi, segera ajukan WHV Australia. Sebab, surat rekomendasi ini hanya berlaku selama sekitar satu bulan.

Isilah formulir secara online dan masukkan semua dokumen yang diperlukan sebelumnya. Jangan lewatkan setiap langkahnya sampai selesai. Kemudian, kamu akan diminta untuk membayar 510 AUD, atau sekitar Rp5,3 juta, untuk working holiday visa Australia. Kamu bisa membayarnya dengan kredit card atau paypal.

Nanti, kamu akan dihubungi melalui email setelah pembayaran selesai. Tujuannya adalah untuk memastikan apakah kamu perlu menjalani pemeriksaan medis atau tidak. WHV Australia akan terbit antara 46 dan 86 hari setelah pengajuan. kamu akan diberitahu melalui email apakah pengajuan visa diterima atau ditolak.

Demikian pengenalan tentang Working Holiday Visa Australia. Dari informasi tersebut, bisa kita lihat bahwa pengajian WHV ini begitu mudah. Pastikan kamu tidak melewatkan langkah-langkah sebelumnya.

Gunakan Transfez dengan Jack untuk kebutuhan bisnis Anda

ID CTA 1

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore