Mengenal Investasi Properti Online

Pada zaman sekarang, banyak sekali investasi yang bisa dipilih oleh banyak orang dan salah satunya adalah investasi properti online. Bagi sebagian orang, investasi properti mungkin sudah bukan barang baru lagi. Bahkan, istilah ini sudah ada sejak lama hingga sekarang.

Namun seiring dengan berjalannya waktu, investasi properti online muncul dan bisa terjangkau oleh kalangan muda. Untuk kamu yang penasaran apa itu investasi properti online dan jenisnya saat ini, simak ulasannya di bawah ini.

Pengertian Investasi Properti Online

Pada dasarnya, Investasi merupakan upaya penanaman modal atau dana dari satu pihak ke pihak lainnya untuk memperoleh keuntungan (return) di masa depan. Jika merujuk pada Otoritas Jasa Keuangan (OJK), investasi diartikan sebagai penanaman modal yang biasanya dengan jangka panjang untuk pengadaan aktiva lengkap atau pembelian saham dan surat berharga untuk mendapat keuntungan.

Untuk Investasi properti online juga hampir sama dengan investasi properti secara konvensional. Keduanya hanya dibedakan dengan media yang digunakan. Investasi properti online merupakan semua kegiatan dalam hal finansial yang diharapkan mendatangkan profit melalui media atau berbasis internet.

Investasi properti online dapat diakses siapa saja seperti perorangan, kelompok, bahkan lembaga atau perusahaan. Di dalam dunia investasi properti online, mata uang yang digunakan adalah mata uang elektronik.

Mengenal Investasi Properti Online dan Jenisnya

Kelebihan Investasi Properti Online

Tentunya ada kelebihan tersendiri saat melakukan investasi properti online dibandingkan dengan investasi properti konvensional. Untuk mengetahui apa saja kelebihannya, simak ulasannya di bawah ini.

Dapat cek Harga dan Properti dengan Sangat Praktis

Investasi properti online memiliki harga yang transparan karena bisa dilihat langsung dari aplikasi smartphone. Dengan begitu, jadi lebih nyaman dan mudah dalam pengoperasiannya. Dengan mengecek harga properti dalam satu sentuhan, kamu bisa melakukan transaksi jual beli berdasarkan harga terbaik.

Dengan adanya update harga yang dilakukan secara berkala, ,maka ada fitur pemberitahuan yang akan dikirim langsung ke perangkat kamu. Hal ini tentunya sangat praktis dan mudah dilakukan oleh siapa saja yang memiliki perangkat smartphone.

Dapat Melakukan Investasi dengan modal kecil

Untuk pemilik modal kecil, kamu bisa membeli saham pengembang properti ketimbang langsung membeli produk properti mereka. Beragam pengembang properti di Indonesia kini bisa kamu beli portofolio sahamnya pada pasar modal. Tentunya hal ini sangat menguntungkan.

Ketika berinvestasi saham, pastikan kamu mengerti dan memahami segala risiko maupun prospek yang ada. Kamu juga harus mengetahui jika saham properti menyesuaikan harga pasar dalam kurun waktu tertentu. Karena nilainya kerap mengalami penyesuaian, maka untuk kamu yang masih pemula disarankan untuk belajar mengenai prinsip, sistem, dan cara kerja investasi saham kepada manajer investasi.

Lihat Juga Cara Bayar Tagihan dari Singapura

Cocok sebagai Investasi Jangka Panjang Untuk Hari Tua

Investasi properti online juga merupakan investasi jangka panjang. Baik itu dengan membeli properti langsung atau lewat saham dari para pengembang tadi. Kamu akan merasakan keuntungan maksimal jika menyimpannya selama beberapa tahun.

Oleh sebab itu, jika kamu ingin jenis investasi jangka pendek, maka jenis investasi properti online bukanlah produk terbaik untuk hal tersebut.

Investasi dapat berbentuk Urun Dana dengan Sistem Crowdfunding

Untuk Investasi properti online dengan modal terjangkau yang dapat kamu pilih adalah crowdfunding. Sistem ini merupakan cara membeli properti secara online dengan model patungan.Sistem investasi ini sudah jadi cara yang umum diaplikasikan di Indonesia.

