Tradisi Lebaran di Australia dengan Merayakan Festival Multikultural

Perayaan lebaran memang menjadi salah satu momen yang selalu dinantikan oleh umat Muslim di seluruh dunia untuk menyambut hari penuh suka cita. Negara tetangga Indonesia ini memiliki tradisi unik, tradisi lebaran di Australia tidak jauh semarak dan meriahnya seperti yang dilakukan di Indonesia.

Hal ini dilakukan guna menyambut hari kemenangan yang sudah diperjuangkan dalam satu bulan menjalankan ibadah puasa mulai dari terbit fajar sampai terbenamnya matahari. Meskipun Australia mayoritas penduduknya bukan Muslim namun pemerintah Australia telah menetapkan hari libur pada saat perayaan hari lebaran.

Tradisi Lebaran di Australia

Tradisi Lebaran di Australia Terbaru

Dari banyaknya tradisi lebaran di seluruh dunia ini, Australia memang bukan sebagai negara dengan penduduk umat Muslim. Akan tetapi pemerintah dan seluruh lapisan penduduknya menyambut Hari Raya Idul Fitri dengan suka cita.

Semua penduduk saling toleransi atas perayaan yang dilakukan oleh umat Muslim di Australia. Inilah beberapa tradisi yang dilakukan oleh penduduk Muslim Australia ketika merayakan Hari Raya Idul Fitri:

Tradisi Open House

Tidak jauh berbeda dengan lebaran yang dilakukan di Indonesia yakni tradisi open house bagi umat Muslim yang tengah merayakannya. Dengan acara open house ini artinya sesama umat Muslim bisa saling menyapa, silaturahmi dan bahkan meminta maaf atas kesalahan yang telah diperbuatnya dalam setahun belakangan ini.

Hal ini tentu membuat suasana lebaran jauh lebih meriah karena semua orang berkeliling ke tetangga ataupun ke rumah saudara. Suasana lebaran yang disambut dengan penuh suka cita pun semakin terasa dan menjadikan Hari Raya Idul Fitri lebih meriah.

Sholat Ied Sampai ke Jalanan

Meskipun bukan negara yang mayoritasnya Muslim namun pemerintah Australia memberikan fasilitas bagi setiap umat Muslim yang tengah merayakan Hari Raya Idul Fitri. Salah satunya dengan memberikan fasilitas jalanan untuk digunakan melaksanakan sholat Ied mengingat jika dilakukan di dalam masjid tidak mencukupi.

Pemerintah juga mengerahkan pasukan polisi untuk membantu melancarkan proses ibadah dengan cara memblokir sejumlah jalanan dan mengalihkan lalu lintasnya untuk memberikan kenyamanan bagi umat Muslim saat melakukan ibadah sholat Ied. Sholat Hari Raya Idul Fitri di Australia dilakukan di banyak tempat seperti halnya taman bermain, tempat lapang bahkan stadion.

Festival Multikultural

MEFF Consortium atau Multicultural Eid Festival & Fair yang ada di Australia ini telah memulai adanya perayaan festival multikultural sebagai bentuk menyambut hari kemenangan Idul Fitri di Sydney sejak tahun 1987. Festival perayaan ini masih ada sampai sekarang dan bahkan tidak hanya diikuti oleh umat Muslim namun juga non Muslim.

Festival juga diikuti oleh beberapa tokoh terkenal di antaranya Hazem El Masri, Gubernur Jenderal Australia, Yusuf Islam, pemain sepak bola terkenal dan juga Kristina Keneally. Festival dilakukan di seluruh kota yang ada di Australia.

Festival Terbesar di Melbourne

Sedangkan untuk tradisi lebaran di Australia yang masih dilakukan yakni dengan adanya berbagai macam festival salah satunya di kota Melbourne tepatnya di Broadmeadows pada akhir pekan sesudah Hari Raya Idul Fitri. Sementara itu di ibukota Australia yakni Canberra dilakukan festival dengan sponsor Polisi Federal Australia serta dilaksanakan pada hari Minggu sesudah Hari Raya Idul Fitri.

