kuliah jurusan manajemen

Sebagai lulusan SMA ataupun SMK yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan kuliah maka perlu sekali memilih jurusan yang tepat. Salah satunya tips kuliah manajemen yang banyak diincar para lulusan karena mempunyai prospek pekerjaan luas di luar sana.

Manajemen secara umumnya membahas tentang kegiatan merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, serta mengendalikan untuk rangka mencapai tujuan. Dengan begitu akan ada pembelajaran yang sangat luas mengenai jurusan manajemen ini.

Hal yang Dipelajari di Jurusan Manajemen

Di jurusan manajemen kamu akan mempelajari banyak hal tentang metode menyusun rencana, mengorganisasikan, menyusun struktur organisasi,leadership hingga controlling. Tidak hanya itu, manajemen juga membahas tentang bagaimana tugas dan tanggung jawab dari manajemen operasional yang ada pada perusahaan.

Di jurusan inilah kamu bisa memahami secara detail cara membuat perencanaan bisnis dan pemecahan masalah jika nantinya akan terjun di dunia bisnis. Tidak hanya mempelajari teori yang ada namun kamu juga disandingkan dengan kasus yang ada di lapangan untuk mudah memahaminya.

Konsentrasi Kuliah Jurusan Manajemen

Tips kuliah manajemen dengan memilih konsentrasi yang ada sesuai kemampuan dan minat. Luasnya pembahasan ilmu manajemen hingga menyediakan banyak pilihan konsentrasi untuk mahasiswanya.

Inilah beberapa konsentrasi yang ada pada beberapa kampus dengan jurusan manajemen:

Manajemen pemasaran

Dengan kamu kuliah di manajemen pemasaran artinya akan mempelajari tentang peluang pasar serta teknik pemasaran usaha. Sehingga bisa mempertimbangkan adanya 4P dalam bisnis yakni price, product, place dan promotion, dapat dikatakan bahwa fokusnya pada strategi memenangi persaingan bisnis.

Konsentrasi untuk manajemen pemasaran sangat cocok bagi kamu yang mempunyai pikiran dan skill kreatif. Sehingga nanti setelah lulus kamu sudah memiliki skill yang matang dan siap kerja.

Manajemen keuangan

Konsentrasi untuk jurusan manajemen keuangan ini berkaitan dengan pengelolaan keuangan perusahan serta penilaian kesehatan pada keuangan perusahaan. Selama pembelajaran pada manajemen keuangan maka kamu akan banyak memahami dan mengenal tentang penggalian, pengontrolan dan hingga pemanfaatan.

Kamu juga akan mendapatkan pembelajaran mengenai strategi terbaik untuk optimalisasi keuangan di dalam perusahaan. Konsentrasi manajemen keuangan sangat tepat bagi kamu yang suka menghitung karena pembahasannya mengenai perhitungan keuangan secara terperinci.

Manajemen SDM

Ilmu dari jurusan manajemen yang dapat memberikan pembelajaran tentang cara memahami karyawan dengan perannya sebagai aset perusahaan. Manajemen SDM membahas tentang tingkah lakunya para pekerja hingga teknik mengelola untuk peningkatan produktivitas kinerja para pegawai.

Konsentrasi manajemen SDM sangat tepat bagi kamu yang mempunyai minat untuk melakukan pendekatan dalam ilmu psikologi di dalam bisnis. Mata kuliah ini juga banyak mengajari tentang kedekatan bisnis dan psikologi seperti halnya pengembangan diri serta perencanaan karir.

Manajemen operasional

Konsentrasi manajemen operasional mengenai kualitas produk seperti halnya pembuatan hingga pengiriman produk. Konsentrasi pada jurusan manajemen ini artinya kamu bisa mempelajari serta memilih proses operasi paling efektif dan efisien.

Kamu juga akan banyak mempelajari tentang pembahasan manajemen logistik, manajemen proyek serta yang lainnya seputar operasi perusahaan. Sehingga sangat tepat untuk kamu yang menyukai kegiatan pada bagian operasional.