Tidak hanya caranya yang mudah, crowdfunding juga lebih terjangkau karena tidak memerlukan modal dan bisa digabung dengan yang lain. Namun, karena maraknya penggunaan serta banyaknya perusahaan yang menawarkan layanan ini, kamu harus ekstra hati-hati saat berinvestasi properti online lewat sistem urun dana.

Baca juga artikel lainnya di Blog Transfez

Berapa Jam Perjalanan dari Indonesia ke Pakistan Mengunakan Maskapai Penerbangan
Berapa Jam Perjalanan dari Indonesia ke Vietnam Berdasarkan kecepatan Pesawat
Berapa Jam Perjalanan dari Indonesia ke Bangladesh Sesuai Kota Keberangkatan dan Kecepatan Pesawat
Berapa Jam Perjalanan dari Indonesia ke Belanda Tepatnya ke Amsterdam

Keamanan Terjamin Selama Memilih Platform Resmi

Banyak yang khawatir bisa terjerat investasi bodong jika salah memilih platform. Misalnya untuk sistem crowdfunding tadi punya risiko penipuan yang cukup tinggi jika tidak selektif.

Maka dari itu, pastikan perusahaan yang dipilih sudah memiliki izin resmi OJK. Untuk pilihan aman kamu juga bisa mengikuti investasi properti online berbentuk efek yang diterbitkan oleh Kontrak Investasi Kolektif atau KIK. Dengan sistem asset-backed security yang disebut Efek Beragun Aset, nantinya akan ada legalitas berbentuk seperti tagihan yang muncul dari surat berharga komersial.

Jenis-jenis Investasi Properti Online yang Sering Digunakan

Setelah mengetahui apa saja keunggulannya, maka kita akan bahas apa saja jenis investasi properti online saat ini. Untuk mengetahuinya, simak ulasannya di bawah ini.

Saham Developer Properti

Pertama ada saham developer properti yang artinya Kamu bisa membeli saham perusahaan properti. Banyak pilihan saham developer yang bisa dibeli seperti Ciputra, Sinar Mas Land, Pakuwon, hingga Triniti Land.

Pergerakan nilai saham memang turun naik.Maka dari itu, kamu memang harus berinvestasi dalam jangka panjang, setidaknya dalam jangka menengah. Cara membeli saham dan kemudian menjualnya juga mudah, yakni cari tahu dengan belajar pada manajer investasi.

Sebelum memilih investasi properti online seperti saham, jangan lupa untuk mempelajari semua risiko dan membaca prospektusnya.

EBA (Efek Beragun Aset)

EBA atau juga Efek Beragun Aset adalah efek yang diterbitkan oleh KIK (Kontrak Investasi Kolektif) dengan portofolio dari aset keuangan. Bentuknya berupa tagihan yang muncul dari surat berharga komersial seperti future receivables, pemberian kredit termasuk KPR.

Salah satu lembaga yang mengeluarkan EBA adalah Sarana Multigriya Finansial (SMF) dan EBA ini sendiri dijamin pemerintah. Hingga saat ini, EBA di Indonesia masih berupa pemberian KPR (Kredit Pemilikan Rumah) saja. EBA juga masih ditawarkan untuk investor institusi, namun SMF berencana untuk merilis EBA yang dibeli oleh individu atau ritel.

Crowdfunding

Bentuk investasi properti online lainnya adalah crowdfunding. Penjelasan singkatnya adalah patungan untuk membeli properti. Investor hanya perlu merogoh 1 juta Rupiah untuk membeli properti secara bersama-sama dengan orang lain.

Investasi properti online seperti ini mulai marak belakangan ini. Supaya kamu tidak tertipu, kamu harus mencari informasi mengenai perusahaan yang mengelola crowdfunding ini. Pastikan kalau perusahaan pengelola tersebut telah memiliki izin resmi dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Demikian tentang investasi properti online dan jenisnya. Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat.

Instagram