Jurusan paling diminati di fakultas ekonomi

Sudah menjadi rahasia umum jika jurusan ekonomi menjadi rebutan banyak orang. Tidak heran lagi jika kelas untuk ekonomi cukup banyak jika dibandingkan dengan departemen yang lainnya.

Fakultas ini menjadi incaran oleh calon mahasiswa di seluruh Indonesia yang mempunyai peluang kerja cukup menjanjikan. Dapat dikatakan bahwa ekonomi menjadi pilihan departemen yang paling laris di pasaran.

Siapa yang Cocok Masuk Fakultas Ekonomi?

Fakultas Ekonomi tidak hanya mempelajari tentang manajerial dan uang saja. Akan tetapi fakultas ini juga akan memberikan kamu banyak pelajaran mengenai pengelolaan sumber daya pada perusahaan sampai kegiatan bisnis.

Fakultas ini sangat tepat untuk kamu yang menyukai dunia accounting, bisnis, dan finansial. Memilih fakultas ini bisa kamu jadikan untuk melanjutkan kuliah ke jenjang yang lebih tinggi lagi.

Jurusan Paling Diminati di Fakultas Ekonomi

Fakultas Ekonomi menjadi pilihan favorit hampir di semua universitas. Hampir setiap tahunnya selalu mempunyai banyak peminat dengan alasan mempunyai prospek menjanjikan.

Selain kamu bisa mendapatkan prospek kerja dari memilih program studi dari fakultas ekonomi, alasan lainnya adalah passion. Inilah beberapa jurusan yang paling diminati di Fakultas Ekonomi.

Akuntansi

Sudah tidak asing lagi dengan pilihan yang satu ini karena mempunyai banyak peminat meskipun pembahasannya tentang hitungan dan angka. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa Fakultas Ekonomi memiliki prospek kerja lebih luas dan menjanjikan.

Lulusan akuntansi dapat bekerja di berbagai pilihan perusahaan baik itu swasta, instansi publik maupun pemerintah. Namun jika kamu ingin masuk akuntansi dituntut untuk teliti dan cermat karena pekerjaannya seputar mempelajari hitungan serta input data dan membutuhkan ketelitian secara akurat.

Manajemen

Jurusan manajemen di perkuliahan secara garis besarnya mempelajari tentang bagaimana mengelola sebuah perusahaan ataupun organisasi. Nanti ke depannya ini bisa didalami dengan bidang bisnis serta ekonomi.

Akan tetapi harus fokus pada kegiatan pengelolaan, perencanaa, pengaturan yang mana setiap prosesnya untuk mencapai tujuan perusahaan. Selain itu manajemen juga memiliki konsentrasi yang cukup banyak seperti halnya manajemen keuangan, manajemen produksi, manajemen pemasaran, manajemen SDM dan masih banyak lagi pilihannya.

Ilmu Ekonomi

Fakultas ekonomi juga banyak yang mempunyai jurusan ilmu ekonomi di mana akan memberikan pelatihan pada mahasiswa agar bisa menjadi ekonom untuk menganalisa fenomena ekonomi. Ilmu ekonomi ini dibagi 2 bagian yakni ekonomi makro dan juga mikro.

Ekonomi makro yakni membahas tentang situasi ekonomi global ataupun di dalam negara seperti kebijakan moneter, fiskal, volatilitas nilai kurs hingga pembangunan infrstuktur. Sementara itu untuk ekonomi mikro lebih mempelajari situasi ekonomi tentang tataran individu serta perusahaan mengenai strategi bisnis dan kinerja pada sebuah perusahaan.

Ekonomi pembangunan

Pada dasarnya ekonomi pembangunan masih dalam bagian dari ilmu ekonomi dengan spesifik pembelajaran pada persoalan pembangunan di negera berkembang. Pada program studi ini mahasiswa akan diberikan pengarahan untuk bisa menjadi perencana pembangunan ekonomi dan bisa turut serta menciptakan kesejahteraan bersama.

Ekonomi pembangunan juga sangat cocok untuk kamu yang mempunyai pikiran kritis, inovatif dan kreatif. Sebab ekonomi pembangunan ditujukan agar bisa membangun perekonomian daerah yang ada di negara.

