Investasi Properti Modal Kecil

Banyak orang yang berpendapat bahwa investasi properti harus dengan modal yang besar. pendapat tersebut memang tidak salah jika kita berkaca pada puluhan tahun yang lalu. Namun dengan kondisi saat ini, sebenarnya pernyataan tersebut sudah tidak relevan lagi. Ya, kita bisa melakukan investasi properti hanya dengan modal yang kecil.

Memang terlihat seperti mimpi yang cukup mustahil dilakukan. Akan tetapi, jika kamu mau berusaha dan jeli dalam melihat peluang, maka membangun investasi properti modal kecil sangat besar.

Cara melakukan investasi Properti Modal Kecil

Untuk mengetahuinya cara melakukan investasi properti dengan modal seminim mungkin, simak ulasan di bawah ini.

Bekerja Sama Dalam Investasi Properti Modal Kecil

Melakukan investasi properti modal kecil bisa dimulai dengan bekerjasama dengan orang yang juga tertarik untuk berinvestasi properti modal kecil. Dengan tujuan yang sama, kamu bisa bergabung membentuk kekuatan agar berbisnis bisa lebih besar lagi.

Hal yang paling utama adalah usahakan kamu memang mengetahui latar belakang orang tersebut. Jangan mencoba berinvestasi properti dengan orang yang masih meragukan. Walaupun kamu merasa cocok, kemungkinan ditipu akan selalu ada. Sehingga, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memilih orang yang sudah benar-benar dikenal.

Selanjutnya, orang tersebut haruslah memiliki tujuan dan keinginan yang sama denganmu. Jika kamu melakukan investasi properti untuk keuntungan jangka panjang, maka jangan sampai partner ini hanya ingin berinvestasi properti untuk jangka pendek. Akibatnya, kamu hanya dapat tenaga yang terbuang dan emosi terkuras.

Setelah tahu jika kamu dan orang yang diajak kerjasama ini sudah saling mengenal, maka pastikan partner tersebut mudah diajak komunikasi. Bayangkan jika mereka tidak mau mengutarakan apa yang akan terjadi, maka bisnismu tidak akan berjalan lancar karena permasalahan internal yang menghambat.

Ketiga hal diatas tadi memang bukanlah acuan pasti. Akan tetapi, bisa membuat hubungan yang harmonis kedepannya. Setidaknya, kamu harus kenal dan percaya dengan partner tersebut. Dengan begitu, hubungan itu bisa menghasilkan bisnis yang menguntungkan.

Inilah Cara Melakukan Investasi Properti Modal Kecil

Bergabung dengan Situs Crowdfunding

Jika masih ragu melakukan investasi properti modal kecil, mungkin bisa mencoba peruntungan dengan melakukan pengumpulan dana bersama pada sebuah situs crowdfunding. Crowdfunding sendiri adalah istilah lain mengumpulkan dana bersama. Di Indonesia, sistem seperti ini sama dengan patungan.

Nantinya, akan ada beberapa orang yang memiliki modal tertentu. Modal tersebut kemudian dikumpulkan bersama untuk membeli sebuah properti. Anggaplah kamu ingin memiliki properti sebesar Rp 600.000.000. Dengan sistem crowdfunding. Kamu dapat memasukkan 1% dari harga properti tersebut. Berarti, kamu hanya perlu menginvestasikan Rp 6.000.000 dari keseluruhan harganya.

Karena didanai bersama, maka properti yang dimiliki juga properti milik bersama. Nantinya, keuntungan yang didapat akan dibagi sesuai dengan jumlah kepemilikan yang dimiliki. Misalnya, kamu menginvestasikan 10% dari harga properti. Jika properti tersebut disewa di angka Rp 50.000.000 satu bulan, maka Anda kamu dapat Rp 60.000.000 dalam setahun.

Di Indonesia sendiri, situs crowdfunding sudah mulai dikenalkan. Walaupun agak riskan karena masalah kepercayaan, banyak orang yang tertarik dengan crowdfunding ini. Keuntungan dari investasi ini juga cukup lama. Dengan begitu, kamu harus bersabar untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar atau sekadar balik modal.