Pada perayaan festival ini juga hadir berbagai macam wahana yang dapat digunakan untuk anak-anak ataupun orang dewasa. Selain itu perayaan dengan menyediakan berbagai macam kios yang dimiliki oleh warna negara lain bahkan adanya program kebudayaan.

Baca Juga Artikel Lainnya dari Transfez

Cara Cek Mutasi Rekening Bank Syariah Indonesia Lewat BSI Mobile dan ATM
Cara Cek Nomor Rekening BSI Lewat BSI Mobile dan Syarat Pengecekan
Cara Cek Saldo Rekening BSI Lewat BSI Mobile dan Internet Banking
Jenis Tabungan Bank Syariah Indonesia dan Keunggulan Produknya

Toleransi dari Penduduk Australia

Tradisi lebaran di Australia yang sangat terlihat dari segi toleransi antar penduduk yang cukup kental dibandingkan dengan penduduk di negara Barat. Sebab dengan menjalankan festival perayaan Hari Raya Idul Fitri tidak hanya diikuti oleh umat Muslim saja.

Bahkan acara digelar untuk umum sehingga semua penduduk di negara Australia bisa mengikutinya. Hal ini menjadi salah satu momen yang sangat spesial mengingat Australia bukanlah negara Muslim.

Tersedia Makanan Khas Negara Australia

Dalam menyambut lebaran di Australia memang cukup terkenal dengan perayaan festival multikultural. Pada saat yang bersamaan, semua penduduk bisa merasakan banyaknya makanan khas Australia yang jarang ditemui.

Pada saat Hari Raya Idul Fitri ini banyak sekali hidangan di berbagai kios dengan menu yang berbeda-beda. Uniknya setiap kios yang berjualan makanan tersebut justru dari warna negara asing.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 60+ Negara

Pertunjukan Budaya

Australia bukan sebagai negara Muslim namun semua penduduknya mendukung dan ikut serta merayakan Hari Raya Idul Fitri dalam acara festival multikultural. Di acara inilah ada peran yang menunjukkan budaya dari negara Kanguru tersebut.

Penduduk akan melakukan banyak persiapan agar bisa tampil lebih baik pada acara pertunjukan budaya. Tradisi lebaran di Australia ini masih ada sampai sekarang sehingga budaya di negara tersebut sulit untuk luntur karena selalu diperagakan pada setiap hari lebaran.

Para Pekerja Diliburkan

Toleransi yang sangat tinggi ditanamkan di negara Australia pada saat perayaan Hari Raya Idul Fitri. Tidak hanya mendapat dukungan dari pemerintah untuk meliburkan kegiatan, namun setiap perusahaan juga toleransi agar semua karyawannya libur bekerja pada saat itu sebagai bentuk penghormatan bagi penduduk lain yang tengah merayakan Hari Raya Idul Fitri.

Sehingga perayaan hari lebaran di Australia cenderung ramai seperti halnya yang dilakukan di Indonesia. Sebab semua penduduk ikut serta memeriahkannya karena mendapatkan hari libur pada perayaan lebaran.

Kumpul Bersama

Sebenarnya kumpul bersama baik dengan anggota keluarga, tetangga ataupun kerabat menjadi hal yang lumrah di beberapa negara. Hal ini berguna untuk menjaga silaturahmi antar keluarga yang sebelumnya jauh namun di hari lebaran bisa berdekatan.

Demikianlah beberapa uraian penjabaran mengenai tradisi lebaran di Australia dengan perayaan yang sangat meriah. Pemerintah dan penduduk Australia mendukung dan memiliki toleransi tinggi terhadap umat Muslim yang merayakan hari lebaran.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Artikel ini terakhir diperbaharui pada 2 Maret 2024