Kegiatan Leasing Service dan Perusahaan Leasing di Indonesia

Pernah dengar leasing service? Dalam melakukan pembelian kendaraan bermotor sekarang ini sudah banyak yang menggunakan cara pembayaran melalui sistem kredit. Perusahaan yang memberikan tawaran tersebut dikenal dengan leasing service yang mana tidak berhubungan langsung pada perusahaan pembiayaan ataupun pemberi kredit.

Baca Juga Artikel Cara Mengelola Gaji Lainnya dari Transfez

Cara Mengelola Gaji 10 Juta untuk Mulai Menabung dan Investasi
Cara Mengelola Gaji Pendapatan 5 Juta dan Penggunaan yang Tepat
Cara Mengelola Penghasilan Gaji 3 Juta pada Kehidupan Rumah Tangga

Leasing merupakan salah satu kegiatan bentuk penyediaan barang modal yang digunakan pada sebuah perusahaan ataupun perseorangan dalam jangka waktu tertentu. Istilah yang digunakan untuk penyewa guna usaha disebut dengan lessee dan pihak pembiayaan perusahaan dikenal dengan lessor.

Apa Saja Kegiatan pada Leasing Service?

Kegiatan Leasing Service dan Perusahaan Leasing di Indonesia

Praktik leasing sebenarnya sekarang ini sudah marak dilakukan oleh berbagai macam industri yang padat modal. Dalam hal ini leasing dapat membuat perusahaan dapat melakukan pengadaan besar tanpa harus menggangu arus kas dari perusahaan tersebut.

Praktik leasing yang cukup terlihat yakni dalam melakukan pengadaan armada pesawat pada maskapai penerbangan, pembelian kendaraan bermotor untuk operasional perusahaan ataupun pengadaan alat berat. Sepanjang untuk melakukan perjanjian sewa guna usaha masih tetap berlaku, hak milik dari barang modal atas transaksi pada perusahaan pembiayaan.

Ciri-ciri Leasing Service

Perusahaan berperan sebagai pihak penyedia barang ataupun modal untuk melakukan pembelian merupakan artian dari leasing. Perusahaan leasing yang telah menyediakan kebutuhan dari pada nasabah ini memiliki beberapa ciri-ciri yang perlu diketahui antara lain:

• Barang yang disewakan pada nasabah adalah barang penunjang operasional ataupun kegiatan pada lessee
• Memiliki jangka waktu tertentu untuk melakukan sewa dan periode pembayaran menggunakan sistem cicilan
• Kepemilikan atas barang yang disewakan ada pada lessor
• Terdapat nominal imbalan yang sudah menjadi kesepakatan antara kedua belah pihak.

Tujuan Leasing

Bagi pihak yang membutuhkan sewa di perusahaan pembiayaan biasanya ada beberapa tujuan. Inilah tujuan yang dilakukan oleh pihak lesse dalam mengajukan pembiayaan modal ataupun barang pada perusahaan leasing:

• Memperoleh barang yang dibutuhkan dengan penawaran harga mahal di pasaran dalam waktu yang sangat singkat. Dengan demikian Anda bisa langsung menggunakan barang tersebut dan mengangsur pembayarannya setiap bulan
• Dari pihak lessee lebih hemat biaya dalam produksinya mengingat dalam pembelian untuk alat tidak bisa dilakukan dalam satu waktu sekaligus
• Perusahaan leasing biasanya akan menjalankan pembiayaan yang berguna untuk mendapatkan penghasilan atas bunga kredit yang telah diajukan.

Perusahaan Leasing

Di Indonesia leasing service sudah cukup marak digunakan dengan ketersediana perusahaan yang bisa menjadi pilihan oleh kalangan masyarakat Indonesia. Bagi Anda yang tertarik untuk mengajukan leasing maka bisa memilih salah satu perusahaan yang aman dan terpercaya.

Inilah beberapa perusahaan besar yang mampu menawarkan leasing dengan menawarkan persyaratan:

• PTAstra Credit Companies
• PT Federal International Finance atau FIF
• PT Oto Multi Artha
• PT Wahana Ottomitra Multiartha
• PT Bussan Auto Finance
• PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk
• PT Summit Oto Finance

Cara Memilih Perusahaan Leasing

Banyaknya perusahaan leasing service yang sudah berkembang tidak hanya yang telah terdaftar di atas. Masih banyak sekali pilihan perusahaan yang bisa digunakan untuk mengajukan leasing dengan penawaran keunggulan berbeda-beda.