Lihat Juga Cara Bayar Tagihan dari Singapura

Menjadi Agen Properti

Cara selanjutnya untuk investasi properti modal kecil yang bisa kamu lakukan adalah dengan menjadi agen properti. Kamu bisa rekomendasikan rumah yang cocok untuk disewakan atau dibeli pelanggan nantinya. Setelah terjadi kesepakatan antara pelanggan dan kamu sendiri, maka bisa mendapatkan sejumlah keuntungan dari usaha memasarkan properti tersebut.

Walaupun tidak secara langsung berinvestasi properti, setidaknya kamu memasarkan properti yang diketahui. Dengan memasarkan properti tersebut, kamu mendapatkan keuntungan ketika properti berhasil dijual atau disewakan. Tentunya, kamu juga harus memiliki networking yang luas dan kemampuan berkomunikasi yang baik.

Sebagai informasi, orang-orang menyenangi rumah atau apartemen dengan berbagai macam tipe dan kondisi. Sehingga, untuk mengerucutkan keinginan pelanggan tersebut, kamu bisa bertanya terlebih dahulu rumah seperti apa yang mereka cari. Dengan begitu, kamu semakin mudah menentukan rumah atau apartemen yang paling tepat untuk pelanggan tersebut.

Baca juga artikel lainnya di Blog Transfez

Berapa Jam Perjalanan dari Indonesia ke Pakistan Mengunakan Maskapai Penerbangan
Berapa Jam Perjalanan dari Indonesia ke Vietnam Berdasarkan kecepatan Pesawat
Berapa Jam Perjalanan dari Indonesia ke Bangladesh Sesuai Kota Keberangkatan dan Kecepatan Pesawat
Berapa Jam Perjalanan dari Indonesia ke Belanda Tepatnya ke Amsterdam

Melakukan Sewa Properti

Apa kamu memiliki rumah atau unit apartemen? Jika tertarik untuk melakukan investasi properti modal kecil, kamu bisa menyewakan properti yang  dimiliki. Perhatikan juga tren yang sedang berjalan pada saat itu. Contohnya, banyak anak muda yang tertarik untuk menyewa rumah atau apartemen sendiri dibandingkan tinggal dengan orang tuanya.

Maka dari itu, untuk mendapatkan perhatian pasar, kamu bisa menyesuaikan rumah atau apartemen dengan selera anak muda. Jika sudah memiliki modal namun belum membeli rumah atau apartemen, usahakan untuk mendapatkan properti dengan lokasi yang strategis. Dalam beberapa tahun ke depan, harganya akan terus menerus stabil atau bahkan naik.

Melakukan Pendanaan Properti Melalui P2P Lending

Lewat P2P lending, kamu bisa melakukan investasi properti dengan modal kecil. Saat kamu jadi investor properti, maka bisa memberikan pinjaman sejumlah uang untuk melakukan DP rumah atau apartemen. Sama halnya seperti sistem P2P pada umumnya, kamu akan dipertemukan dengan mereka yang ingin menjadi peminjam dana. Tentunya persyaratan sudah dinilai oleh pihak P2P lending.

Harganya tidak akan mahal. Kamu cukup menyisihkan biaya mulai dari Rp 200.000 untuk menjadi investor properti lewat P2P lending. Namun, kamu harus memperhatikan apakah peminjam dana merupakan orang yang layak untuk dipinjam atau tidak. Jika tidak jeli, uang yang diberikan bisa lenyap begitu saja.

Mendirikan Situs Sewa dan Beli Properti

Dengan menjadi perantara di antara pihak yang melakukan transaksi, kamu bisa mendapatkan keuntungan dari jasa pertemuan tersebut. Jangan salah! Mencari pembeli dan penjual yang tepat itu tidaklah mudah.

Banyak sekali kejadian saat pihak penjual ternyata tidak memberikan informasi lebih mendetail tentang propertinya. Hal tersebut tentunya menjadi masalah bagi pembeli properti. Maka dari itu, hadirnya situs sewa dan beli properti sekaligus menjadi pihak penengah untuk memastikan agar tidak ada unsur penipuan.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Demikian cara melakukan investasi properti dengan modal kecil. Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat.

Instagram