Baca Juga Artikel Lain Tentang Program Studi dan Universitas

Daftar Jurusan Kuliah University of Cambridge
Daftar Jurusan Kuliah di Stanford University
Daftar Jurusan Kuliah di Harvard University
Daftar Jurusan Kuliah Tsinghua University
Daftar Program Studi di University of Edinburgh
Daftar Jurusan Kuliah University of Tokyo (UTokyo)
Daftar Jurusan Kuliah Nanyang Technological University (NTU)

Kebutuhan Kuliah di Jurusan Manajemen

Jika kamu mempunyai minat pada manajemen keuangan contohnya, maka harus bisa menguasai hitung dasar matematika dengan benar. Konsentrasi manajemen ini memang sangat melibatkan banyak angka dan perhitungan yang mana pada umumnya kurang disukai.

Begitupun juga berlaku untuk konsentrasi manajemen yang lainnya. Kamu harus mempunyai kemampuan dan minat dalam memilih jurusan manajemen terlebih pada konsentrasinya.

Alasan Pemilihan Jurusan Manajemen

Sampai sekarang ini jurusan manajemen masih menjadi salah satu minat yang banyak menjadi pilihan. Tidak heran jika kelasnya bisa lebih banyak jika dibandingkan dengan jurusan yang lainnya.

Inilah alasan mengapa jurusan manajemen ini dipilih:

Jurusan manajemen dibutuhkan pada setiap aspek kehidupan

Ilmu dalam manajerial sangat penting dan banyak digunakan pada kehidupan. Dalam jurusan ini kamu bisa mempelajari tentang tanggung jawab pada sebuah pengelolaan perusahaan.

Isi dari jurusan manajemen ini yakni menawarkan banyak pilihan konsentrasi untuk para pengelola poyek dan keuangan. Sehingga bisa disesuaikan dengan kemampuan dan minat dari diri sendiri.

Mempunyai peluang kerja yang luas

Jurusan manajemen sangat dibutuhkan oleh perusahaan di seluruh Indonesia dengan berbagai bidang dan profesi. Lulusan manajemen sangat dibutuhkan dalam melakukan pengelolaan sebuah perusahaan dengan pemahaman tentang hukum ketenagakerjaan dan komunikasi secara aktif maupun efektif.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke United Kingdom
Cara Kirim Uang ke Rusia
Cara Kirim Uang ke Jerman
Cara Kirim Uang ke Belanda
Cara Kirim Uang ke Prancis
Cara Kirim Uang ke Spanyol
Cara Kirim Uang ke Amerika Serikat
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina

Jurusan lebih fleksibel

Pengambilan jurusan manajemen dapat diterapkan pada bagian apa saja ketika dalam perusahaan atau institusi. Hal itu tergantung dari bagaimana cara kamu mengaplikasikan ilmu yang sudah didapatnya mengenai manajemen pada sebuah tempat.

Sehingga nantinya kamu tetap bisa menghasilkan pekerjaan dengan optimal ataupun maksimal. Sehingga jangan khawatir nantinya di dunia kerja jurusan kamu hanya berpaku pada jualan saja.

Kuliah manajemen meningkatkan kemampuan organisasi

Di dalam jurusan ini akan membentuk kemampuan untuk ikut serta dalam organisasi yang baik bagi mahasiswa. Di bidang manajemen ini kamu mempunyai keahlian yang mana sangat diperlukan bagi organisasi untuk menunjang peran dalam dunia kerja.

Organisasi membutuhkan keahlian dari bidang manajemen untuk mengelola dan mengorganisir agar bisa berjalan dengan baik. Bukan suatu hal yang tidak mungkin untuk mengaplikasikan skill dan ilmu pada dunia organisasi di kampus sebagai bentuk pengembangan.

Mudah beradaptasi

Proses untuk melakukan adaptasi bagi jurusan manajemen tidak begitu sulit dan sangat singkat. Pada awal kamu masuk pembelajaran maka akan dikenalkan dengan beragam dasar dari ilmu manajemen sebelum masuk pada pembahasan lebih khusus.

Sehingga tidak perlu khawatir jika diberikan peluang untuk memilih konsentrasi pada jurusan manajemen. Kemampuan di jurusan manajemen tidak harus langsung bisa karena semuanya butuh mencoba untuk bisa melakukannya.

Itulah tadi beberapa hal mengenai pembahasan kuliah dengan memilih jurusan manajemen. Salah stau jurusan yang banyak berpengaruh pada aspek kehidupan masyarakat.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Instagram