Baca Juga Artikel Cara Mengelola Gaji Lainnya dari Transfez

Cara Mengelola Gaji 10 Juta untuk Mulai Menabung dan Investasi
Cara Mengelola Gaji Pendapatan 5 Juta dan Penggunaan yang Tepat
Cara Mengelola Penghasilan Gaji 3 Juta pada Kehidupan Rumah Tangga
Cara Mengatur Gaji 2 Juta Agar Cukup untuk Kebutuhan Satu Bulan

Berikut ini cara yang bisa Anda lakukan dalam melakuka pemilihan perusahaan leasing selain mengetahui perusahaan sudah terdaftar di OJK:

• Melakukan pemeriksaan terlebih dahulu mengenai reputasi dan kredibilitas dari perusahaan leasing
• Mengetahui harga leasing dan waktu untuk membayar angsuran leasing
• Mencari informasi mengenai syarat yang dibutuhkan dalam mengajukan pembiayaan leasing.

Baca Juga Artikel Tentang Investasi Lainnya dari Transfez

Cara Investasi Saham Luar Negeri
Cara Memulai Investasi Properti Rumah Kontrakan
Tips Memilih Manajer Investasi
Investasi Saham Aktif dan Pasif

Manfaat Leasing

Leasing hadir dengan memberikan banyak kemudahan bagi pengguna yang membutuhkan pembiayaan modal ataupun barang. Dengan demikian setiap perusahaan ataupun perorangan bisa mendapatkan barang yang dibutuhkan.

Adapun manfaat leasing bagi pengguna cukup banyak di antaranya:

1. Sifatnya Fleksibel

Leasing menggunakan konsep yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pihak pengguna sebagai pemohon pengajuan. Dalam hal ini untuk memilih jangka waktu leasing dan jumlah yang diajukan harus disesuaikan pada kondisi finansial nasabah sehingga sanggup membayar cicilan dengan kesepakatan sebelumnya.

2. Terhindar dari Inflasi

Kegiatan leasing dari perusahaan ini membuat nasabah bisa terhindar dari inflasi. Sebab sistem pembayaran untuk cicilan leasing yang telah digunakan menyesuaikan dengan satuan keuangan yang telah disepakati di awal oleh kedua belah pihak.

3. Tidak Menggunakan Jaminan

Leasing memiliki manfaat yang dapat dirasakan dalam hak kepemilikan secara sah dari aktiva pada leasing. Selain itu untuk pembayaran lease yang sesuai dengan aktiva dapat dijadikan sebagai jaminan pada leasing yang digunakan oleh pihak pengaju pembiayaan modal atau barang.

4. Capital Saving

Perusahaan leasing biasanya memberikan anggaran modal mencapai 100 persen bagi nasabah yang membutuhkan. Dengan demikian modal yang telah didapatkan bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan yang bertujuan dalam meningkatkan produktivitas pada perusahaan.

5. Pelayanan Cepat

Prosedur pembiayaan leasing service pada setiap perusahaan terbilang sangat cepat mulai dari pengajuan ke perusahaan hingga pembiayaan tersebut diproses. Penawaran kemudahan dari perusahaan mampu meningkatkan efisiensi waktu menjadikan perusahaan yang bersangkutan lebih produktif.

Lihat Juga Video Cara Mudah Melakukan Pengiriman Uang Ke Luar Negeri

6. Cara Mendapatkan Aktiva

Pihak leasing sering kali dijadikan sebagai pilihan utama bagi sebuah perusahaan. Khususnya bagi perusahaan yang ingin melakukan modernisasi untuk peningkatan produktivitas akan tetapi tidak ada dana yang bisa digunakan.

7. Dilindungi Secara Hukum

Manfaat leasing yang perlu diketahui oleh kedua belah pihak yakni lessor atau lesseee akan memperoleh kepastian di mata hukum. Dengan begitu pembuatan peraturan tidak dapat dibatalkan meksipun dalam situasi keuangan yang cukup sulit sekalipun.

Hal ini membuat pihak yang mengajukan leasing atau perusahaan pembiayaan dapat bertanggung jawan atas tugasnya. Maka dari itu butuh kekuatan hukum untuk memberikan kelancaran pada leasing.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

play store small
app store small

Demikianlah beberapa penjabaran terkait leasing service yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan modal ataupun barang. Tidak hanya bisa diajukan oleh perusahaan saja namun juga bisa perseorangan ataupun siapa saja yang menjalankan usaha.

Instagram