Baca Juga Artikel Lain Tentang Program Studi dan Universitas

Daftar Jurusan Kuliah University of Cambridge
Daftar Jurusan Kuliah di Stanford University
Daftar Jurusan Kuliah di Harvard University
Daftar Jurusan Kuliah Tsinghua University
Daftar Program Studi di University of Edinburgh
Daftar Jurusan Kuliah University of Tokyo (UTokyo)
Daftar Jurusan Kuliah Nanyang Technological University (NTU)

Prospek Kerja Jurusan Ekonomi

Memilih setiap program studi memang sangat perlu bagi kamu memikirkan nanti akan jadi apa. Sebab sangat rugi bagi kamu jika sudah kuliah lama namun tidak mempunyai pekerjaan yang menjanjikan atau bahkan program studi tidak memiliki prospek kerja luas.

Berikut ini beberapa prospek kerja untuk Fakultas Ekonomi yang dapat kamu ketahui ketika kamu memilihnya:

Karir lulusan ekonomi menjadi ekonom profesional

Lulusan ekonomi bisa bekerja menjadi ekonom profesional yang akan terlibat pada penelitian hingga analisis data, tren ekonomi hingga masalah. Namun untuk terjun sebagai ekonom kamu perlu melanjutkan pada tingkat pascasarjana agar bisa mendapatkan keterampilan secara khusus dan mendalam.

Ekonom profesional juga harus mampu membuat prakiraan serta laporan ekonomi yang nantinya disajikan pada klien individu, organisasi, perusahaan, badan publik hingga keuangan. Kamu juga bisa berperan sebagai pemberi nasihat mengenai kebijakan ataupun strategi bisnis yang sesuai.

Karir jurusan ekonomi pada perbankan

Proespek kerja untuk lulusan sarjana ekonomi yang lainnya yakni di dunia perbankan, hal ini sudah tidak asing lagi. Sebab karir perbankan sendiri sangat populer di kalangan para lulusan ekonomi karena memang memberikan tawaran penghasilan tinggi dan membutuhkan ekonom berjumlah banyak.

Lulusan ekonomi sangat dihargai di perbankan yang mana perannya mengenai kontrol keuangan, analiss resiko, perencanaan keuangan, konsultasi hingga analisis data. Karir di perbankan untuk ekonomi berhubungan dengan pemberian saran perbankan dan layanan lain bagi klien.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke United Kingdom
Cara Kirim Uang ke Rusia
Cara Kirim Uang ke Jerman
Cara Kirim Uang ke Belanda
Cara Kirim Uang ke Prancis
Cara Kirim Uang ke Spanyol
Cara Kirim Uang ke Amerika Serikat
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina

Karir ekonomi di bidang akuntansi

Sarjana jurusan ekonomi dapat masuk pada pekerjaan di berbagai macam industri dengan perannya di bagian akuntansi. Fokus kerja untuk lulusan akuntansi yakni dengan melakukan pemantauan situasi keuangan pada sebuah bisnis, organisasi ataupun individu.

Karir ekonomi pada bidang akuntansi seperti halnya melakukan pencatatan, interpretasi, mengklasifikasikan, dan komunikasi data keuangan. Lulusan ini juga bisa mengisi peran akuntansi dengan skill analitis yang kuat, melek komputer, kemahiran matematika, paham elemen keuangan perusahaan serta kemampuan untuk membuat konteks daya yang terkumpul.

Karir ekonomi bidang bisnis dan konsultasi keuangan

Lulusan ekonomi juga bisa merambah ke ranahnya penelitian ekonomi. Seorang peneliti haruslah mempunyai pengetahuan secara mendalam mengenai teori serta modal dari ekonomi itu sendiri, kemampuan analitis memecahkan masalah serta kemampuan matematika.

Pada ranah bisnis dan konsultasi keuangan, sarjana ekonomi bisa turun bekerja sebagai konsultan ekonomi. Lulusan ini dapat bekerja untuk klien serta banyak organisasi yang mampu menghasilkan laporan hingga pemberian nasihat mengenai strategi melakukan bisnis.

Itulah tadi sedikit uraian pembahasan tentang jurusan dari faskultas ekonomi yang banyak diminati. Lulusan ekonomi mempunyai prospek kerja yang sangat luas di berbagai perusahaan ataupun instansi pemerintah.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Instagram